Cara mengaktifkan Facebook mode gratis (atau kembali ke mode data)

Sebagai sosial media yang sudah lama ada, Facebook memiliki banyak fitur menarik. Salah satu fitur yang menurut aku paling bermanfaat adalah mode gratis.

Secara ringkasnya, mode gratis ini merupakan sebuah fitur yang membuat kamu bisa memuat laman Facebook tanpa memakai kuota internet kamu. Selain itu, fitur mode gratis ini bisa kamu pakai di semua jenis aplikasi Facebook. Mulai dari Facebook Reguler, Facebook Lite sampai Free Facebook.

Penasaran ingin tahu bagaimana cara menggunakan Facebook mode gratis untuk update laman? Kalau iya, langsung kamu perhatikan saja semua pembahasan yang akan aku berikan di sini.

Kekurangan mode gratis dibandingkan mode data

Sebelum kita masuk kepembahasan bagaimana mengaktifkan mode gratis di Facebook, kamu perlu tau kekurangannya. Saat menggunakan Mode gratis, kamu tidak dapat melihat foto atau video yang dishare kefacebook.

Kamu masih bisa chat dengan teman-temanmu. Kamu juga bisa tetap eksis dengan cara update status, berkomentar, membuat catatan, dll, kecuali melihat video dan foto.

Di mode gratis, kamu juga masih tetap bisa mengganti foto profil akun, mengirim pesan berupa gambar dan melihat foto profil pengguna lain. Sehingga kamu tetap bisa mengenali pemilik akun lainnya dengan mudah.

Selain itu kamu juga masih bisa meng-update status disertai gambar/foto, hanya saja kamu sendiri tidak dapat melihat foto yang terupload tersebut.

Mode gratis Di Facebook tidak ada?

Tidak semua operator menyediakan akses ke mode gratis Facebook. Setelah testing menggunakan kartu Tri, ternyata akses ke mode gratis tidak tersedia.

Cara mengaktifkan Facebook mode gratis (atau kembali ke mode data) 1
Testing pada tanggal 10 Januari 2022

Berdasarkan catatan dari Facebook tsbt diatas, operator yang bisa akses Facebook gratis adalah SmartFren, Telkomsel, XL Axiata, Indosat Oredoo dan Express wifi DNET.

Baca juga :  Cara menyembunyikan halaman yang disukai di Facebook

Walaupun diketahui Indosat Ooredoo dan Tri sudah resmi bergabung beberapa hari yang lalu (Berita tanggal 4 januari 2022), entah kenapa berdasarkan hasil testing, Tri tidak bisa akses mode gratis.

Jika dilihat dari catatan Facebook tersebut, seharusnya semua operator di indonesia bisa akses Mode gratis. Kartu AS, simpati, LOOP, by.U, Halo berada dibawah naungan Telkomsel. Im3, Tri dan MPWR dibawah Indosat Ooredoo. Xl, Axis dan Live.On dibawah naungan XL Axiata. Terakhir, Smartfren dan Power Up dibawah naungan Smartfren Telecom.

Mengaktifkan Mode Gratis di Facebook reguler (Testing Dengan Kartu XL)

Pertama aku akan jelaskan cara menggunakan fitur mode gratis di Facebook Reguler dengan memakai kartu XL Axiata.

Jadi kalau kamu sedang memakai kartu XL dan ingin update laman, bisa langsung ikuti panduan yang akan aku berikan ini.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan kamu sudah memakai koneksi XL Axiata. Di sini, kartu XL aku ada di SIM 2, aku juga sudah ganti koneksinya ke kartu XL tersebut.

Aktifkan Koneksi XL

2. Selanjutnya silahkan buka aplikasi Facebook dan tap tombol Buka Gratis di bagian atas.

Tap Buka Gratis di Facebook Reguler

3. Nantinya tombol tersebut berubah menjadi Lihat Foto, sehingga tandanya sudah aktif. Kamu bisa mengusap ke atas untuk refresh laman.

Berhasil Masuk Mode Gratis di Facebook Reguler

4. Selesai.

Mengaktifkan Mode Gratis di Facebook Lite (Testing Dengan Kartu Telkomsel)

Selanjutnya untuk kamu yang memakai Facebook Lite juga bisa kok menggunakan fitur mode gratis ini. Di panduan ini, aku akan masuk ke mode gratis di Facebook Lite dengan kartu Telkomsel.

Kalau ingin tahu caranya, langsung ikuti saja seperti berikut ini:

1. Pertama, silahkan pastikan sudah memakai koneksi dari kartu Telkomsel lebih dulu. Karena ada di SIM 1, aku sudah ganti koneksinya ke SIM 1.

Aktifkan Koneksi Telkomsel

2. Setelah itu, langsung saja buka Facebook Lite dan ketuk tombol Buka Gratis.

Tap Buka Gratis di Facebook Lite

3. Kalau sudah, silahkan mengusap ke atas untuk update laman di Facebook Lite dengan memakai fitur Buka Gratis.

Berhasil Masuk Mode Gratis di Facebook Lite

4. Selesai.

Baca juga :  Cara cek perkiraan cuaca di Facebook

Mengaktifkan Mode Gratis di Free Facebook (Testing Dengan Kartu IM3)

Terakhir aku akan berikan cara untuk masuk mode gratis di Free Facebook. Di cara ini, aku akan menggunakan kartu IM3 nantinya, tapi bisa juga kamu pakai kartu lain seperti panduan-panduan sebelumnya.

Oh iya, untuk masuk ke Free Facebook, kamu bisa mengaksesnya lewat Facebook Reguler atau bisa juga langsung lewat browser yang kamu pakai saat ini.

Langsung saja ikuti cara menggunakan mode gratis di Free Facebook:

1. Pastikan sudah mengganti jaringan internet ke IM3.

Aktifkan Indosat Ooredoo

2. Selanjutnya buka laman free.facebook.com di browser kamu saat ini.
3. Setelah itu, login memakai akun Facebook yang kamu punya.

Login di Free Facebook

4. Kamu sudah akan berada di Facebook mode gratis. Karena link free.facebook.com memang khusus mode gratis.

Berhasil Masuk Mode Gratis Free Facebook

5. Selesai.

Cara mengubah Mode Gratis ke Mode Data

Bagi kamu yang sudah mencoba mode gratis, mungkin sudah tahu kelemahannya. Salah satunya itu adalah tidak bisa melihat foto dan video didalam postingan. Kalau kamu ingin melihat foto, maka harus keluar dari mode gratis ini dan kembali lagi ke mode data.

Yang terpenting adalah, pastikan kamu memiliki cukup kuota, karena foto dan video di Facebook memakan banyak kuota data.

Cara mengaktifkan mode data juga tidak jauh berbeda dengan mengaktifkan mode gratis sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Dihalaman awal aplikasi Facebook atau Facebook lite, tap tombol “Lihat Foto” yang ada dibar atas.

Pilih Lihat Foto

2. Akan muncul pemberitahuan untuk memakai kuota, silahkan ketuk “Gunakan” di kolom Gunakan Kuota Data.

Gunakan Data Kuota Internet

3. Selesai. Kamu sudah berhasil kembali ke mode data. Kotak ungu bertuliskan “Mode gratis” sudah kembali ke warna hitam dan bertuliskan “Mode Data”.

Berhasil Keluar Mode Gratis Facebook

Sedangkan untuk pengguna free.facebook.com, kamu tinggal tap address bar dibrowser kamu. Ubah alamat free.facebook menjadi m.facebook.com. Seharusnya nanti kamu akan otomatis dibawa kehalaman Facebook mobile di HP kamu, dan sudah langsung berada di Mode Data.

Baca juga :  Cara menyembunyikan akun facebook dari publik (pencarian diluar facebook)

Kelebihan Mode Gratis dibandingkan Mode data

Facebook mode gratis ini punya banyak kelebihan, terutama dalam kondisi tertentu. Berikut beberapa kelebihannya.

  • Kamu bisa mengakses laman lebih cepat dibandingkan dengan memakai kuota data. Karena yang di akses hanya sebatas postingan berupa teks saja, tidak memuat data besar seperti foto dan video.
  • Kecepatan akses tetap baik meskipun sinya sedang lemot.
  • Kuota tidak terpakai sama sekali, bahkan bisa digunakan saat benar-benar habis kuotanya.

Nah itulah cara mengaktifkan mode gratis dan mode data di Facebook. Mulai dari Facebook Reguler, Facebook Lite dan Free Facebook.

Untuk provider, seharusnya semua provider bisa mengakses mode gratis, berdasarkan list yang dikeluarkan oleh Facebook tsbt diatas. Namun berdasarkan testing, kartu Tri yang saat ini sudah merger dengan Indosat, ternyata masih belum bisa mengakses mode gratis.

Jika teman-teman memiliki hasil lain, jangan ragu untuk meninggalkan komentar dikolom komentar dibawah.

Mungkin sekian dulu, sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

Tinggalkan komentar