Apa itu kode QR di WhatsApp?

Kode QR (quick response) secara umum merupakan gambar 2 (dua) dimensi yang menyimpan kode tertentu. Alat pemindai akan memberikan respon yang cepat jika mendeteksi adanya kode QR.

Umumnya kode QR memiliki bentuk persegi dengan kotak-kotak kecil berwarna hitam dan putih. Berbeda dengan barcode yang memiliki bentuk batangan dengan garis-garis dan tersusun.

Digambar dibawah bisa dilihat kedua jenis kode tsbt digunakan dalam satu jenis produk, bisa dilihat kode QR berada diatas barcode.

contoh kode QR (atas) dan barcode produk (bawah)

Penggunaan kode QR mungkin masih terhitung baru. Kode QR yang tertera pada produk dapat kita pindai untuk mengetahui keaslian produk melalui aplikasi BPOM. Contoh lainnya yaitu penggunaan kode QR pada aplikasi e-money seperti OVO dan Dana.

Cara kerja kode QR ini hampir sama dengan barcode produk. Jika kita mengarahkan pembaca kode QR ke arah kode QR, maka alat tersebut akan memberikan respon cepat sesuai dengan isi dari kode tersebut.

Saat ini, smartphone yang beredar pada umumnya sudah mampu untuk mendeteksi kode QR. Cukup dengan menginstall QR scanner di Playstore, maka kameramu dapat berubah menjadi pembaca kode QR.

Fungsi kode QR di Whatsapp

Kode QR di Whatsapp berfungsi sebagai pengganti link atau nomer HP, dimana dengan kode qr ini pengguna bisa menambahkan pengguna lainnya dengan mudah.

Cukup dengan memindai kode QR dengan fitur pindah di whatsapp, maka Whatsapp akan menemukan akun yang dipindai tersebut secara cepat.

Berikut ini contoh tampilan kode QR kita di whatsapp.

contoh kode QR Whatsapp

Setiap akun memiliki kode QR yang berbeda-beda, dan bisa dibagikan melalui screenshot baik melalui chat ataupun sebagai status di sosmed.

Cara melihat kode QR Whatsapp di Android

Untuk dapat melihat kode QR Whatsappmu sendiri, kamu dapat melakukan tutorial berikut ini.

1. Update aplikasi Whatsapp ke versi yang paling baru.
2. Setelah itu buka aplikasi Whatsapp. Pada halaman utama tampilan aplikasi, tap ikon tiga titik pada ujung kanan atas.

tap ikon tiga titik pada tampilan utama

3. Setelah menekan ikon tersebut, langkah selanjutnya adalah buka “setelan” atau settings pada Whatsapp.

buka setelan whatsapp

4. Tekan ikon kode QR pada bagian samping foto profil Whatsappmu. Melalui menu tersebutlah pengguna Whatsapp dapat melihat kode QR-nya.

tekan ikon kode QR

5. Whatsapp akan memunculkan kode QR disini.

kode QR Whatsapp

6. Selesai. Sampai disini kamu sudah berhasil melihat kode qr kamu, kamu bisa langsung bagikan kodenya keteman-mu untuk di pindai.

Cara membagikan kode QR Whatsapp

Sesudah melihat kode QR, langkah selanjutnya adalah membagikan kode QR kepada orang lain. Cara membagikan kode QR Whatsapp pun tidaklah sulit. Bagikan kode QR-mu dengan menekan ikon share seperti pada gambar di bawah ini.

bagikan kode QR dengan menekan ikon share

Setelah itu pilih dimana kamu akan membagikan kode QR tadi.

Catatan: Kode tersebut bersifat privat, jadi pastikan untuk tidak membagikan kode QR pada orang lain secara sembarangan. Karena siapa saja yang memiliki kode tersebut akan dapat menambahkan kontakmu di Whatsapp. Kecuali, jika akun Whatsapp mu memang ditujukan untuk berjualan, tidak masalah membagikan kode tersebut pada siapa saja.

Selain membagikannya melalui media sosial, kamu juga dapat menunjukkan kode QR ini langsung pada temanmu yang meminta kontak Whatsappmu. Nantinya, temanmu atau penerima kode QR dapat memindai kode dengan scanner dan menambahkan akunmu sebagai kontak Whatsapp mereka. (Lihat tutorial setelah ini)

Cara scan kode QR WhatsApp lewat kamera

Sebelum memulai tutorial ini pastikan kamu sudah memiliki kode QR orang lain. Kamu dapat meminta temanmu untuk membuka kode QR miliknya.

Atau kamu juga dapat menggunakan gambar yang memuat kode QR. Cirinya, kamu dapat melihat logo Whatsapp di bagian tengah kode. Terkadang, kode yang ditampilkan mungkin akan lebih kecil. Namun demikian, asalkan kodenya terlihat jelas (tidak blur seperti pada gambar di bawah ini), kamera HP tetap akan dapat mendeteksinya.

Simak langkah berikut ini untuk mengetahui cara menambahkan kontak Whatsapp dengan menggunakan kode QR.

1. Buka aplikasi Whatsapp. Buka setelan Whatsapp dengan menekan ikon tiga titiksetelan.
2. Tap ikon kode QR pada samping foto profil.
3. Dihalaman QR ini pilih menu “pindai kode”. Setelah itu tap “OKE”.

4. Selanjutnya arahkan kamera ke kode QR milik teman, seperti halnya saat kita memotret objek. Setelah Whatsapp mendeteksi adanya kode QR, secara otomatis Whatsapp akan menemukan akun tersebut. Setelah akun ditemukan , tap “Tambah ke kontak”.

5.Selesai.

Cara scan kode QR whatsapp lewat foto

Ohya, selain dengan memindai kode QR dengan kamera, pengguna juga dapat menggunakan file foto yang berisi kode QR milik temanmu. Dihalaman pindai ini, tapi ikon foto, selanjutnya pilih foto, dan whatsapp akan men-scan foto tsbt.


Menggunakan fitur kode QR di Whatsapp sangat mudah bukan? Namun sekali lagi, jika tak ingin kontakmu tersebar, jangan sekali-kali membagikan kode QR ke sembarang orang. Kode QR ini ditujukan agar mempermudah pengguna Whatsapp untuk saling terhubung. Jangan sampai karena penggunaan yang kurang bijak justru akan merugikan kita.


Nah, dari penjelasan tadi, kira-kira apakah masih ada yang kurang jelas? Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan melalui kolom komentar ya, readers.

Tinggalkan komentar