Apa itu program beta instagram? Ingin tau cara joinnya?

Instagram telah secara resmi mengeluarkan versi beta dari aplikasinya. Aplikasi ini dinamakan “Instagram Beta”.

Lalu, Instagram beta itu apa sih sebenarnya?

Secara sederhananya, Instagram Beta adalah suatu program yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan akses terhadap fitur baru pada versi aplikasi mendatang. Jika kamu ingin mencoba fitur aplikasi Instagram terbaru yang belum dirilis, maka Instagram Beta adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Untuk menjadi bagian dari program ini kamu perlu mendaftar sebagai penguji terlebih dahulu.

Ini dikarenakan tidak semua orang dapat bergabung dengan program Instagram Beta. Jumlah penguji Instagram Beta pun hanya terbatas.

Setelah mencoba aplikasi Instagram Beta pun, penguji diharapkan memberi masukan. Masukan yang diberikan penguji ini sama halnya seperti ketika kita me-review sebuah aplikasi di Playstore. Namun ulasan atau review yang ada tidak bersifat publik.

Tujuan dari memberikan masukan lebih awal adalah untuk menyempurnakan aplikasi yang akan dirilis. Dengan bergabungnya kita pada program beta ini, kita tidak akan dapat memberikan ulasan aplikasi secara publik.

Lalu bagaimana cara bergabung Instagram Beta? Bagaimana juga cara keluar dari Instagram Beta? Apa kelebihan dan kelemahannya?

Cara join program Instagram Beta

Karena akses awal terhadap fitur baru Instagram, mungkin beberapa pengguna Instagram akan tertarik untuk melakukan pendaftaran program beta.

Cara bergabung dengan Instagram Beta pun cukup mudah, untuk lebih jelasnya, simak langkah berikut ini.

1. Pertama yang harus dilakukan adalah membuka Playstore. Cari aplikasi Instagram pada Playstore.

2. Setelah menemukan aplikasi Instagram di Playstore, gulir layar kebawah, maka kamu akan menemukan link untuk bergabung menjadi penguji. Klik “gabung” untuk dapat bergabung Instagram Beta.

klik "gabung"

3. Lalu pada dialog box yang muncul, klik “ikut”.

tap "ikut" untuk bergabung dengan instagram beta

4. Setelah mendaftarkan pada Instagram Beta, selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu kepastian apakah kamu diterima sebagai penguji atau tidak. Perlu diingat kembali pula bahwa jumlah penguji pada Instagram Beta ini terbatas sehingga tidak semua orang yang melakukan pendaftaran dapat diterima.

pendaftaran instagram beta akan diproses dalam beberapa menit

5. Silahkan menunggu selama beberapa menit. Kamu dapat keluar dari Playstore sembari menunggu selesainya proses pendaftaran. Setelah itu cek lagi halaman aplikasi instagram tsbt. Jika diterima, aplikasi instagram akan berubah nama jadi Instagram beta.

Setelah itu kamu tinggal update ke versi beta tsbt. Caranya pun tidak jauh berbeda ketika kamu mengupdate aplikasi pada umumnya.

Cara keluar dari Instagram Beta

Jika kamu sebelumnya sudah pernah bergabung dengan program beta Instagram, kamu masih dapat keluar dari Instagram Beta dan kembali menggunakan Instagram versi biasa.

Cara keluar dari Instagram Beta pun langkahnya cukup mudah. Kamu dapat menyimaknya pada tutorial berikut ini.

1. Cari aplikasi Instagram pada Playstore. Jika sebelumnya kamu telah bergabung dengan Instagram Beta, maka akan ada tulisan seperti di bawah ini. Selain itu nama aplikasinya berubah jadi “Instagram (beta)“.

tanda sudah terdaftar instagram beta

2. Scroll layar, maka kamu akan menemukan tombol untuk keluar dari Instagram Beta. Klik “keluar”.

klik "keluar"

3. Pada dialog box yang muncul tap “keluar” untuk melanjutkan proses ini.

tap "keluar" untuk keluar dari program instagram beta

4. Scroll layar kembali ke atas. Kamu mungkin akan diarahkan untuk mengunistall, lalu me-reinstall Instagram kembali. Ini dikarenakan, aplikasi Instagram Beta masih akan tetap terpasang bahkan ketika kita keluar dari Instagram Beta. Oleh karena itu aplikasi Instagram Beta tidak lagi kompatible dan kamu harus menggantinya dengan aplikasi Instagram versi biasa.

untuk kembali pada instagram versi biasa, uninstall instagram beta, kemudian re-install aplikasi instagram

Meskipun proses pendaftaran dan keluar dari Instagram Beta cukup mudah untuk diikuti, kamu tetap tidak dapat keluar masuk program ini sering-sering.

Ini dikarenakan jumlah kuota pesertanya yang terbatas. Sehingga jika kamu keluar dari program beta Instagram ini, tidak ada jaminan bahwa kamu akan mendapatkannya kembali ketika mendaftar lagi.

Kelebihan dan kelemahan Instagram Beta

Pertama, kita akan bahas kelebihannya terlebih dahulu. Apa saja kelebihan Instagram Beta dibandingkan dengan versi biasa? Jelas bahwa Instagram Beta akan lebih kaya fitur daripada Instagram versi biasa. Ini dikarenakan Instagram Beta akan memberikan akses awal pada fitur terbaru Instagram biasa yang belum dirilis.

Mungkin jika kamu bergabung saat ini, perbedaan antara Instagram biasa dengan Instagram Beta tidak akan terasa. Akan tetapi, perbedaan yang cukup kentara akan terjadi, seperti saat sebelum perilisan dark mode Instagram. Fitur ini sudah menjadi banyak perbincangan orang bahkan sebelum dirilis secara resmi. Dengan adanya Instagram Beta, anggotanya tentu dapat menggunakan fitur ini lebih awal.

Jadi, jika kedepannya Instagram akan menambahkan fitur baru, para anggota program beta Instagram mungkin akan mengetahuinya lebih dulu sebelum perilisan.

Kemudian bagaimana dengan kelemahannya? Adapun kelemahan dari Instagram Beta ini adalah penggunaannya yang kurang stabil. Karena masih dalam proses pengembangan, dalam pemakaiannya mungkin akan mengalami lag sesekali atau bahkan aplikasi yang tertutup sendiri. Namun dari pengalaman penulis, secara keseluruhan tidak ada gangguan yang berarti ketika menggunakan Instagram Beta.

Kelemahan yang lainnya, Instagram Beta mungkin akan memerlukan ruang memori lebih banyak. Ini dikarenakan penguji akan diwajibkan untuk terus mengupdate aplikasi. Semakin sering kamu mengupdate aplikasi, memori ponselmu mungkin akan semakin penuh karena adanya pembaruan. Terlebih, jika kamu menggunakan Instagram Beta tanpa rajin update aplikasi tentunya hasilnya akan sama saja dengan Instagram versi biasa.


Sekian itu tadi informasi mengenai apa itu Instagram Beta, bagaimana cara bergabung Instagram Beta, cara keluar dari Instagram Beta, serta kelebihan dan kelemahannya.

Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk pembaca ya. Setelah mengetahui informasi ini, apakah Bukugue readers menjadi tertarik untuk bergabung dengan Instagram Beta?

Tinggalkan komentar