Kenapa foto facebook tidak muncul? Apa solusinya? Baca sini

Facebook merupakan salah satu media sosial yang kontennya berupa tulisan dan gambar. Berbeda dengan Instagram yang postingannya lebih dominan pada gambar. Untuk Facebook, postingan berupa gambar dan tulisan relatif seimbang. Sehingga ketika kamu mengakses Facebook, tampilan berupa tulisan dan gambar akan muncul.

Karena faktor tertentu, terkadang Facebook tidak dapat menampilkan gambar. Nah sobat Bukugue, kamu pernah tidak, ketika kamu mengakses Facebook tampilan foto profil maupun foto lainnya tidak terlihat?

Sebenarnya ada beberapa alasan dan faktor yang dapat mendasari permasalahan ini lho. Kemungkinan yang terjadi bukan hanya karena satu dua hal saja. Karena itu kami akan merangkum alasan apa saja yang mungkin bisa menjadi penyebab foto Facebook tidak muncul.

Ini alasan kenapa foto di Facebook tidak muncul

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab foto di Facebook mu tidak mau muncul. Apa saja penyebab tersebut? Berikut ini akan kami informasikan.

1. Setting browser yang belum benar. Ketika menggunakan browser, untuk menghemat data biasanya orang akan menonaktifkan gambar. Dengan dinonaktifkannya tampilan gambar, pengeluaran data pun akan menjadi lebih minim. Selain itu, orang mungkin tidak sengaja mengatur penonaktifan gambar. Sehingga tampilan web yang dihasilkan pun menjadi minimalis dan tanpa gambar.

Maka dari itu pastikan terlebih dahulu, cek pada pengaturan browsermu. Cek apakah settingan atau pengaturan pada browsermu sudah betul.

Oh iya, jika gambar pada Facebook diblokir, maka semua gambar termasuk foto profil tidak akan terlihat.

2. Kamu sedang menggunakan 0.facebook.com. Saat kamu menggunakan Facebook Free atau 0.facebook.com, kamu dapat mengakses Facebook secara gratis tanpa dikenai biaya internet. Memang hal ini akan dapat membuatmu menghemat biaya  paket data. Akan tetapi sebagai konsekuensinya, kamu tidak dapat melihat  gambar.

Meskipun tidak dapat melihat gambar, akan tetapi status berupa teks masih dapat kamu lihat. Sedangkan gambarnya akan berubah menjadi tampilan kotak dengan teks “Anda dapat menggunakan data untuk melihat foto. Lihat semua foto”.

tampilan facebook free
tampilan facebook free

Untuk mengetahui lebih jelasnya, gambar di atas adalah tampilan facebook gratis atau zero. Ada tulisan pada bagian atas tampilan bahwa kamu sedang dalam mode gratis. Selain ciri tadi, foto profil masih dapat terlihat. Jika tampilan facebookmu seperti ini, maka itu artinya Facebook mu dalam mode free.

3. Sinyal internet lemah atau tidak stabil. Ketika kamu menggunakan provider tertentu atau sedang mengunjungi tempat yang cukup terpencil, sinyal internet pada ponselmu mungkin akan melemah. Saat kamu menggunakannya untuk chatting maupun browsing, bisa jadi ponsel akan memuat data lebih lama dari biasanya. Hal ini biasa kita sebut dengan istilah “lemot” atau “lola” (loading lama). Biasanya, ketika website berhasil diakses, tampilannya pun tidak akan sesempurna seperti biasanya. Foto atau gambar mungkin akan hilang atau tidak dapat ditampilkan karena lemahnya sinyal. Pun demikian ketika kamu mengakses Facebook pada saat sinyal sedang lemah. Gambar pada Facebook mungkin tidak dapat ditampilkan.

Ada ciri yang cukup menonjol dari faktor yang satu ini. Jika gambar pada Facebook tidak muncul dan tampilannya sedikit berantakan, bisa jadi ini karena sinyal yang lemah. Cara lainnya yang cukup efektif untuk mengetahuinya adalah dengan melihat apakah sinyal pada ponselmu memang lemah atau tidak.

Cara mengatasi foto di Facebook tidak muncul

Setelah mengetahui alasan mengapa foto di Facebook tidak muncul, kini Bukugue dot com akan membagikan tips supaya foto pada Facebook-mu dapat kembali terlihat. Berikut ini cara mengatasi foto di Facebook tidak muncul.

A. Mengatur browser settings

Cara ini dapat kamu lakukan apabila penyebab dari tidak munculnya gambar pada Facebook adalah karena settings atau pengaturan dari broswer itu sendiri yang belum benar. Untuk mengetahui cara mengatasinya, kamu dapat membaca penjelasan sebagai berikut.

1. Kamu dapat membuka menu pengaturan content pada UC Browser dengan cara mengklik icon garis tiga pada ujung kanan atas tampilan. Setelah itu klik “settings” kemudian pilih “other”.

2. Buka content settings, setelah itu cari images (pengaturan gambar). Pastikan untuk menandai “Show all images (recommended)” supaya semua gambar dapat ditampilkan. Atau jika kamu dapat memilih “manage exceptions” untuk mengecualikan Facebook dari pemblokiran gambar. Sehingga dengan fitur pengecualian ini, kamu dapat mengatur situs apa saja yang dapat menampilkan gambar.

tap "show all images" untuk menampilkan gambar pada semua situs atau "manage exceptions" untuk menampilkan gambar pada situs tertentu saja

Selain cara tadi, kamu juga dapat mengatur content settings dengan cara mengklik icon seperti pada gambar berikut. Setelah itu tambahkan Facebook pada pengecualian atau beri tanda pada “show all images”.

pilih "always allow ...." atau "manage image blocking"
pilih “always allow facebook to show images”

Untuk browser Google Chrome (versi desktop), cara untuk kembali menampilkan gambar yang diblokir pun tidak jauh berbeda dengan cara tadi. Oh iya, jika kamu dapat mengatasi permasalahan hilangnya gambar melalui cara ini, tentunya kamu dapat berhenti disini. Namun jika gambar pada Facebook masih belum mau muncul, kamu dapat mencoba cara yang lainnya.

B. Menonaktifkan facebook gratis.

Salah satu penyebab hilangnya gambar pada Facebook adalah karena kamu memang sedang mengakfifkan Facebook free. Seperti yang telah dijelaskan tadi, kamu dapat mengetahui apakah kamu sedang dalam mode gratis atau tidak dengan melihat tulisan di bagian atas.

Jika kamu sedang dalam mode gratis, tentunya foto tak akan ditampilkan. Agar dapat menampilkan kembali fotonya, kamu perlu menonaktifkan Facebook Free ini dan kembali ke mode reguler (biasa).

Cara untuk kembali ke mode Facebook reguler dapat kamu lihat pada tutorial berikut ini.

1. Langkah pertama, buka beranda Facebook. Pada beranda Facebook, tap “Lihat Foto” pada ujung atas tampilan, atau tap “lihat semua foto”.

Tap "lihat semua foto" atau "lihat foto"
Tap “lihat semua foto” atau “lihat foto”

2. Setelah itu tap “Gunakan” agar dapat kembali menggunakan data untuk membuka Facebook, dan gambar pun dapat kembali muncul.

untuk kembali memunculkan gambar, tap "gunakan"
untuk kembali memunculkan gambar, tap “gunakan”

Selain cara ini, kamu juga dapat membukanya pada icon garis tiga pada beranda Facebook. Setelah itu, tap “Penggunaan Data”, lalu pilih “Nonaktifkan Mode”. Lalu tap “nonaktifkan”.

C. Berpindah lokasi atau berganti provider.

Jika permasalahan hilangnya tampilan gambar di Facebook adalah karena sinyal, cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan berpindah lokasi menuju kawasan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan sinyal yang cukup.

Atau cara yang lainnya, kamu dapat menggunakan provider yang sekiranya dapat digunakan pada lokasi yang kamu tempati. Kamu dapat bertanya kepada warga atau orang di sekitar, apa provider yang banyak digunakan di kawasan tersebut. Dengan demikian, kamu dapat mengakses Facebook lengkap beserta gambarnya.


Bagaimana, dari pembahasan tadi apakah sekarang kamu sudah mengetahui alasan mengapa foto di Facebook tidak terlihat? Lalu apakah sekarang kamu sudah dapat mengatasi permasalahan tersebut? Kami berharap kamu bisa mengatasinya.

Jika kalian punya solusi lain yang lebih efektif, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah ini.

Sekian informasi dari Bukugue dot com. Ikuti terus informasi menarik lainnya. Info terupdate seputar media sosial hanya di Bukugue dot com.

Tinggalkan komentar