Cara mengganti atau menghapus nomor telepon di Facebook

Kamu yang mampir di blog ini sudah pasti punya akun Facebook. Yang mana kamu tau pembuatan akun facebook memerlukan email maupun no HP.

Nah, barangkali sewaktu kamu buat akun Facebook, nomor HP dulu yang kamu daftarkan itu, sekarang sudah tidak aktif atau terblokir, jadi kamu ingin menghapus nomor telepon tsbt dari akun Facebookmu. Namun setelah mencoba, ternyata kamu tidak tau bagaimana caranya.

Jika iya, kamu sampai ke halaman yang tepat. Disini aku akan jelaskan proses menghapus nomor telepon utama di Facebook dan menggantinya dengan nomor yang baru.

Kenapa harus diganti? Ini karena jika nomor telepon lama tadi adalah satu-satu opsi pemulihan, kamu tidak bisa hapus nomor telepon tadi. Kamu perlu menambahkan opsi pemulihan lain, misalnya email ataupun nomor telepon baru.

Nah disini aku akan jelaskan mulai dari menambahkan nomor telepon baru, dilanjutkan dengan menghapus nomor telepon lama yang sudah tidak kamu pakai tadi.

Cara menghapus nomor HP utama di Facebook

Simak prosesnya dari awal ya, biar tidak salah paham.

1. Buka aplikasi facebook kamu, disini aku menggunakan aplikasi Facebook biasa versi terbaru.
2. Kemudian tekan “garis tiga” di pojok kanan atas. Lalu, cari dan tap menu “Pengaturan” yang ada dibagian bawah menu “Pengaturan & Privasi”.

Cara mengganti nomor HP di facebook

3. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman pengaturan seperti dibawah. Pilih menu “Informasi Pribadi”.

Cara menambahkan nomor ponsel di facebook

4. Berikutnya masuk ke menu “Info kontak”

Cara mengganti nomor ponsel di facebook

5. Dihalaman “Kelola Info Kontak” ini, pilih tulisan biru “Tambahkan nomor telepon”.

Cara mengganti nomor HP di facebook android

6. Kemudian isi “nomor ponsel” kamu. Boleh di awali dari angka 0, misalnya “085212345678”. Setelah di isi, tap “lanjutkan”.

Cara mengganti nomor ponsel di facebook android

7. Silahkan cek SMS yang masuk di nomor baru kamu tadi. Lalu masukkan “kode konfirmasi” 6 digit angka. Setelah itu ketuk “konfirmasi”.

Cara menambahkan nomor ponsel di facebook android

8. Oke, nomor baru kamu berhasil di tambahkan, tekan “tutup”.

Cara mengganti nomor ponsel facebook

9. Selanjutnya kamu akan melihat ada dua nomor HP dihalaman “Kelola info kontak” tadi. Langkah selanjutnya adalah menghapus nomor lama. Disini pilih nomor lama kamu.

Cara mengubah nomor ponsel di facebook android

10.Kamu akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Selanjutnya, tekan menu “Hapus”.

Cara menghapus nomor HP di facebook

11. Setelah itu akan muncul laman persetujuan penghapusan nomor seperti dibawah. Kalau kamu sudah yakin ingin menghapus nomor tsbt, beri centang pada kotak kecil seperti pada gambar, lalu tekan “Hapus Nomor”.

Cara mengganti nomor HP di facebook

12. Setelah itu kamu akan diminta memasukkan kata sandi facebook kamu. Masukkan sandi lalu tekan “Hapus Telepon”.

Cara hapus nomor di facebook aplikasi

13. Done, nomor telepon lama kamu berhasil di hapus, dan nomor baru sudah terdaftar sebagai opsi pemulihan di akun Facebook kamu tsbt.

Bisakah menghapus nomor HP jika lupa kata sandi?

Seperti yang kamu bisa lihat diatas, untuk menghapus nomor HP lama, kamu perlu tau kata sandi akun Facebook tsbt.

Jika lupa, kamu bisa reset dulu sandinya seperti yang dijelaskan dihalaman bukugue.com/lupa-kata-sandi-facebook/. Setelah tau sandinya, barulah kamu bisa hapus nomor HP tsbt seperti langkah-langkah yang dijelaskan diatas.

Bisakah menghapus Nomor HP tanpa menambahkan nomor baru?

Itu bisa saja, tapi tidak aku sarankan. Konsekuensinya adalah pada keamanan akun kamu. Misalnya, apabila kamu lupa password, kalau masih ada nomor HP kamu yang aktif, maka kamu dapat dengan mudah melakukan “reset password”.

Bagaimana jika kode OTP 6 digit tadi tidak terkirim ke nomor ponsel baru?

Pertama, silahkan periksa masa aktif nomor kamu, pastikan nomor masih dalam keadaaan aktif. Setelah itu periksa bar sinyal yang ada di HP kamu, pastikan tidak ada gangguan sinyal. Berikutnya silahkan tunggu kurang lebih 60 detik untuk mengulang kembali langkah-langkahnya.

Jika masih tidak bisa, coba kirim SMS dari HP lain ke nomor tsbt. Terakhir bisa coba juga untuk merestart HP sebelum mengulangi langkah-langkah diatas.


Ok, sampai di sini tutorial kali ini. Jika ada pertanyaan boleh kirimkan di kolom komentar. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar