Cara mengirim pesan chat whatsapp tanpa menyimpan nomor

Jika kalian pengguna whatsapp, tentu kalian tahu bahwa Whatsapp merupakan sebuah aplikasi chatting yang  menggunakan nomor telpon sebagai akun atau usernamenya.

Jika kalian ingin menggunakan whatsapp, maka kalian harus terlebih dahulu memasukkan nomor telpon serta memverifikasi nomor telpon yang kalian gunakan tersebut.

Begitu juga jika kalian ingin mengirimkan pesan ke seseorang. Kalian perlu tau nomor telepon tujuan kalian untuk bisa mengirim pesan chat di whatsapp.

Normalnya, ketika kalian ingin mengirim pesan ke seseorang di whatsapp, kalian perlu menyimpan nomor orang tersebut dikontak. Tapi ternyata banyak diantara kita yang merasa hal ini merepotkan.

Disini penulis akan menjelaskan bagaimana cara chat whatsapp tanpa perlu menyimpan nomor tujuan kita ke kontak. Fitur ini sebenarnya disediakan langsung oleh pihak whatsapp, tapi memang tidak “keliatan” di aplikasinya.

Mengirim pesan whatsapp dengan fitur WA.ME

Fitur link wa.me ini intinya adalah membuat link yang bisa diklik untuk langsung mengarah kehalaman chat dengan nomor tujuan tsbt.

Fitur link wa.me adalah fitur resmi dari whatsapp. Penjelasan fiturnya ada dihalaman support whatsapp ini https://faq.whatsapp.com/id/android/26000030/

Berikut cara melakukannya.

1. Buka tab baru di browser kalian sekarang.

2. Dihalaman address bar, ketik wa.me/nomortujuan. Sebagai contoh, jika nomor tujuan adalah 082133334444, maka link wa.me adalah wa.me/6282133334444. Pastikan mengganti nol diawal, dengan kode 62 (kode negara indonesia).

3. Kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Tap tombol “message”.

4. Kalian akan dibawa kehalaman chat dengan pengguna tsbt diaplikasi whatsapp kalian.

Kirim pesan tanpa simpan nomor berhasil

5. Selesai. Kalian sudah bisa mengirim pesan ke pengguna tsbt seperti biasa.

Mengirim pesan whatsapp dengan aplikasi “klik untuk chat”

Aplikasi ini fungsinya sama dengan link wa.me tadi. Jadi fungsinya jika kalian malas mengetikkan wa.me dibrowser kalian, bisa gunakan aplikasi dibawah ini.

Ada banyak aplikasi yang menyediakan fungsi ini. Aplikasi-aplikasi tsbt juga tergolong ringan, karena fungsinya yang sangat simpel tadi.

Penulis sendiri tidak menyarankan penggunaan aplikasi, karna justru lebih ribet harus install aplikasi dulu. Tapi, disini tetap dibahas, karena siapa tau ada yang ingin coba.

Disini kita gunakan aplikasi “klik untuk chat” yang bisa kalian dapatkan di playstore.

Berikut caranya.

1. Install dan buka ke aplikasi “klik untuk chat” tsbt.

masuk ke aplikasi "klik untuk chat"

2. Masukkan kode negara dulu. Jika kalian di Indonesia, kalian bisa masukkan 62. Setelah itu nomor telpon tujuan kalian (tanpa nol didepannya). Jadi kalau nomornya 082133334444 masukkan saja 82133334444. Jika sudah, tap “BUKA”.

lalu tap buka

3. Pilih aplikasi whatsapp kalian.

MAsukkan Nomor Telpon

4. Kalian akan dibawa kehalaman chat seperti dibawah.

Kirim pesan tanpa save omor berhasil

5. Selesai. Kalian sudah bisa chatting seperti biasanya.

Bagaimana kalau gagal dan nomor tidak ditemukan?

Kalau kalian gunakan cara pertama, pastikan bahwa kalian menggunakan nomor yang benar, atau format juga sudah benar. Kalian perlu gunakan kode 62 sebagai kode negara untuk menggantikan angka 0 diawal nomor HP tsbt.

Selain itu, jika kalian coba sembarang nomor, bisa jadi nomor tersebut belum terdaftar di whatsapp. Jadi sekali lagi, pastikan nomornya bener, dan terdaftar. Itu aja sih.


Itulah cara mudah mengirim pesan whatsapp tanpa harus menyimpan nomor, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis dikolom komentar.

Sekian dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar