Kenapa kita tidak bisa mengirim DM di twitter ke akun tertentu?

Salah satu media sosial yang banyak digunakan dan menjadi tempat bertukar opini adalah Twitter. Dengan pengguna yang cukup banyak (berdasarkan data Kominfo, pengguna Twitter di Indonesia 19,5 juta dari total 500 juta pengguna di dunia), tentu berbagai fitur dikembangkan oleh pengembang untuk menjaga kenyamanan pengguna.

Salah satu fitur yang sudah lama ada di twitter adalah direct messages (DM). Dengan fitur ini, kita dapat mengirim pesan ke seseorang secara lebih privat sehingga bisa leluasa menyampaikan sesuatu.

Namun kadang ketika kita ingin mengirim pesan ke seseorang, ternyata kita tidak bisa melakukannya karena ikon DM (pesan) yang biasanya ada di bio mereka tiba-tiba hilang.

Hal ini tentu bukan tidak beralasan. Inilah yang akan kita bahas ditulisan kali ini.

Kenapa kita tidak bisa mengirim DM ke akun tertentu di Twitter?

Ini tentu jadi pertanyaan-kan, nah ternyata jawabannya cukup simpel sebenarnya.

Ini karena orang yang ingin kita kirim DM tsbt, mematikan fitur “terima pesan dari siapa-pun” di pengaturan akun mereka. Akibatnya adalah hanya orang yang dia follow saja yang bisa mengirim pesan DM.

tidak muncul ikon DM untuk orang yang tidak di follow akun tsbt

Nah, buat yang ingin tau lebih lanjut terkait fitur “terima pesan dari siapa-pun” ini, fitur ini bisa diatur baik melalui website twitter.com, Twitter for Android, ataupun Twitter for iOS.

Berikut cara mengatur fitur ini.

1. Buka akun twitter.
2. Buka menu “pengaturan dan privasi”, lalu di halaman pengaturan, pilih menu “privasi dan keamanan”.

3. Dihalaman pengaturan privasi dan keamanan ini, cek bagian direct messages, disana ada menu “terima pesan dari siapapun”. Hilangkan centang dari menu ini.

4. Selesai. Sampai disini akun tersebut sudah berhasil mematikan fitur “terima pesan dari siapa pun”. Mulai dari sekarang hanya orang-orang yang difollow saja yang bisa mengirimkan DM ke akun tsbt.

Itu dia jawaban kenapa kamu tidak bisa mengirim DM di Twitter kepada seseorang di Twitter.

Namun selain fitur yang dijelaskan di atas, bisa saja alasan kenapa kamu tidak bisa mengirim DM adalah karena kamu diblokir. Jika kamu diblokir, jangankan mengirim pesan, melihat tweetnya saja kamu tidak akan bisa.

Kamu bisa cek disini untuk pastikan apakah kamu diblokir atau tidak https://www.bukugue.com/cara-mengetahui-apakah-kita-diblokir-di-twitter/.

Lalu bagaimana solusinya jika ingin tetap mengirim DM ke orang tsbt?

Sejauh yang aku tau, fitur ini bawaan dari twitter, jadi tidak bisa di bypass dengan cara apapun.

Jika orang yang ingin di DM adalah teman atau kenalan-mu, mungkin coba kirim tweet ke orang tsbt untuk minta di follback. Jika dia orang yang dikenal baik, biasanya tidak akan menolak untuk follback.

Mungkin hanya itu sih yang bisa dilakukan, jika teman-teman punya solusi lain, bisa kirimkan di kolom komentar dibawah.


Sekian bahasan kali ini, jangan lupa share jika dirasa bermanfaat. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

Tinggalkan komentar