Cara mengembalikan akun Twitter yang di hack

Twitter, adalah salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna di dunia. Keseluruhan pengguna ini memiliki beragam aktivitas dan tujuan dalam menggunakan Twitter.

Ada yang menjadikanya tempat sambat (red: mengeluh), ada yang untuk mencari mutualan, berbagi opini, mempromosikan sesuatu, mencari pacar, medium diskusi, hingga tempat politikus menyampaikan ide politiknya.

Kesemua kegiatan itu memiliki efeknya masing-masing.

Misal, ketika kita mempertahankan opini kita terhadap sesuatu dan membuat banyak pihak berang, kadang ada yang tidak terima dan bahkan ingin meretas akun kita agar kita jera. Hal ini banyak terjadi pada aktivis dan politikus, banyak misalnya yang akunnya diretas.

Selain itu, peretasan akun kadang tidak hanya terbatas pada ketidaksukaan terhadap seseorang, bisa juga karena peretas ingin mendapatkan keuntungan pribadi melalui akun yang diretas.

Jamak kita lihat kasus seseorang yang akunnya diretas kemudian mengirim pesan meminta tolong, atau meminjam uang ke orang yang dikenal oleh pemilik akun, sehingga imbas-nya pemilik akun yang harus menghadapi konsekuensi (peminjaman tadi).

Kadang banyak juga kasus dimana seseorang meretas untuk mencemarkan nama pengguna aslinya, misal dengan mengirim cuitan berbau kasar, DM ke seseorang, memfollow atau unfollow orang lain, hingga melakukan pemblokiran kepada akun lain tanpa sepengetahuan kita.

Ciri-ciri akun twitter yang dihack

Dari kasus yang sudah aku singgung diatas, sebenarnya sudah terlihat bagaimana tanda-tanda akun twitter yang kena hack. Tapi untuk mempermudah pemahaman teman-teman, disini aku akan beri list singkat terkait hal ini.

  1. Akun tidak bisa login, karena password diganti oleh hacker.
  2. Saat coba reset password, nomer HP dan email terkait juga sudah diubah.
  3. Akun juga akan mengirimkan cuitan (sementara kamu tidak bisa login).

Jika satu dari tiga hal tsbt terjadi, sudah bisa dipastikan akun twitter tsbt sudah kena hack.

Namun ada juga kasus dimana si hacker tidak langsung mengambil alih akun, disini kamu perlu perhatikan, apakah akunmu memposting cuitan, mengirim DM, follow dan unfollow, tanpa sepengetahuan kamu. Jika hal ini terjadi sementara kamu masih bisa login, kamu perlu mengamankan akun twittermu secepatnya sebelum diambil alih oleh hacker tsbt.

Mengamankan akun twitter jika masih bisa login

Jika kamu masih login atau masih bisa mengakses akunmu, langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah mengecek email dan nomer hp yang tercantum diakun tsbt.

Untuk mengeceknya, kamu tinggal buka menu twitter, pilih Pengaturan dan privasi, lalu pilih menu Akun. Dihalaman ini “akun” tsbt akan terlihat nomer hp dan email.

Jika nomer hp dan email masih belum diganti, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Bisa baca disini https://www.bukugue.com/mengaktifkan-autentikasi-dua-faktor-di-twitter/

Setelah verifikasi dua langkah aktif, kamu perlu force log-out seluruh pengguna lain (hacker) dari akunmu. Kamu bisa melakukannya dengan cara yang akan dijelaskan dibawah ini.

Berikut caranya.

  1. Buka menu twitter, pilih “Pengaturan dan Privasi”, lalu pilih menu “Akun”.

2. Dimenu “akun” ini, pilih menu “aplikasi dan sesi”.

3. Disini kamu gulir kebawah, dan pilih menu “Keluar dari perangkat yang ditampilkan” untuk mengeluarkan dari semua perangkat.

4. Selesai.

Sampai disini semua yang mengakses akun tsbt dari perangkat lain sudah otomatis dipaksa keluar. Saat mereka akan login, mereka akan diminta untuk memasukkan password sekaligus memasukkan kode verifikasi dua langkah.

Karena kode verifikasi dua langkah hanya akan dikirimkan ke nomer yang sudah kamu tentukan, si hacker tetap tidak bisa login walaupun mereka tau password akunmu.

Langkah selanjutnya barulah mengganti password ke password yang baru. Ini untuk supaya lebih aman lagi.

Mengembalikan akun twitter yang dihack jika sudah tidak bisa login

Jika ternyata kamu sudah tidak bisa login ke akunmu dan passwordmu bahkan sudah diganti, cobalah dengan langkah pertama yakni mencoba mereset password.

Hal ini cara pertama yang bisa kamu lakukan, tapi dengan syarat utama kamu masih memiliki akses ke email ataupun nomor telepon yang terkait dengan akun tsbt. Kalau kamu cepat tanggap, artinya saat akun dihack kamu langsung tau, maka ada kemungkinan hackernya belum sempat mengganti nomer hp dan emailnya.

Untuk mereset password dan mendapatkan password yang baru, kamu bisa baca dihalaman ini https://www.bukugue.com/lupa-password-twitter/. Setelah berhasil mendapatkan password dan bisa login, ikuti langkah mengamankan akun twitter seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tapi yang biasanya terjadi adalah nomer HP dan email memang langsung diganti sama si hacker. Kalau sudah begini memang lebih sulit, cara satu-satunya adalah dengan menghubungi support twitter.

Berikut langkah-langkah menghubungi support twitter.

1. Buka halaman https://help.twitter.com/forms/hacked.
2. Masukkan nama pengguna kamu, lalu tekan cari.

3. Masukkan alamat email lama (sebelum diubah oleh hacker) lalu isi deskripsi dengan jelas. Deskripsinya bisa singkat seperti “Mohon bantuan, akun saya diretas”. Kemudian pilih continue.

Kemudian akan muncul captcha, tekan saya bukan robot dan pilih ajukan.

4. Setelah itu kamu akan dibawa ke laman terima kasih.

5. Tunggulah beberapa saat. Pengalaman saya, menunggu kurang lebih satu jam. Tiap orang biasanya berbeda. Setelah itu cek pesan masuk dari akun email kamu. Jika sudah, kamu akan mendapat dua email dari Twitter. Pesan pertama dari Twitter Support yang berisi “Kami baru saja mengirimi Anda tautan pengaturan ulang kata sandi blablabla…” lalu pesan kedua dari Twitter yang berisi pengatur ulang kata sandi. Pilih menu atur ulang kata sandi.

6. Kamu akan dibawa ke laman untuk mengatur ulang kata sandi.

7. Selesai.

Di atas adalah cara jika kamu memiliki akses ke email. Tapi jika tidak punya dan kamu hanya memiliki akses ke nomor ponsel, maka kamu bisa lakukan dengan cara berikut:

1. Sama seperti tahap di atas, buka halaman https://help.twitter.com/forms/hacked, masukkan nama pengguna.

2. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman pengisian form seperti dibawah, tapi disini jangan di isi dulu, gulir kebawah dan pilih menu “coba masukkan nomor ponsel”.

3. Kemudian isi negara, dan masukkan nomor ponsel.

4. Kamu akan mendapat sms yang berisi kode konfirmasi. Setelah itu masukkan kodenya dan submit. Maka kamu akan dibawa ke laman untuk mengubah kata sandi. Seperti langkah di atas, segera ubah kata sandi kamu.

5. Selesai, akunmu akan segera kembali. Setelah itu, segera login ke akunmu dan lakukan langkah pengamanan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Bagaimana jika tidak punya akses ke nomor HP dan email lama?

Dalam kasus ini, nomor HP dan email yang tercantum diakun twitter sudah diganti sama hacker, dan yang lebih parahnya lagi, nomor HP lama dan email lama tidak bisa diakses juga.

Ini aku belum dapat solusinya.

Kita perlu nomor HP dan email lama, karena hal tsbt yang membuktikan keterkaitan kita dengan akun email tsbt. Pihak twitter bisa melihat history akun kita dan bisa melihat bahwa nomor/email tsbt pernah dipakai diakun tsbt.

Beberapa hal yang menyebabkan akun twitter bisa diretas

Disini kita perlu tau apa saja yang bisa menyebabkan akun di hack agar bisa menghindari hal-hal tsbt.

1. Web phishing

Sejujurnya, aku pernah melakukan hack sejenis ini kepada teman sewaktu dulu sekolah. Setelah mempelajari sedikit ilmunya, akupun iseng untuk mempraktikkan hal tersebut dan kemudian mencoba meretas akun teman.

Cara yang aku maksud adalah dengan menggunakan metodi phishing, istilah lainnya ialah memancing. Phishing dilakukan dengan memberi umpan sehingga pengguna tertarik, lalu dengan sukarela memasukkan data akunnya.

Contohnya, pernahkah kamu menerima pesan koin generator atau pulsa gratis, paket data gratis, dan sejenisnya yang intinya memberikan iming-iming suatu keuntungan? Setelah kamu menekan link-nya, kamu akan dibawa ke halaman yang dibuat sedemikian rupa sehingga kamu sulit membedakannya dengan yang asli. Ketika kamu login, kamu justru akan dibawa lagi ke halaman yang serupa dan ini biasanya barulah halaman asli.

Misalnya, aku dulu membuat sebuah web phishing pulsa gratis. Lalu mengirim ke teman, dia kemudian menekan link tersebut dan pergi ke halaman yang sama persis dengan laman Twitter. Setelah itu dia login, nah setelah sampai di tahap ini maka data loginnya akan otomatis tersimpan di web phishing kita, dia kemudian diarahkan ke laman login Twitter yang asli. Hasilnya? aku mendapat akunnya dan dia tidak dapat apa-apa.

Nah itu pengalamanku mencoba web phishing, tapi itu sekedar latihan karena kemudian akunnya ku kembalikan.

Lalu bagaimana jika hal itu dilakukan dengan tujuan jahat? Tentu akun tsbt sudah berhasil dihack dan diambil alih.

Tips untuk bagian ini, jangan mudah tergiur akan sesuatu. Selalu ragukan hal yang “too good too be true”. Kemudian selalu perhatikan link yang diberikan, jangan asal menekan link karena semakin canggih zaman, cara meretas akun untuk kejahatan juga semakin canggih. Link web phishing biasanya sangat terlihat jelas dari url-nya. Misalnya laman Twitter resmi itu di twitter.com, laman web phissing bisa berupa www.twiiterr.com atau logintwitter.com, ataupun sejenisnya. Ragukan juga website yang sudah diperpendek dengan pemendek url, karena itu bisa jadi salah satu cara untuk menyamarkannya.

2. Penggunaan aplikasi pihak ketiga yang tidak aman

Hampir serupa dengan di atas, pernahkah kamu menggunakan suatu aplikasi lalu aplikasi itu meminta akses ke akun kamu? Coba pahami dan pelajari syarat dan ketentuannya, karena bisa saja akun kamu telah diretas oleh aplikasi pihak ketiga itu.

Misalnya, kamu buka website penambah followers. Kamu lalu dibawa ke laman authorize app, coba pahami apa saja yang tertulis. Biasanya ketika kamu menekan menu authorize app, kamu mengizinkan aplikasi itu untuk: membaca cuitan dari linimasamu, melihat siapa yang kamu follow dan melakukan follow sendiri, mengupdate profilmu, bahkan menulis cuitan.

Hal yang perlu dipahami dalam era IoT adalah, pahami dulu syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan sampai kita bernasib sial karena kelalaian kita sendiri. Dan jangan mudah percaya serta tergiur akan penawaran-penawaran dengan syarat memberikan akses ke akunmu.


Itu dia penjelasan tentang cara-cara apa saja yang bisa kamu lakukan jika akun Twitter kamu diretas. Semoga penjelasan di artikel ini bisa membantu kamu.

Sekian dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Admin note: Proses diatas terlihat sangat mudah, itu karena penulis mencoba prosesnya diakun yang normal (tidak benar2 dihack).

Proses aslinya dilapangan aku rasa tidak akan semudah itu. Jujur, aku sendiri belum cobain proses pemulihan diatas, tapi dari pengalamanku memulihkan akun facebook yang kena hack, prosesnya tidak simpel, dan bahkan lebih sering gagalnya dari pada suksesnya.

Dari segi langkah-langkah yang dijelaskan penulis, penulis mengacu kehalaman support twitter, jadi cara yang dijelaskan sudah benar dan bisa dijadikan acuan.

Selain itu, aku harap teman-teman yang sukses mendapatkan kembali akunnya, untuk memberikan penjelasan tambahan dikolom komentar terkait proses pemulihan yang kalian lewati.

Tinggalkan komentar