7 Kelebihan Twitter dibanding jejaring sosial lainnya

Jika ditanya apakah kalian memiliki akun facebook atau tidak, pasti 90% diantara kalian menjawab punya. Namun jika ditanya apakah kalian memiliki akun Twitter, mungkin hanya sebagian saja yang menjawab punya.

Masih banyak dari pengguna internet di indonesia yang belum memiliki akun twitter. Atau, kalaupun punya akun twitter, tidak pernah digunakan.

Seiring berkembangnya dunia internet, ternyata twitter tetap bertahan dan eksis ditengah persaingan keras raksasa-raksasa media sosial yang ada saat ini.

Bahkan diindonesia akhir-akhir ini sepertinya ada kenaikan dari pengguna twitter itu sendiri, terlebih lagi, ternyata ada pengguna-pengguna setia twitter tanah air, yang terus meramaikan twitter setiap harinya.

Saat ini twitter seolah memiliki “pasar” sendiri.

Jika media sosial lain fokus kebanyak hal, dan berusaha menjadi seluruh bagian dalam kehidupan penggunanya, twitter tidak. Twitter sampai saat ini masih mengusung konsep microblogging, dan mengusung fitur-fitur yang hanya terkait dengan hal tsbt saja.

Sebagai contoh, facebook meluncurkan marketplace atau fitur lowongan kerja misalnya, sebenarnya ini sudah diluar lingkup “bersosial media”, dalam artian walaupun memang bisa membantu pengguna, tapi facebook saat ini tidak bisa dibilang “pure” sosial media.

Kelebihan dan keunggulan twitter dibandingkan media sosial lain

Kita tidak akan bahas kekurangan twitter disini, karena tidak mudah untuk membandingkan sosial media satu dengan yang lain. Target pasar mereka berbeda.

Simpelnya begini, facebook punya marketplace, twitter tidak. Lalu apakah ini bisa disebut kekurangannya twitter? karena tidak memiliki marketplace?

Jadi disini kita fokus bahas kelebihannya, dan jika menurut kalian kelebihan twitter disini bisa membantu kalian dalam kehidupan kalian sehari-hari, mungkin setelah membaca artikel ini kalian bisa jadi warga baru di twitter.

Tiap manusia punya hobi yang berbeda, manusia juga memiliki kebutuhan dan interest yang berbeda. Jika selama ini kalian tidak terlalu aktif bersosial media, mungkin karena kalian belum menemukan platform yang cocok.

Berikut beberapa kelebihan twitter yang patut kalian “ketahui” sebelum kalian men-judge apakah kalian perlu akun twitter atau tidak.

1. Twitter bagus untuk tempat curhat dan sebagai “diary”

Bukan berarti di facebook atau instagram tidak bisa curhat, bisa saja. Tapi twitter yang fokus sebagai platform microblogging ini memang lebih cocok digunakan sebagai diary atau tempat curhat.

Buku Harian

Kalian tidak perlu menggunakan identitas asli di twitter. Maksudnya disini, kalian bukan memalsukan identitas, tapi di twitter kalian bisa buat cyber akun, ataupun akun suka-suka tanpa memberikan identitas asli kalian ke internet.

Kalian bisa buat akun dengan profil picture kucing, dengan nama handle “@kucingmeongmeongmeong”, dan curhat tanpa ada yang tau siapa kalian yang sebenarnya. Walaupun hal ini juga bisa dilakukan disosial media lain, tapi di twitter, hal ini lebih lazim dan sering ditemukan.

2. Twitter memudahkan interaksi dengan selebritis dan tokoh masyarakat

Jika kalian berpendapat bahwa selebriti dan tokoh besar, di Indonesia ataupun luar negeri, sudah jarang main Twitter, maka kalian salah besar.

Jika kalian cek lagi, ternyata masih banyak sekali publik figur yang justru tongkrongan utamanya adalah Twitter. Untuk selebriti misalnya, beberapa diantaranya adalah Dua Lipa, Bakhyun Exo, Park Bogum, Super Junior, dan banyak lagi.

Akun Seleb

Akun-akun petinggi negara misalnya seperti Donald Trump, justru lebih aktif di twiter dari pada sosial media lainnya. Untuk mengemukakan pendapat, sepertinya twitter terlihat lebih “formal” jika dibandingkan sosmed lainnya.

Karena hal ini, kita sebagai pengguna biasa, bisa lebih mudah berinteraksi dengan akun-akun besar seperti diatas.

3. Twitter memudahkan untuk membisukan kata-kata dan cuitan “Toxic

Bullying atau body shaming bisa terjadi dimanapun baik itu didunia maya maupun didunia nyata. Namun jika semua kata negatif itu bisa kalian bisukan, maka kalian bisa mendapatkan pengalaman bermedia sosial dengan sehat tanpa ada kata kata negatif yang tidak ingin kalian dengar.

Membisukan Kata Negatif

Tidak semua media sosial punya fitur ini, ada media sosial yang otomatis berusaha mem-filter kata-kata kasar dan negatif, tetapi di twitter, kita bisa lebih spesifik lagi dalam penentuan kata-kata tsbt.

Kita memang bebas bicara apapun di internet, namun perlu diingat bahwa kadang ucapan bisa menyakiti orang lain. Dengan membisukan kata-kata negatif seperti ini, kita bisa mengurangi interaksi dengan mereka-mereka yang “suka” menyakiti perasaan orang lain di internet.

4. Twitter punya fitur “Trending Topic”

Meskipun dikatakan media sosial “tertinggal”, kalian yang saat ini tidak lagi bermain Twitter harus mengakui bahwa Trending Topik di Twitter adalah salah satu fitur terbaik yang ada didunia sosial media.

Trending Topik

Kita bisa dengan cepat mengakses informasi dan berita terbaru dari seluruh dunia hanya dengan menggunakan trending topic tadi. Kita bisa memilah topik hangat yang sedang dibicarakan disuatu wilayah, tidak hanya global. Trending topic bisa diatur bahkan hingga wilayah lokal seperti kota atau provinsi dari suatu negara.

5. Twitter merupakan media sosial yang paling “welcome”

Jika di instagram atau facebook kalian kesulitan mencari teman, cobalah berinteraksi dengan pengguna lain di twitter.

Mencari Kenalan

Tidak hanya dalam negeri, pengguna luar pun sangat welcome di twitter. Kalian bisa dengan santai ikut nimbrung dan memberikan pendapat di diskusi twitter orang-orang yang bahkan kalian tidak kenali sama sekali.

6. Twitter bisa membuat introvert menghasilkan uang dari rumah

Jika di instagram, kalian perlu nampang. Di youtube, kalian juga perlu nampang. Di twitter, kalian cuma perlu “kreatif” dan “pandai” dalam merangkai kata, kalian bisa jadi seleb dan menghasilkan uang dengan hal tsbt.

Sebagai contoh, ada akun yang hanya khusus nge-tweet kata-kata “bijak” ternyata bisa punya ratusan ribu follower. Walaupun belum bisa dibilang seleb, tapi dengan akun seperti ini, jika dikelola dengan benar, hasil endorse-nya bisa lebih dari gaji pegawai setiap bulannya.

Menjadi Selebtwit

Ada juga akun yang khusus memberikan dan mengumpulkan informasi di “kategori” tertentu. Misalnya akun @indo_cpns yang khusus membahas informasi cpns, saat ini sudah memiliki hampir 50ribu follower.

Kalian tidak perlu nampang, untuk membuat akun seperti ini. Kalian hanya perlu “usaha” untuk mengumpulkan informasi dan kreatifitas dalam menyajikan informasi. Untuk menghasilkan uang, kalian bisa bekerja sama dengan situs-situs soal cpns, bisa dalam bentuk endorsement ataupun kerja-sama afiliasi.

7. Twitter bisa dibilang “sumber berita terbaik dan terupdate”

Fitur trending topik dan hashtag twitter merupakan kombinasi ampuh untuk penyebaran informasi secara cepat. Dengan kedua fitur ini, algoritma twitter bisa mengetahui apa yang sedang hangat dibicarakan diseluruh dunia.

Sumber Berita

Kalian bisa dengan mudah mengetahui berita dan informasi yang sedang hangat dibicarakan, hanya lewat akun twitter kalian. Memang tidak semua berita muncul di twitter, berita-berita yang sering terjadi seperti kecelakaan, pembunuhan, dll, ini tidak akan muncul di trending topic twitter.

Biasanya yang muncul, hanya yang bisa menarik sebagian besar pengguna untuk membicarakan hal ini di twitter. Sebagai contoh, berita terkait pertandingan olahraga yang baru selesai, berita tentang banjir jakarta, ataupun virus corona. Hal-hal ini bisa memicu diskusi antar pengguna, sehingga biasanya lebih mudah masuk ke trending topik dan bisa membuat penyebaran berita menjadi lebih cepat di twitter.


Itulah 7 hal yang membuat Twitter lebih menarik dibanding dengan media sosial lainnya. Bagaimana menurut kalian? Apakah ada kelebihan twitter yang terlewatkan? Tambahkan pendapat kalian dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar