Jadi penulis freelance di bukugue.com

(Update 5 november 2020, aku udah dapet penulis baru-nya, jadi pendaftaran aku tutup lagi.) (Jika teman-teman tertarik menulis, aku sarankan cek situs freelancer, forum ads.id dan grup blogging di facebook) (Sekali lagi, maaf lowongannya ditutup dulu. Semoga teman-teman sukses freelancing-nya)

Aku butuh penulis, ga masalah ga fulltime, asalkan bisa konsisten, minimal 1 tulisan seminggu lah. Kalau bisa lebih dari 2 tulisan seminggu jauh lebih bagus.

Kamu cukup kirimkan data diri kamu ke emailku di muhammadyudha@outlook.com. Data diri cukup isi nama, akun sosmed kamu, lalu url /link blog kamu atau tempat dimana kamu pernah nulis sebelumnya.

Kriteria penulis yang aku butuhkan

Ok, aku akan jelaskan kriteria penulis yang aku inginkan disini.

  1. Penulis haruslah bisa menggunakan wordpress, ini karena cms bukugue.com adalah wordpress, aku sering banget dapet penulis yang banyak tidak taunya dalam penggunaan wordpress, jadi di sini, aku akan batasin, kalau kamu punya blog wordpress.com sebelumnya, silahkan daftar.
  2. Penulis harus bisa menulis dengan benar dan setting/format tulisannya dengan benar
  3. Penulis harus bisa mengedit photo di paint, minimal tau cara “crop” foto., ngeblur bagian yang tidak perlu, dll.
  4. Penulis tau cara setting photo di wordpress, seperti menambahkan alt text, dan caption. Ini balik lagi ke point nomer 1, itu kenapa aku perlu penulis yang udah ada jam terbang.

Jenis tulisan yang diterima

Untuk blog ini, aku terima terkait tutorial dan informasi seputar sosmed dan aplikasi chatting.

Tapi aku punya blog lain, jadi mungkin bakal ada topik lain yang akan dibahas. Misalnya seperti belanja online, komputer, dan terkait test CPNS. Tapi untuk saat ini aku tetap fokus ke bukugue.com karena ini yang banyak pengunjungnya.

Untuk blog ku yang lain tsbt bakal ada update tulisan tapi sesekali.

Berapa kamu dibayar?

Secara simpelnya, kamu dibayar 40rupiah perkata, atau 40K per seribu kata. Tapi tidak sesimpel itu, aku sering kasih bonus ke penulis, dan biasanya bonus beragam mulai dari beberapa ribu hingga sampe ratusan ribu. Ini terkait ke banyak hal, ada bonus yang aku janjiin karena tulisan yang ditulis cenderung sulit, ada juga yang aku kasih bonus karena tulisannya bagus.

Berikut sebagian catatan pembayaran penulis untuk blog ini, sulit discreenshot semua karena cukup panjang.

Total pembayaran tercatat adalah sekitar 33juta, itupun banyak yang tidak tercatat. Aku sering update tulisan lama, dan ini ga masuk ke catatan, belum lagi aku beli tulisan di forum ataupun situs freelance.

Biasanya aku hitung bonusnya dari seberapa bagus tulisan dan seberapa banyak gambar (pergambar aku tambah 500-1000 rupiah. Jadi jika misalnya dalam tulisan ada 20 gambar, itu aku bisa bonusin 10k sampe 20k ribu, jika tulisannya bagus aku tambahin lagi mungkin 10k.

Aku berusaha fair dalam pemberian bonus, artinya jika aku liat effort yang dikeluarkan banyak, aku biasanya akan lebihin bonusnya.

Selain itu aku juga beri bonus untuk tipe tulisan yang sulit dan tulisan yang aku butuhkan cepat. Ini ada lagi tambahan bonusnya.

Syarat dan ketentuan penulisan

Menulis tujuannya adalah membantu pembaca atau visitor. Ga perlu perhatiin keyword density, menulis aja secara natural agar mudah dipahami oleh pembaca.

Untuk format penulisan, aku ingin kamu mengikuti format dibawah ini. Perlu di ingat, tulisan harus berada dikisaran 500-1500 kata, aku ga ingin tulisan super pendek atau tulisan super panjang yang bertele-tele.

Apakah bisa diluar batas 500-1500 kata? Bisa kok, jika tulisannya bener-bener simpel dan hanya 300 kata cukup, aku akan terima, begitu juga kalau tulisannya butuh penjelasan panjang, sampe 3000 kata pun aku terima, cuma siap-siap aja jika bertele-tele, aku akan pangkas tulisannya, dan bonusnya juga akan dipangkas karena bikin lama proses editing.

Format penulisan

Ini untuk tema tutorial, dan ini ga juga format baku, intinya buat tulisan yang jelas strukturnya, dengan heading yang jelas membagi-bagi setiap sub bagian, dan paragraph pendek yang digestible.

Tulisan sebaiknya dibuat panjang, tapi yang paling penting adalah tidak menulis filler.

Banyak penulis yang salah kaprah (atau ingin enak), nulis dengan dipanjang-panjangin biar bayaran makin tinggi.

Nulis panjang itu boleh tapi harus bermutu, artinya luangkan waktu kamu untuk research materi, atau testing2 experiment sendiri, untuk paham apa aja yang bisa dimasukkan ketulisan kamu dan apa aja yang memang berkaitan dengan topik yang kamu tulis tsbt.

Berikut hal yang harus diperhatikan saat menulis di blog ini.

  • Gunakan paragraph pendek, artinya 1 paragrap terdiri dari 2-5 kalimat.
  • Pembukaan terdiri dari 2-5 paragraph
  • Beri heading. Heading 1 udah ada di judul, jadi gunakan subheading 2, 3, dstnya.
  • Untuk inti pembicaraan (tutorialnya), jelasin langkah demi langkah, kasih penomoran untuk tiap langkahnya
  • Di tiap langkah harus ada penjelasan disertai gambar screenshot.
  • Diakhiri dengan kesimpulan berisi beberapa paragraph singkat.

Contoh tulisan : https://www.bukugue.com/ baca halaman depan bukugue. Semua tulisan terbaru bisa dijadikan acuan skala kualitas yang aku butuhkan.

Format gambar

1. BERI GAMBAR nama file sesuai topik

Pastikan untuk upload gambar yang udah di rename. Artinya jangan upload file dengan nama Screenshot_01.jpg atau DCIM_19_jan_2019.jpg dst. WAJIB di rename dulu. Di rename nya sesuai dengan topik tulisan.

Misalnya topik tulisan adalah “cara membuat email gmail”, maka rename semua gambar ke “cara membuat email gmail 01.jpg cara membuat email gmail 02.jpg, cara membuat email gmail 03.jpg, dstnya”.

Pakai common sense aja klo mau renamenya, kira2 topik tersebut “keyword” yang ditargetkan apa? (Biasanya aku udh kasih keyword terkait dengan topik tulisan), tapi kalau engga, ya dikira2 sesuai judul aja.

Nge-rename pun gampang banget, kalau kamu pake komputer windows, itu kamu tinggal Ctrl+A untuk “select all” kesemua gambar, lalu klik kanan, pilih “rename” di gambar pertama. Isi nama baru digambar pertama tsbt, tekan enter, nanti semua gambar yang di “select” tadi bakal otomatis berubah namanya ngikutin gambar pertama.

2. Ukuran

Generally, ada 3 tipe gambar di blog ini.

  1. gambar stock photo (free license photo dari pixabay misalnya)
  2. Hasil screnshot dari laptop/tablet
  3. Hasil screnshot dari hp.

Kita akan bahas dari screnshot di hp dulu.

Nah disini kalau kamu ambil screnshot dari hp, kamu ga perlu crop dan sebagainya, kamu cuma perlu edit kalo ada info yang perlu di blur, misalnya nomer hp kamu keliatan di screnshot, dan kamu mau blur, silahkan diblur. Tapi ga usah di crop. Nanti ketika di upload, kamu pilih ukuran medium. Ukuran medium ini widht nya 300px.

"Terapkan berkas tema" untuk menginstal tema di Telegram
contoh gambar (diupload ukuran full, pas nulis pilih ukuran medium)

Nah, kalau kamu perlu dua poto berdekatan misalnya, gunakan fitur “gallery“. Berikut tampilan dua foto dalam galeri. Galeri sebaiknya isi dua foto, tiga foto boleh, tapi kalau bisa dua, biar ukurannya tidak terlalu kecil.

Fotonya jangan digabung dalam satu gambar seperti dibawah ini. Ini dibawah contoh yang salah. Walaupun dulu diawal2 aku terima, tapi sekarang dan kedepannya aku mau fotonya tidak digabung2..

Gamnbar 2.4 Ketik alamat Email Yahoo, kemudian Password/sandi dan ketuk Sign in

3. Blur dan sensor

Kamu boleh sensor data yang sensitif seperti misalnya nomer HP kamu, chat personal kamu, atau email kamu. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan menyensor dengan block putih. Biasanya background gambar putih, di block putih, terlihat seolah2 tidak ada data disana. Padahal data tadi diperlukan, walaupun dalam keadaan tersensor.

Misalnya kamu mencontohkan pengisian email, setelah itu dibagian alamat email kamu sensor putih, seolah2 datanya tidak diisi. Padahal cukup disensor sebagian besar, tapi tinggalin beberapa huruf yang mengindikasikan bahwa kolom tsbt terisi, selain itu jangan disensor dengan block warna putih, sensorlah dengan block warna berlawanan dari background, sehingga yang meliat paham bahwa ada data disana, walaupun datanya disensor.

Selain itu, aku juga ingin foto yang ada perempuannya disensor semua, kecuali yang penampilannya sopan (berjilbab), soalnya kita bahasan terkait sosial media, beberapa kali aku liat foto2 seksi yang keliatan didalam screenshot. Jadi untuk antisipasi, blurin aja bagian foto yang ada ceweknya, selama fungsi utama screenshot tidak berkurang.

Ohya, untuk nama misalnya, aku tidak terlalu suka kalau di sensor. Ini karena nama sifatnya bukanlah hal private. Kalaupun kekeuh mau sensor, cukup sensor sebagian. Atau ya itu, sensor mukanya.

Jadi kalau di simpulkan, ada beberapa hal yang boleh disensor,

  • Data sensitif seperti no rek, nomer HP, email penulis, chat personal jika kebetulan masuk screenshot
  • seluruh foto cewek. Kecuali jika fotonya diperlukan untuk tutorial, dan jika iya seperti misalnya tutorial “https://www.bukugue.com/filter-instagram-terbaru/” yang ditulis oleh mba isah, maka modelnya harus harus pake penutup kepala lah..kalaupun ga hijab untuk nonmuslim mungkin bisa pakai selendang atau sejenisnya.

Ini contoh sensor yang baik menurutku, blur dibagian yang memang tidak penting untuk tutorialnya. Walaupun di zoom jg, tulisan dibelakang blurnya ga keliatan, tapi kita tau disana ada tulisan. Dan disini fokusnya adalah statusnya mba syifa, jadi dia sensor yang lainnya, ini yang aku suka.

status di FB

(untuk sekarang aku masih belum punya kantor dan karyawan tetap, kalau udah ada (insyaallah dalam waktu dekat), rencananya bagian sensor menyensor bisa dikerjakan oleh karyawanku biar hasilnya lebih seragam. Aku juga kepikiran cari VA (virtual assistant), jadi ini sedang dipelajari jg mekanismenya, kalau ada va mungkin bisa offload kerjaan yang seperti ini)

Note: Mungkin itu dulu, aturan ini akan terus diperbaiki seiring perkembangan blog.

Alur penulisan di dashboard area

Login ke dashboard bukugue disini https://www.bukugue.com/wp-login.php. Untuk username dan password itu nanti akan aku kasih saat kamu mendaftar jadi penulis lewat email.

Setelah login ke dashboard. Cari ide tulisan atau pilih ide yang tersedia, tulis new post tsbt dengan judul ide tsbt, setelah itu kamu simpan post tstb dengan status “pitch idea”.

Kalau di approve, nanti statusnya berubah jadi “Draft (in-progres)” sedangkan kalau ditolak statusnya akan berubah jadi “Ditolak”

Kalau di terima idenya, kamu bisa mulai nulis ide tersebut, setelah selesai, kamu tinggal submit tulisannya dengan tekan tombol publish. Setelah itu tulisan akan otomatis masuk ke bagian “Pending review”, dan akan segera aku review.

Aku akan review dan edit sendiri tulisannya jika kesalahan minor, kalau terlalu banyak salahnya, aku minta kamu edit lagi dan statusnya akan aku balikin ke “Draft (in-progres)”. Tapi kalau semuanya udah ok, maka tulisan akan aku publish , lalu saldo akan masuk ke akun kamu.

Ketentuan saat nge-pitch ide tulisan

Untuk menghindari waktuku terbuang banyak untuk cek ide tulisan. Aku ingin setiap penulis untuk cek dulu di blog ini mengenai ide yang akan di ajukan. Waktu tulisannya masih dibawah 100, aku masih hapal luar kepala, mana yang udah ada, mana yang belum, sekarang total post, baik itu berupa pitch, scheduled, draft, dan published, itu udah lebih 800. Untuk yang publish aku biasanya masih bisa ingat, tapi ini ada yang udah draft lama dan kadang lupa ngeceknya. Jadi minimal cek dulu sih.

  1. Cek di google dengan cara ketik keyword ini:

site:bukugue.com ide tulisan

Contoh misalnya kamu mau nulis tentang “cara menambah follower instagram”, keyword yang dipakai disini bisa “follower ig” atau “pengikut ig” atau “follower instagram”, atau “menambah follower ig”. Jadi coba aja sekitar 2-3 kombinasi, dan liatin semua tulisan terkait ini di hasil search result.

contoh 1

2. Jadi coba cari dulu semua artikel yang udah terpublish. Setelah itu cek yang belum di publish. Cek pitch idea, draft dan scheduled post, dan coba search pakai kolom search. Ini semua udah aku tandai dibawah.

3. Kalau udah cek, dan memang ga ada, barulah pitch, jangan ngepitch suka2 kamu, hehehe.. aku kadang kewalahan sendiri kalau lagi rame gitu pitchnya.

4. Jangan nge-pitch terlalu banyak, 3-5 aja sekali pitch.

5. Kalau ga niat nulis jangan nge-pitch. Artinya gini, kalau kamu memang ada kerjaan atau kesibukan lain misalnya, lebih baik ga ngepitch dari pada idenya ditelantarkan berbulan2.

6. Semua draft dan ide yang tidak ditulis lewat dari dua minggu, berhak aku hapus dan aku kasihkan ke penulis lain untuk ditulis.

Ketentuan Pembayaran

Semua tulisan yang di submit dan dipublish akan dibayar dalam bentuk saldo. Kamu bisa lihat saldo saat kamu login ke dashboard.

# Pengguna rekening mandiri

Kamu bisa mencairkan pembayaran ke rekening mu jika saldo sudah melebihi 100.000 rupiah.

# Pengguna rekening lain selain mandiri

Aku sendiri menggunakan bank mandiri, jadi saat transfer ke bank lain, akan ada biaya 6500 rupiah.

Jadi untuk pengguna rekening lain lain, silahkan request saat saldo diatas 200ribu. Kalau kamu tetap ingin ambil pembayaran dibawah 200ribu, biaya transfer akan aku potong dari total saldo. Jadi mulai dari saat ini, laman di edit, pengguna bank lain hanya akan aku tanggung biaya trfnya jika req diatas 200ribu.

# Cara penarikan saldo

  • Login ke dashboard seperti biasa, catet saldo terakhir yang belum dibayar (due-pay). Lalu buat post baru dengan judul “Penarikan untuk akun [username kamu] jumlah [total saldo yang belum dibayar]”.
  • Isi tulisan tersebut dengan data rekening dan nomer whatsapp kamu. Lalu simpan post dengan status “Request pembayaran”

Berikut ini contoh postnya :

Perlu diperhatikan bahwa jika saat itu saldo kamu misalnya 351.000, aku akan transfer semuanya. Jadi kamu ga bisa nentuin berapa jumlah yang akan ditarik. Aku akan kirim seluruh saldo yang bisa dicairkan.