Cara mengatasi lupa password di Twitter

Menulis cuitan di Twitter merupakan salah satu cara ampuh dalam mengusir penat. Sayangnya, curhatan di media sosial dapat meninggalkan jejak digital dan sewaktu-waktu dapat menjadi bumerang bagi kita sendiri.

Bahayanya ancaman jejak digital membuat banyak orang kemudian ingin menghapus cuitan lamanya di Twitter yang mungkin berisi kalimat yang kurang nyaman dibaca. Tentunya sebelum berpikir untuk menghapus cuitan lama, kita harus login Twitter terlebih dahulu.

Untuk dapat masuk ke akun Twitter, kita perlu memasukkan username dan password. Namun permasalahan dapat terjadi apabila kita lupa password Twitter kita sendiri.

Banyak orang yang karena jarang login Twitter secara manual, lupa passwordnya sendiri.

Kali ini, Bukugue dot com akan membahas secara lengkap bagamana solusi untuk mengatasi lupa password Twitter.

Mengatur ulang password twitter dengan email

Keadaan pertama yang mungkin dapat terjadi adalah kita lupa password Twitternya, akan tetapi masih ingat dan memiliki akses terhadap alamat emailnya. Jika begitu, maka kamu dapat melakukan reset password melalui langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Twitter pada ponselmu. Kamu juga dapat mengajukan reset password melalui mobile.twitter.com dibrowser. Caranya tak jauh berbeda dengan langkah-langkah yang akan kita bahas disini.
2. Pada bagian halaman login, tap “lupa kata sandi”. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email atau username. Disini kami mencoba memasukkan username. Lanjutkan dengan mengklik tombol “cari”.

3. Selanjutnya akan muncul halaman seperti dibawah ini. Disini klik “lanjut” agar Twitter mengirim tautan untuk mereset password ke email kamu. Setelah itu, buka akun email untuk melihat pesan dari twitter.

klik "lanjut"

4. Di inbox email kamu, cari pesan dari twitter. Setelah itu buka pesan tsbt. Di dalam pesan email twitter tsbt, klik tombol “atur ulang kata sandi”. Tombol inilah yang akan membawa kamu pada halaman atur ulang kata sandi.

5. Kamu akan dibawa kehalaman atur ulang sandi spt dibawah. Isi kolom password dengan kata sandi baru yang kamu inginkan. Setelah itu, tap tombol “kirim”.

isi password baru dan klik "kirim"

6. Isi juga alasan mengapa kamu mengubah kata sandimu. Apakah itu karena lupa kata sandi saja, karena akunmu diakses orang lain, atau mungkin karena alasan lain. Setelah menandai alasan, tekan “kirim”.

isi alasan mengganti password, klik "kirim"

7. Selesai. kamu dapat login di Twitter dengan memasukkan password baru yang kamu buat tadi.

klik "lanjut ke Twitter" agar dapat login dengan password baru

Mengatur ulang sandi twitter dengan nomor HP

Cara kedua, kamu dapat menggunakan nomor HP yang terhubung dengan akun Twittermu dan nomor HP haruslah masih aktif.

Mengatur ulang kata sandi dengan menggunakan nomor HP dapat dikatakan cara yang paling mudah. Berikut langkah-langkahnya.

1.Pada halaman login Twitter, klik “lupa kata sandi”. Setelahnya, masukkan nomor HP aktif yang terhubung dengan akun Twittermu dan tap “Cari”.

2. Pilih menu “kirim kode lewat SMS ke ponsel saya yang berakhiran xx”. Setelah itu tap “lanjut”.

klik "lanjut"

3. Twitter akan mengirimkan SMS yang berisi kode verifikasi untuk mengatur ulang kata sandi. Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Setelahnya, tap tombol “kirim”.

masukkan kode verifikasi Twitter lalu klik "kirim"

4. Ketikkan kata sandi baru pada kedua kolom ini. Lanjutkan dengan tap tombol “kirim”.

isi password baru dan "kirim"

5. Selesai. Kamu dapat login kembali dengan password barumu.

Bagaimana jika tidak memiliki akses terhadap email dan nomor HP?

Agak sulit memang jika kamu lupa email atau tidak punya akses ke nomer hp kamu. Tapi masih ada solusinya, cuma sekali lagi, agak sulit dan belum tentu berhasil.

Disini kita akan minta bantuan ke pihak twitter, caranya, kita perlu mengisi form pada link https://help.twitter.com/forms/signin.

Berikut tampilan formnya.

Pada form tadi, isikan username. Kemudian ketikkan alamat emailmu serta deskripsi masalah (opsional). Isikan kolom “email anda” dengan alamat email aktif yang dapat kamu akses, (boleh email baru, dan tidak terkait ke twitter).

Kamu juga dapat mendeskripsikan permasalahan, namun ini bersifat opsional. Isikan deskripsi masalah dengan singkat dan jelas. Misalnya, jika kamu tidak punya akses terhadap email lama bisa diisikan dengan “I don’t have access to my email”. Atau jika kamu lupa alamat email yang digunakan, dapat kamu isi dengan keterangan “I can’t remember the email addres I used on my account”.

Setelah itu tap “Continue” dibagian bawah form.

lanjutkan konfirmasi reCAPTCHA

Selanjutnya akan muncul tantangan reCAPTCHA, centang di “Saya bukan robot”. Setelah itu klik “ajukan”.

centang "saya bukan robot" dan klik "ajukan"

Setelah itu pihak support twitter akan memberikan penjelasan serta petunjuk untuk mengatasi permasalahan tadi melalui email yang dimasukkan tadi.

Jika kami rangkum, ada beberapa keadaan yang masih memungkinkan untuk pengajuan dapat diproses lebih lanjut.

Yang pertama, jika kamu lupa password namun masih terhubung dengan akun Twitter di ponsel tsbt, baik itu diaplikasi ataupun login dibrowser, maka kamu dapat membalas email yang dikirimkan support twitter. Jelaskan permasalahan yang ada, dan jika diperlukan sebutkan nomor kasus.

Selanjutnya, jika kamu lupa password Twitter dan tidak punya akses terhadap email, namun masih mengingat alamat emailnya. Jika demikian yang terjadi, Twitter akan memberikan arahan supaya kamu menghubungi penyedia layanan email terlebih dahulu. Permasalahan umum yang sering terjadi adalah lupa password email. Setelah mendapatkan akses email kembali, kamu dapat mengajukan reset password sesuai dengan cara pertama tadi.

Untuk Gmail, jika kamu lupa passwordnya dapat membaca tulisan berikut: https://www.bukugue.com/lupa-password-gmail/. Untuk Yahoo Mail, langkah-langkahnya dapat kamu baca pada tulisan ini: https://www.bukugue.com/lupa-password-yahoo/

Terakhir, jika akun Twittermu adalah akun organisasi atau perusahaan, balas email tadi dan jelaskan secara rinci masalahnya. Mungkin Twitter tidak akan langsung menanggapi secara cepat. Akan tetapi Twitter akan mengupayakan yang terbaik.


Pihak Twitter harus memastikan penggunanya aman dari pembobol akun. Oleh karenanya, jika kamu lupa password Twitter, tidak memiliki akses terhadap email maupun nomor HP, serta lupa alamat email, maka pilihan terbaik adalah membuat akun baru. Kamu dapat mendaftar akun Twitter baru dengan menggunakan email dan nomor HP yang masih aktif.


Nah readers, kini kamu sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi lupa password Twitter? Silahkan ikuti langkah-langkah pada tutorial tadi. Semoga berhasil ya.

2 pemikiran pada “Cara mengatasi lupa password di Twitter”

  1. Bang , saya kan pke autentifikasi 2 faktor di twitter , nah kode OTP dari twitter saya gak bisa masuk ke nomor HO saya , udah 4harian lah bang , kode cadangan saya lupa ga catat , saya gak bisa akses akun twitter saya sampai saat ini , apa bisa dibantu solusinya bang ?

    Balas
    • Cobain untuk restart ponsel, lalu minta ulang kode otpnya.. pastiin jg nomer yg di setting di twitter untuk menerima kode, sama dgn nomer yng mas pakai saat ini.. selain itu pastiin nomernya masih aktif, ga dimasa tenggang, dll…

      jika gagal jg, padahal nomernya udh bener.. saranku cobain hubungin CS nya mas…

Tinggalkan komentar