Cara mengatasi lupa password shopee

Saat masa pandemi seperti ini, banyak warga yang melakukan karantina mandiri di rumah. Banyak orang memilih untuk berdiam diri di rumah dibandingkan harus keluar.

Di era modern seperti sekarang, kita banyak dimudahkan oleh berbagai macam hal.

Untuk berbelanja pun, kita tidak diharuskan untuk keluar rumah. Ini karena saat ini sudah banyak online shop yang menjual bermacam-macam jenis barang. Cukup scroll layar ponsel dan bayar, kita hanya tinggal menunggu barang dikirimkan oleh kurir. Mudah bukan?

Salah satu aplikasi toko online yang banyak digunakan di Indonesia adalah Shopee.

Bicara soal Shoppe, ketika akan login ke akun Shopee, pengguna diharuskan memasukkan nomor ponsel yang sebelumnya telah terdaftar di Shopee. Selain memasukkan nomor, pengguna juga diharuskan untuk memasukkan password atau kata kunci.

Namun permasalahan muncul ketika pengguna lupa dengan password yang sebelumnya telah dia buat.

Apakah Bukugue readers pernah mengalami hal ini? Bagaimana cara mengatasi lupa password Shopee? Bagaimana cara mengatasi lupa password Shopee dan nomor hilang? Kami akan membahas solusi dari masalah ini melalui informasi sebagai berikut.

Cara mengatasi lupa password Shopee dengan nomor HP

Meskipun merupakan hal yang penting untuk dihapalkan, akan tetapi masih saja ada beberapa orang yang kemudian lupa password akunnya sendiri.

Jika sudah terlanjur lupa password Shopee, berikut ini akan kami berikan tutorial untuk mengatasinya.

Asalkan nomor yang terdaftar di Shopee masih aktif, sebenarnya penggantian password masih sangat mudah untuk dilakukan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak informasi berikut ini.

1. Buka aplikasi Shopee, untuk login akun kamu diharuskan untuk mengisi kolom nomor HP atau email serta password. Tap “lupa” untuk mengatasi permasalahan lupa password.

tap "lupa" jika lupa password

2. Masukkan nomor HP yang telah terdaftar pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik “lanjut”.

masukkan nomor HP lalu klik "lanjut"

3. Shopee akan mengirimkan kode OTP (One Time Password) untuk kamu isikan pada kolom yang tersedia. Jika sudah, catat, dan masukkan kode ke halaman Shopee tadi, lalu klik “lanjut”.

periksa kode verifikasi melalui SMS

4. Setelah memasukkan kode OTP, kita akan ditujukan pada halaman untuk mengubah password. Masukkan password barumu tsbt di dua kolom dibawah ini. Jika password baru sudah diisi, silahkan tap “atur”.

masukkan password baru lalu klik "atur'

5. Selesai.

Untuk mengetes apakah password sudah terganti dengan yang baru, kamu dapat melakukan login akun.

login akun shopee

Fyi: Ketentuan dari password baru tersebut adalah panjangnya harus berkisar dari 8 sampai dengan 16 karakter. Selain itu password juga harus memuat paling tidak 1 huruf kecil dan 1 huruf besar. Seperti password pada umumnya, hindari menggunakan tanggal lahir atau nama asli karena mudah ditebak. Password yang mudah ditebak mungkin akan lebih rentan terhadap pembobolan akun.

Cara mengatasi lupa password Shopee dengan Email

Jika nomor yang terdaftar di Shopee masih aktif dan dapat dihubungi, sebenarnya tidak sulit untuk mereset atau mengganti password. Akan tetapi bagaimana jika nomor yang kita gunakan sudah tidak lagi aktif atau mungkin hilang? Jangankan mengganti password, untuk menerima kode verifikasi pun sudah tak bisa.

Lalu bagaimana solusinya?

Jawabannya, ada satu cara yang mungkin bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal ini. Caranya adalah dengan memasukkan alamat email.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Shopee, kemudian tap “lupa”.

tap "lupa" jika lupa password

2. Setelah itu akan muncul kolom nomor/email dan tombol “lanjut”. Isikan kolom tadi dengan menggunakan alamat email yang telah terdaftar di Shopee. Lalu tap “Lanjut”.

masukkan email yang terdaftar lalu klik "lanjut"

Jika akun dapat terdeteksi dengan memasukkan email, maka Shopee akan mengirimkan link untuk mereset password. Namun jika tidak, akan muncul notifikasi bahwa email tidak terdaftar. Maka dari itu pastikan kamu memasukkan alamat email dengan benar ya.

3. Buka emailmu yang telah kamu masukkan tadi. Periksa apakah sudah ada email masuk dari Shopee. Jika belum ada email masuk, refresh sejenak. Tidak menunggu lama, biasanya email akan dikirimkan dalam 1 sampai dengan 5 menit. Jika sudah ada email masuk dari Shopee, buka pesan tersebut. Akan terlihat link untuk mereset passwordmu. Tekan “klik di sini”.

klik link yang diberikan, atau copy paste link pada browser

Dari pengalaman penulis, aplikasi Shopee tidak merespon ketika menekan link tersebut. Sehingga kami menggunakan cara lain, yaitu dengan meng-copy link tadi dan menempelkannya (paste) pada browser. Link tadi juga akan menghubungkan kamu pada halaman reset password sama halnya seperti ketika kamu membuka link ini melalui aplikasi Shopee.

4. Pada kolom yang tersedia, kamu akan diminta untuk memasukkan password Shopee yang baru. Ketentuan dari password baru tersebut sama dengan cara pertama tadi yaitu berkisar dari 8-16 karakter serta harus memuat setidaknya 1 huruf besar dan 1 huruf kecil.

Oh iya, untuk mencegah typo atau salah ketik, kamu dapat menekan icon mata tertutup untuk memperlihatkan password. Periksa kembali apakah password sudah sesuai dengan keinginanmu atau belum. Jika sudah, silahkan tekan “reset password”.

5. Selesai.

Untuk memastikan apakah password sudah terganti, kamu dapat melakukan login dengan password barumu tadi. Silahkan login dengan memasukkan alamat email serta password barumu. Jika berhasil login, itu artinya passwordmu sudah terganti.


Nah bagaimana Bukugue readers, sekarang sudah paham kan bagaimana cara mengatasi lupa password Shopee dan bagaimana jika nomor sudah tidak aktif atau hilang?

Meskipun solusinya cukup mudah, namun untuk mencegah kejadian serupa pun tidak ada salahnya. Kamu dapat mencatat password akun Shopee-mu pada notes dan simpan dengan baik supaya aman. Dengan begitu setiap kali lupa password, kamu tidak perlu lagi mereset passwordmu berulang kali.


Sekian informasi dari kami kali ini. Update terus informasi menarik lainnya, informasi seputar media sosial terupdate hanya di Bukugue dot com.

Sumber:

https://help.shopee.co.id/s/article/Apa-yang-harus-saya-lakukan-jika-saya-lupa-password-akun-Shopee-saya

Tinggalkan komentar