Cara menonaktifkan autentikasi dua faktor Facebook

Halo pembaca setia bukugue. Pada artikel lalu, aku sudah menulis apa itu autentikasi dua faktor dan bagaimana cara mengaktifkannya. Kali ini aku akan jelaskan bagaimana menonaktifkan fitur ini.

Mungkin setelah mencoba fiturnya kamu merasa proses login menjadi lebih ribet, mengingat ada dua proses yang harus dilewati tiap kali login di perangkat baru.

Jika kamu yakin akun facebookmu tidak akan kena hack, atau misalnya akunnya tidak terlalu penting menurutmu, maka tidak masalah menonaktifkan fitur ini. Saranku, jika akunnya cukup “penting”, kamu sebaik mempertahankan fitur ini walaupun login diperangkat baru jadi sedikit lebih ribet.

Ok, jika kamu sudah yakin dan tetap ingin menonaktifkan fitur autentikasi dua faktor ini, simak langkah-langkah-langkah dibawah.

1. Login akun Facebook kamu.
2. Kemudian tekan “ikon garis tiga” di kanan atas untuk memunculkan menu.

tap menu hamburger

3. Setelah itu gulir layar ke bawah sampai ada menu “pengaturan dan privasi”, buka menu-nya setelah itu pilih menu “pengaturan”.

4. Kamu akan dibawa kehalaman pengaturan seperti dibawah ini, gulir kebawah dan cari menu “keamanan dan login”.

cara menonaktifkan autentikasi dua faktor facebook

5. Setelah itu gulir dan cari menu “gunakan autentikasi dua faktor”. Tap menu tsbt.

cara menonaktifkan autentikasi dua faktor facebook

6. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Disini kamu bisa menonaktifkan fitur autentikasi dua faktor tsbt dengan menekan tombol “Nonaktifkan” seperti pada gambar.

cara menonaktifkan autentikasi dua faktor facebook

7. Lalu kamu akan diminta untuk mengkonfirmasikan hal ini, tekan tombol biru “Nonaktifkan” untuk mengkonfirmasikan penonaktifan fitur ini.

cara menonaktifkan autentikasi dua faktor facebook

8. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan password akun facebook kamu. Isi passwordnya setelah itu tekan “Lanjutkan”

cara menonaktifkan autentikasi dua faktor facebook

9. Selesai. Fitur autentikasi dua faktor kamu sudah berhasil dinonaktifkan.

Kamu tidak akan diminta lagi untuk memasukkan kode 6 digit baik melalui SMS atau aplikasi autentikasi.

Sekali lagi aku ingatkan, jika kamu tipe pengguna internet yang masih awam, menonaktifkan fitur ini bisa membuat kamu lebih rentan terkena pembajakan akun facebook.

Saranku, baca metode hacking yang biasa dipakai untuk menghack akun facebook disini bukugue.com/cara-hack-facebook/, agar kamu tidak mudah kena “jebakan” para hacker. Kasus pembajakan akun, kebanyakan menargetkan pengguna yang masih awam di dunia internet.

Sekilas kita sering menganggap bahwa akun facebook kita tidak terlalu penting, data-datanya tidak terlalu penting, kalau hilang pun tidak terlalu masalah buat kita. Tapi yang kita tidak sadari, jika sampai akunnya diambil hacker, kerugiannya bisa banyak sekali.

Dari beberapa laporan pengguna diblog ini, ada yang akunnya digunakan untuk menyebarkan “p*rnographi”, ada juga yang dipakai buat penipuan, ada yang dipakai untuk meminjam uang, dll.


Okay, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca sampai akhir. Bye

Tinggalkan komentar