Cara mengatasi lupa kode verifikasi 2 langkah WhatsApp (bisa tanpa email)

WhatsApp memiliki sejumlah sistem keamanan yang sangat berguna untuk mengamankan akun penggunanya. Salah satunya adalah verifikasi dua langkah.

Jika kamu mengaktifkan sistem keamanan verifikasi dua langkah ini, akun WhatsApps-mu akan dikunci dengan PIN unik. Dengan begitu, akun WhatsApp menjadi jauh lebih sulit untuk dibajak. 

Nantinya, jika ada orang lain yang ingin membuka akun WhatsApp-mu di smartphone lain, maka selain harus memasukan kode yang dikirim melalui SMS, mereka juga harus memasukkan PIN yang telah kamu buat sebelumnya.

Tapi, bagaimana jika kamu sendiri yang lupa PIN-nya?

Kalau kejadiannya seperti itu, maka ini akan menjadi masalah yang cukup besar mengingat kamu bisa kehilangan akunmu. Namun kalau kamu sedang mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih dapat melewati proses verifikasi tadi dengan cara-cara yang dijelaskan dibawah ini.

Mengatasi lupa PIN verifikasi 2 langkah WhatsApp dengan Email (cara pertama)

Jika kamu memasukkan alamat email ketika mengaktifkan verifikasi dua langkah, maka proses membuka akun WhatsApp akan lebih mudah dan cepat. Silahkan ikuti cara berikut untuk masuk kembali ke WhatsApp.

1. Buka WhatsApp lalu Tap “Setuju dan Lanjutkan”.

Tap "setuju dan Lanjutkan".

2. Masukan nomor telepon dan tap “Lanjut”.

Masukan nomor telepon.

3. Tap “Oke” untuk memverifikasi nomor teleponmu.

Tap "Oke".

4. Setelah itu, masukan kode 6 digit yang dikirim WhatsApp melalui SMS.

Masukan kode 6 digit

5. Di halaman selanjutnya, kamu perlu memasukan PIN yang telah dibuat. Karena kamu lupa PIN-nya, maka tap “Lupa PIN”.

Tap "Lupa PIN?".

6. Selanjutnya akan muncul kotak pemberitahuan, baca dulu sebentar agar paham maksudnya. Disini pihak WhatsApp sendiri menjelaskan dua solusi untuk yang sedang lupa pin. Karena disini kita punya akses ke email, pilih “Kirim email”.

Tap "Kirim Email".

7. Kemudian ada informasi yang menunjukan email telah dikirim. Tap “Oke”.

Tap "Oke".

8. Selanjutnya buka aplikasi email di smartphone kamu.

Buka "Gmail".

9. Pastikan akun yang dibuka adalah akun email yang terkait dengan akun WhatsApp tadi. Jika iya, seharusnya dibagian paling atas akan ada pesan email dari WhatsApp seperti contoh dibawah. Selanjutnya, buka pesan email tsbt.

Buka email dari WhatsApp

10. Buka email dari Whatsapp, lalu tap link verifikasi yang terdapat didalamnya. Jika ada pilihan untuk membuka link, pilih buka dengan browser. (Contohnya, di sini saya buka link dengan Google Chrome).

11. Setelah itu kamu akan otomatis dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Disini kamu ditanyakan apakah ingin menonaktifkan fitur verifikasi dua langkah tsbt, tap “Confirm” untuk mengkonfirmasi.

Tap "Confirm".

12. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman dibawah ini, disini dijelaskan bahwa fitur verifikasi dua langkah sudah berhasil di nonaktifkan.

Verifikasi dua langkah berhasil dinonaktifkan.

13. Selanjutnya, buka lagi aplikasi WhatsApp kamu. Nanti ada info WhatsApp sedang mencari data yang sudah dibackup di Google Drive. Kamu bisa tap “Lewati” atau membiarkan proses berjalan hingga selesai.

Tap "Lewati".

14. Setelah file cadangan yang tersimpan di Google Drive ditemukan, tap “Pulihkan” untuk memulihkan data yang terdapat di akunmu.

Tap "Pulihkan".

15. Tunggu hingga prosesnya selesai dan tap “Lanjut”.

Tap "Lanjut".

16. Di tahap selanjutnya, masukan nama baru untuk akun WhatsApp-mu. Kalau kamu mau, kamu juga bisa mengganti foto profilmu. Jika sudah, tap “Lanjut” dan tunggu hingga proses inisialisasi selesai.

masukan nama dan foto profil baru.

17. Selanjutnya kamu akan diminta mengatur pencadangan. Kamu bisa skip bagian ini jika mau, karena bisa diatur lagi nanti. Buat yang ingin mengaturnya sekarang, kamu bisa ubah frekuensi pencadangan disini, selain itu kamu juga bisa mengubah email pencadangan.

18. Jika sudah mengatur pencadangannya, silahkan tap “Selesai”. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman beranda WhatsApp kamu.

Tap "Selesai".

Mengatasi lupa PIN verifikasi 2 langkah WhatsApp tanpa email (cara kedua)

Jika kamu lupa email atau lupa password emailnya sehingga kamu tidak punya akses ke email kamu tsbt, kamu bisa mencoba me-reset dan mendapatkan akses ke email tsbt. Setelah dapat akses ke email tsbt, kamu bisa pakai cara pertama.

Ada banyak bahasan terkait proses pemulihan akses ke email, beberapa di antaranya dibahas juga diblog ini.

Jika kamu tidak bisa mendapatkan lagi akses ke email tsbt, atau kamu memang tidak memasukkan email saat mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah di WhatsApp, solusi lainnya adalah dengan menunggu 7 hari.

Jika kamu baca cara pertama tadi dengan seksama, dilangkah ke-6, kamu akan menemukan penjelasan seperti dibawah ini. Diisana tertulis “Alternatif lainnya, dalam 6 hari, anda dapat menyetel ulang akun WhatsApp anda untuk melanjutkan tanpa PIN“.

Tap "Kirim Email".

Ini artinya, setelah mencoba cara pertama dan gagal, pihak WhatsApp akan memberikan timer selama 7 hari. Setelah 7 hari, kamu bisa lanjut proses-nya tanpa harus mengisi PIN sama sekali.

Prosesnya ini sudah dijelaskan cukup detail di halaman bantuan WhatsApp, berikut screenshot laman bantuan tsbt, kamu bisa baca pelan-pelan, supaya paham.

Informasi tentang lupa kode pin verifikasi dua langkah WhatsApp dihalaman resmi
Informasi dihalaman resmi pusat bantuan WhatsApp

Admin: Sayangnya penulis tidak testing langsung prosesnya. Jika sempat, mungkin aku akan coba testing dengan akun dummy, dan akan aku update lagi tulisan ini. Tapi dari penjelasan di Pusat bantuan diatas, sepertinya tidak ada proses yang rumit.


Mungkin sampai disini untuk artikel kali ini. Jika ada pertanyaan atau masih bingung dengan langkah-langkah di atas, silahkan tanyakan di kolom komentar. Sekian dan sampai jumpa lagi ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar