Cara mengatasi lupa PIN gopay

Selain digunakan untuk bertransaksi layanan Gojek, Gopay saat ini juga sudah menjadi uang digital yang dapat kita gunakan untuk membeli berbagai macam barang dan jasa di perusahaan partnernya.

Untuk menggunakan Gopay pun cukup mudah. Kita hanya perlu memindai kode QR dengan menggunaan QR scanner yang tersedia pada aplikasi Gojek. Setelah itu kita diharuskan untuk memasukkan PIN Gopay kita.

Pembayaran yang touch-less seperti ini sangat memudahkan kita pada situasi pandemi seperti sekarang. Karena selain praktis, kita bisa meminimalisir sentuhan dengan orang lain baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan menggunakan Gopay, pembayaran memang akan menjadi lebih praktis. Namun, permasalahannya bagaimana jika kita lupa PIN Gopay? Kemudian bagaimana jika PIN Gopay terblokir? Bagaimana cara mengatasi permasalah tersebut? Simak penjelasan dibawah ini.

PIN gopay salah terus?

Jika permasalahannya adalah PIN Gopay yang salah, berhenti sebentar dan coba ingat-ingat lagi. Mungkin sebelumnya kita pernah mengganti PIN tsbt, atau mungkin PIN yang dimasukkan adalah PIN untuk akun lain (misalnya kita masukkan PIN e-banking kesini, karena yang diingat hanya PIN tsbt).

Langkah berikutnya adalah mencoba mereset PIN Gopay tsbt terlebih dahulu sebelum terblokir.

Untuk mengatasi lupa PIN Gopay, kita dapat melakukan reset PIN melalui nomor HP. Namun jika nomor HP sudah tidak aktif, kita masih bisa mengurusnya dengan menghubungi nomor customer service Gojek. Mari kita bahas satu per satu.

Reset PIN gopay yang lupa melalui SMS

Cara termudah untuk mengatur ulang PIN Gopay adalah melalui SMS. Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan nomor yang kamu daftarkan di Gojek masih aktif. Kita diharuskan memiliki akses terhadap nomor tersebut karena Gojek akan mengirimkan kode OTP ke nomor kita tsbt.

Lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

1.Pada halaman utama Gojek, tap ikon “lainnya” pada menu Gopay. Selanjutnya buka “pengaturan”.

2. Pada menu pengaturan Gopay ini, kita dapat mengatur metode pembayaran, kartu debit, serta PIN. Untuk mengatasi masalah lupa PIN Gopay, tap “lupa PIN”.

tap "lupa pin"

3. Isikan kolom tersebut dengan PIN yang baru. Kemudian ketikkan ulang PIN yang telah kamu buat.

4. Setelah membuat PIN baru, Gopay akan mengirim kode OTP untuk mengonfirmasinya. Isikan kode OTP yang diterima dan kirim.

5. Selesai. Setelah memasukkan dan mengirimkan kode OTP tadi, PIN Gopaymu akan berhasil diatur ulang.

PIN Gopay berhasil diubah

Mengatasi lupa PIN gopay melalui customer service

Jika kamu sudah tidak memiliki akses terhadap nomor ponselmu, kamu masih dapat mengatasi lupa password dengan cara menghubungi Customer service Gojek atau Gopay. Kamu memiliki pilihan menghubunginya melalui telepon atau melalui email. Selain melayani permasalahan lupa password, CS Gojek juga menangani permasalahan lainnya terkait penggunaan aplikasi Gojek.

Nomor telepon Customer Service Gojek: 1500304

Alamat email Customer Service Gojek: customerservice@gojek.com

Pengguna Gojek mungkin akan ditanyai mengenai data diri serta email. Cukup perkenalkan diri dan ceritakan permasalahan lupa PIN Gopay, maka kita tinggal mengikuti arahan CS. Untuk prosesnya mungkin tidak akan secepat mereset password melalui SMS. Namun pihak Gojek akan mengusahakan yang terbaik begitu identitas pengguna dan akun dapat dikonfirmasi.

Dari pengalaman pribadi penulis, pengguna Gojek bahkan dapat mengajukan reset akun jika akun Gojeknya diretas. Layanan pelanggan Gojek cukup tanggap dalam menangani permasalahan yang dikeluhkan. Yang terpenting, jangan lupa menjawab jika ada balasan dari pihak Gojek.

Oh iya selain mengajukan keluhan melalui telepon atau email, kamu juga dapat menghubungi official account Twitter Gopay yaitu @Gopayindonesia. Biasanya admin akan meminta data email dan nomor kita melalui DM (direct messages)

Untuk yang PIN Gopay-nya terblokir

Gojek mengupayakan transaksi yang seaman mungkin demi kenyamanan penggunanya. Oleh karena itu, Gojek akan memblokir aktivitas mencurigakan dari akunmu. Salah satunya, jika kamu salah memasukkan PIN Gopay selama 3 (tiga) kali berturut-turut, maka PIN Gopaymu dapat terblokir.

Lalu bagaimana cara mengatasi PIN Gopay yang terblokir?

Pertama, pengguna harus menunggu selama 1 (satu) jam agar transaksi dapat dilakukan. Setelah 1 jam, cobalah untuk mengulangi transaksi yang telah gagal tadi. Biasanya, transaksi akan kembali normal dan kamu dapat menggunakan Gopay kembali.

Namun jika sudah lebih dari 1 jam menunggu namun belum juga berhasil, kamu dapat menghubungi pihak CS dengan melalui telepon, email, atau akun resmi twitter-nya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas.

Panggilan melalui telepon memang tidak bebas pulsa, akan tetapi layanan yang diberikan juga relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan platform lainnya.


PIN Gopay tidak jauh berbeda dengan PIN kartu debit atau ATM yang biasa kita gunakan. Meskipun masalah lupa PIN Gopay dapat diatasi dengan mudah, namun akan lebih baik lagi jika kamu mengingat baik-baik PIN Gopaymu mulai sekarang.

Terakhir, jika ada pertanyaan terkait topik ini, silahkan tuliskan melalui kolom komentar ya.

Tinggalkan komentar