Cara membuat link WhatsApp di Bio Instagram

Asing dengan link Whatsapp? Ya memang sebagian orang masih belum tahu mengenai link Whatsapp. Namun bagi kalangan pebisnis, pengusaha, atau orang-orang tertentu, hal ini sudah lumrah.

Kamu bisa membuat link dari nomor WhatsApp mu, dimana jika link tsbt di klik, orang yang meng-klik akan otomatis dibawa kehalaman chat langsung dengan-mu. Selain itu ada juga jenis link grup WhatsApp, dimana link tsbt jika di klik akan membawa orang yang mengklik ke dalam grup chat tsbt.

Disini kita akan jelaskan bagaimana proses memasang link WhatsApp tersebut ke Instagram, khususnya Bio Instagram.

Yang perlu ditekankan, link yang akan kita buat ini tidak hanya bisa dipakai di Bio, tapi bisa dipakai dikolom komentar, story, dll. Bahkan bisa dipakai di sosial media lain seperti facebook dan twitter.

Ok, langsung saja kita masuk ke langkah-langkahnya.

1. Persiapkan link WhatsApp terlebih dahulu

Seperti yang sudah di sebutkan sedikit di awal, disini kamu perlu persiapkan link WhatsAppnya terlebih dahulu, apakah kamu butuh Link ke chat pribadi, ataupun link ke grup chat.

Jika kamu butuh link ke grup chat, kamu bisa baca halaman ini bukugue.com/cara-membuat-link-grup-whatsapp/ untuk mendapatkan link ke grup chat, karena prosesnya agak sedikit panjang.

Sedangkan jika kamu butuh link ke personal chat, kamu bisa buat sendiri link-nya.

Hal pertama yang perlu kamu tau adalah, format dasar dari pembuatan link Whatsapp itu sendiri.

Jadi format untuk membuat nomor Whatsapp kamu menjadi link adalah https://wa.me/<nomorWAkamu>.

Dibagian Nomor WA diisi dengan nomor WA kamu tanpa angka 0 di bagian awal nomor. Jadi angka 0 diganti dengan kode area Indonesia, yaitu 62. Kalau misalnya nomor HP kamu 082317283417 maka menjadi 6282317283417.

Ini hasil linknya https://wa.me/6282317283417

Sedangkan jika kamu butuh link WA langsung dengan tulisan chat, formatnya adalah seperti ini https://wa.me/<nomorWAkamu>?text=<INI%20TEXT%20YANG%20INGIN%20DIMASUKKAN>. Dimana kode %20 adalah pengganti spasi di text tsbt.

Jadi jika kamu misalnya ingin memasukkan text, “Apakah barangnya masih ada?”, inilah hasil link-nya https://wa.me/6282317283417?text=Apakah%20barangnya%20masih%20ada?

Link ini sudah bisa digunakan kalau kamu ingin share link ini ke platform lain, misalnya Instagram, Facebook, dll. Tapi alangkah kurang estetik atau kurang menarik jika linknya seperti itu ya. Jadi alangkah lebih baik jika link Whatsapp kamu dipersingkat atau diubah nama linknya menjadi lebih menarik dan mudah diingat.

2. Perpendek link WhatsApp dengan bantuan bit.ly

Disini kita akan gunakan pemendek link bit.ly, ada banyak pemendek link lain, dan kamu bisa pilih yang lain jika kamu lebih paham cara pakainya.

Untuk akses website ini gratis kok. Tapi tetap ada versi premiumnya jika kamu membutuhkan fasilitas yang lebih. Oke, langsung saja kita mulai menggunakan website bit.ly

  • Pertama, buka aplikasi peramban kamu. Disini aku menggunakan Chrome untuk mengaksesnya. Ketik URL bit.ly dan masuk ke website tersebut.
Buka situs bit.ly di chrome
  • Jika kamu sudah masuk ke halaman bit.ly, langsung ketikkan atau copy-paste kan link Whatsapp yang sudah kamu buat tadi dikolom yang tersedia. Kemudian tekan “Shorten” yang artinya “Pendekkan” kalau dalam bahasa Indonesia.
Pilih "Shorten" untuk mempersingkat link Whatsapp
  • Nah. Link Whatsapp kamu sudah dipersingkat. Kamu bisa menggunakan link ini untuk di share jika kamu menginginkannya.
Tampilan link Whatsapp yang sudah dipersingkat

Sampai disini kamu sudah punya link pendek yang bisa kamu gunakan untuk di masukkan ke Instagram. Jika kamu mau, kamu bisa langsung masuk ke langkah 3 berikutnya.

Namun kalau kamu ingin mengubah nama link menjadi lebih menarik dan mudah di ingat, kamu perlu membuat link pendek yang custom. Untuk membuat link pendek custom, kamu perlu membuat akun bit.ly terlebih dahulu.

Berikut ini proses pembuatan akun bit.ly hingga membuat custom link tsbt.

  • Silahkan kamu scroll down dihalaman sebelumnya tadi, sampai kamu menemukan link daftar gratis seperti pada gambar yang aku beri tanda panah. Klik link tsbt.
Membuat akun bit.ly supaya dapat mengubah nama link sesuai keinginan
  • Disini aku akan menggunakan email untuk membuat akun. Masukkan nama pengguna, alamat email yang aktif dan kata sandi untuk akun bit.ly tsbt. Kemudian pilih “Daftar dengan email”
Pilih "Daftar dengan email" untuk mendaftar akun bit.ly dengan email
  • Cek email kamu. Kemudian klik “Verify your email” untuk verifikasi email kamu.
Pilih "Verify your email" untuk konfirmasi email
  • Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman profil bit.ly seperti dibawah. Langsung saja klik tanda silang, untuk menutupnya.
Tampilan halaman dashboard akun bit.ly
  • Kamu akan dibawa kehalam awal bit.ly seperti dibawah, disini pilih menu “Create” untuk membuat link custom-nya.
Pilih "Create" untuk membuat link Whatsapp sendiri
  • Paste-kan ulang link WA kamu yang awal tadi dikolom “Paste long URL”, kemudian klik “Create”
Tempelkan link Whatsapp kamu yang akan diganti menjadi link buatan sendiri
  • Nah, di halaman ini kamu bisa membuat link custom tsbt. Pertama isi judul di kolom “Title”, dan untuk kolom “Customize back-half” kamu isi dengan link yang kamu inginkan. Buatlah nama link yang singkat dan menarik.
isi kolom “Customize back-half” dengan link yang kamu inginkan

Disini kamu juga tidak bisa menggunakan spasi. Jadi untuk memisahkan kata, kamu bisa menggunakan tanda minus (-) . Contohnya aku akan membuat link dengan kata “Azzy bag order”, maka aku bisa membuat link bit.ly/azzy-bag-order. Oke, kalau kamu sudah selesai membuat linknya kemudian klik “Save”

  • Setelah klik “Save” tadi, maka link custom kamu sudah berhasil dibuat. Disini kamu tinggal catat atau copy link-nya untuk kita gunakan dilangkah selanjutnya.
Tampilan link Whatsapp buatan kamu sudah jadi

3. Masukkan link WhatsApp tadi ke Instagram

Selanjutnya disini kamu akan memasukkan link hasil pemendek bit.ly tadi ke bio Instagram. Berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk ke aplikasi Instagram kamu dan buka halaman profil. Kemudian pilih “Edit profil”
Pilih "Edit profil" untuk mengedit profil instagram kamu
  • Dihalaman “Edit Profil” ini, isi kolom situs web dengan link Whatsapp kamu tadi. Kemudian tambahkan bio yang berisi keterangan untuk para kustomer. Jika sudah, jangan lupa disimpan dengan memilih tanda centang di kanan atas.
Tempel link Whatsapp di kolom yang tersedia
  • Selesai. Ini dia contoh penampakannya.
Tampilan Link Whatsapp sudah disematkan di Instagram
Tampilan Link Whatsapp sudah disematkan di Instagram

4. Testing hasil link yang sudah dimasukkan tadi.

Langkah terakhir adalah testing, gunakan ponsel lain supaya lebih akurat. Buka link profil Instagram kamu, lalu klik link yang ada tsbt.

Tampilan Link Whatsapp sudah disematkan di Instagram

Jika tidak ada kesalahan, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar ketika link-nya di klik. Untuk meneruskan ke chat, kamu tinggal klik tombol “Lanjutkan ke chat”.


Jika kamu punya usaha atau bisnis, sangat cocok untuk menggunakan link Whatsapp seperti ini. Kustomer akan lebih mudah untuk menghubungi kamu.

Kamu juga akan lebih mudah, karena tidak perlu memberikan nomor Whatsapp satu persatu ke kustomer ketika kustomer memintanya. Kamu tinggal letakkan link ini ke berbagai platform sosial media. Mulai dari Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Kelemahannya ya tentu saja nomor Whatsapp kamu akan tersebar kemana-mana. Kamu hanya perlu berhati-hati jika ada orang asing yang menghubungi kamu untuk melakukan penipuan atau kejahatan lain.


Mungkin sampai disini dulu bahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa tambahkan ke kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar