Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3)

Hai para pembaca budiman. Semoga senantiasa sehat selalu ya.

Dalam sehari pasti lebih dari 10x kamu membuka WA bukan? chatting, belajar online, bekerja online, atau hanya sekedar pantau group penting yang ada di WA kamu.

Sangking seringnya buka aplikasi WA. Kamu pernah ngerasa bosen gak kalau dering notifikasi WA yang itu–itu saja? Sebenarnya ada pengaturan default WA untuk mengganti nada dering, baik itu notifikasi untuk call (panggilan masuk) maupun message (pesan masuk) dengan nada pilihan kesukaan kamu.

Dibawah ini akan dibahas bagaimana melakukan hal tsbt. Langsung saja tanpa panjang lebar kita akan bahas satu persatu.

Hal yang perlu kamu ketahui

Di WhatsApp ada pengaturan notifikasi umum yang berlaku untuk seluruh chat dan grup, ada juga pengaturan khusus yang berlaku untuk chat atau grup chat tertentu. Jadi disini yang akan kita bahas adalah pengaturan notifikasi umum.

Jika kamu tertarik untuk pengaturan notifikasi khusus tsbt, bisa baca laman bukugue.com/mengganti-nada-dering-whatsapp-untuk-orang-atau-grup/.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, disini kamu juga perlu tau, untuk proses mengganti nada dering WhatsApp itu sangat simpel, tapi jika ingin menggantinya dengan lagu maka prosesnya jadi ribet. Disini kita akan bahas dari yang simpel dulu.

Cara mengganti nada dering di WhatsApp (umum)

Disini aku akan jelaskan proses mengganti nada dering WhatsApp dengan nada default yang tersedia di aplikasi WhatsApp. Proses ini sama untuk semua HP. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi WhatsApp kamu, tap ikon titik tiga dipojok kanan atas.

Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3) 1

2. Pilih menu “Setelan”. Selanjutnya masuk ke menu “Notifikasi”

3. Dihalaman notifikasi inilah kita akan atur nada notifikasi pesan, notifikasi grup, dan nada dering panggilan.

4. Disini aku akan atur nada dering panggilan terlebih dahulu, jadi tap di menu “Nada dering”

Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3) 11

5. Selanjutnya akan muncul pilihan nada dering, pilih salah satu. Misalnya disini aku pilih “Beat box Android”. Setelah itu tap “Oke” untuk menyimpan.

6. Kamu bisa lihat disini nada dering panggilan sudah berubah menjadi “Beat Box Android”.

Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3) 17

7. Selanjutnya kamu tinggal ulangi langkah 5 tadi untuk nada notifikasi pesan ataupun nada notifikasi grup.

Cukup jelas ya disini. Nah sekarang kita akan masuk kebagian yang agak sulit yaitu “Mengganti nada dering WA dengan MP3 atau Lagu”. Tidak sulit sebenarnya, tapi proses agak lebih panjang, dan bisa berbeda antar ponsel.

Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan MP3 (Lagu/suara rekaman/suara google/dll)

Seperti yang kamu tau, nada default yang tersedia di WhatsApp itu terbatas, dan biasanya nadanya simpel-simpel saja, seperti bunyi bell, dll.

Nah jika kamu ingin menggunakan nada sendiri, misalnya lagu, atau rekaman suara kamu, suara google, atau voice note dari gebetan sebagai nada dering, maka prosesnya jadi lebih panjang.

Sebagai gambaran, berikut prosesnya.

  1. Siapkan file suara/lagu/nada dalam format MP3.
  2. Pasang file MP3 tadi sebagai nada dering WhatsApp

Cukup simpel prosesnya, cuma yang menyulitkan adalah, prosesnya bisa berbeda tergantung HP yang kamu gunakan. Ok, langsung saja kita mulai, aku tidak ingin kamu bingung sekarang, jadi langsung saja kita bahas prosesnya satu persatu, nanti kamu akan paham apa yang aku maksud disini.

Artikel Lainnya :  Cara Mengganti Background Layar Utama WhatsApp

Step 1: Siapkan file suara/lagu/nada dalam format MP3.

Buat yang belum tau, format MP3 adalah format untuk file suara yang paling populer saat ini. Ada banyak format lain untuk audio, tapi sekali lagi disini kita butuh file audio/suara dengan format MP3 biar seragam.

Jika kamu butuh lagu misalnya, kamu bisa cari di youtube dan ambil audionya dengan cara yang dijelaskan disini bukugue.com/cara-download-video-youtube-jadi-mp3/. Jadi kamu bisa cari official musik video atau cover, lalu download audionya dalam format MP3.

Alternatif lainnya kamu juga bisa search di google untuk download lagu yang kamu butuhkan. Ada banyak situs-situs download lagu baik yang legal ataupun tidak legal.

Untuk lagu-lagu populer biasanya tidak bisa didownload bebas, jadi cukup gunakan untuk kepentingan sendiri dan jangan disebar-sebar. Untuk download yang legal, biasanya hanya tersedia ditempat tertentu, dan biasanya lagu yang bisa didownload gratis itu terbatas.

Kamu juga bisa gunakan audio lain selain lagu, misalnya yang sempat trend belum lama ini adalah menggunakan audio suara google. Berikut contoh file suara google tsbt.

Kamu juga bisa gunakan voice note dari gebetan atau voice note lucu-lucuan dari teman kamu sebagai nada dering. Yang terpenting adalah menyimpannya dalam format MP3. Di blog ini juga sudah dijelaskan terkait hal tsbt disini bukugue.com/menyimpan-voice-note-whatsapp-jadi-mp3/

Cukup jelas ya disini, intinya disini kamu siapkan file MP3 dan simpan di folder yang jelas. Misalnya folder download di HH kamu. Setelah itu barulah lanjut ke langkah berikutnya.

Step 2: Memasang file MP3 tadi sebagai nada dering WhatsApp

Sebelum aku jelaskan bagaimana cara memasangnya, kamu perlu tau, bahwa ada perbedaan antara satu ponsel dengan ponsel lainnya.

Disini kita hanya akan bahas ponsel Android saja. Untuk ponsel Android sendiri, ada banyak jenis dan merk ponsel kan ya. Setiap merk (seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dll), memiliki varian Android yang berbeda.

Seperti misalnya antarmuka android Oppo adalah ColorOS, Samsung dengan One UI (versi teranyar, sebelumnya ada Touchwiz dan Samsung Experience) , Xiaomi dengan android MIUI-nya, infinix dengan XOS-nya, dll. Semuanya sama-sama Android, versi Androidnya pun bisa sama, tapi tiap vendor memodifikasi base Android sesuai kebutuhan mereka.

Jadi walaupun sama-sama Android 8 misalnya, beda merk HP, beda tampilan antarmuka-nya. Nah, itulah alasan kenapa proses pengaturannya bisa berbeda.

Disini aku memiliki 4 sample HP dengan macam OS android yang berbeda yakni HP Infinix, Xiaomi, Vivo dan Samsung. Ko cuma itu doank HP-nya? Hehe gak ada hp lain lagi guys.

Jadi kamu perlu menyesuaikan saja mana cara yang lebih tepat digunakan di HP kamu. Dari segi pengaturan di WhatsApp-nya tidak jauh berbeda, perbedaannya adalah di proses menambahkan lagu/audionya ke daftar pilihan nada dering tsbt. Ada ponsel yang bisa langsung menambahkan file MP3 tadi dari pengaturan WhatsApp langsung, ada juga yang menu “Add ringtone”-nya tidak ada, jadi perlu diakali dengan cara lain.

Langsung saja, berikut aku bahas dari yang paling mudah.

A. Memasang file MP3 sebagai nada dering WA di HP Infinix, OPPO dan HP program Adroid One

Dicara yang pertama ini, menu menambahkan nada dering-nya ada. Jadi ini yang paling mudah. Disini aku menggunakan ponsel Infinix smart 4.

Admin : Aku pakai ponsel Xiaomi MI A1, dan caranya sama dengan penjelasan mba Nisa dibawah. Mi A1 pakai base android (program android one). Ada banyak ponsel program ini, bisa cek disini listnya.

Artikel Lainnya :  Status video di whatsapp tidak ada suara? Ini solusinya

1. Buka aplikasi WhatsApp kamu. Tap “ikon titik tiga” dipojok kanan atas untuk memunculkan menu.

Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3) 19

2. Kemudian pilih menu “setelan” atau “settings

Cara mengganti nada dering Whatsapp

3. Dihalaman setelan ini pilih dan tap menu “Notifikasi”.

Cara mengganti nada dering Whatsapp

4. Dihalaman setelan notifikasi ini ada pengaturan terkait notifikasi pesan, group dan panggilan/telepon. Sebagai contoh disini aku akan mengganti nada dering untuk panggilan saja. Jadi disini tap menu “Nada dering” dibawah pengaturan “Panggilan”

Cara mengganti nada dering Whatsapp

5. Setelah itu akan muncul pilihan nada dering seperti dibawah ini. Kamu bisa pilih salah satu, namun jika lagu/suara yang ingin kamu pakai tidak ada disana, tap menu “Tambahkan nada dering”.

Cara mengubah nada dering wa

6. Setelah itu kamu akan dibawa ke file manager seperti dibawah ini. Buka folder penyimpanan lagu, lalu pilih lagu yang sudah kamu siapkan tadi.

Cara mengubah nada dering wa

7. Setelah kamu pilih lagu, kamu akan otomatis dibawa kembali kehalaman pemilihan nada dering sebelumnya, disini bisa terlihat lagu yang kamu tambahkan. Pilih saja lagu nya. Kemudian tekan “ok”.

Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3) 26

8. Selesai. Sampai disini kamu sudah berhasil mengubah nada dering panggilan WhatsApp kamu.

Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3) 28

Ulangi proses diatas untuk pengaturan nada dering grup ataupun pesan chat.

FYI, kalau kamu menggunakan HP Oppo dengan android ColorOS, cara mengganti nada dering WA-nya hampir sama dengan cara diatas. Hanya saja jika di Oppo pada langkah 5, menunya adalah “pilih dari file” bukan “Tambahkan nada dering”. Setelah di-tap, langsung menuju folder yg berisi musik/ringtone. Jadi bisa dibilang kurang lebih sama prosesnya.

b. Memasang file MP3 sebagai nada dering WA di HP Xiaomi (MIUI)

Disini aku menggunakan Xiaomi Redmi S2 dengan antarmuka MIUI. Mengganti nada dering WA pada HP ini pun gak jauh beda sama yang sudah aku jelaskan. Tampilan tujuan dan opsi tindakan nya saja yang sedikit berbeda.

Untuk langkah no.1-4 sama seperti cara di atas.

Cara mengganti nada dering Whatsapp

5. Disini setelah tap menu “Nada dering”, akan muncul pilihan menu seperti dibawah ini. Disini pilih ikon “tema”. Kenapa pilih tema dan bukan file manager atau musik? Nanti aku jelaskan dibawah ya, jadi simak saja dulu langkahnya. Oke.

Cara mengganti nada dering Whatsapp

6. Setelah masuk ke pengaturan Tema HP, tekan ikon “profil/orang” di pojok kanan bawah. Kemudian pilih “nada dering.”

7. Selanjutnya di halaman “Nada dering” pilih tanda plus “+” yang artinya menambahkan nada dering baru. Kemudian dihalaman pilih nada, pilih “file manager”.

8. Pilih lagu/nada pilihan yang sudah kamu siapkan. Sampai ada tanda “centang”, kemudian “oke” pada bagian bawah.

Cara mengganti nada dering Whatsapp

9. Nah nada tersebut sudah masuk list nada dering, tekan “terapkan”, kemudian “oke”.

10. Selesai, lagu atau nada pilihan kamu sudah berhasil menjadi nada dering panggilan di WhatsApp.

Nah diatas tadi, dilangkah 5 aku minta pilih “tema”, bukan musik ataupun file manager. Ini karena dari pengalamanku, jika pilih hal tsbt, nada dering-nya suka berubah sendiri ke nada default. Jadi untuk mengatasinya adalah jangan pilih nada dering pada folder musik atau file manager. Hanya melalui “tema” saja. Seperti langkah yang aku jelaskan di atas.

c. Memasang file MP3 sebagai nada dering WA di HP VIVO

VIVO sendiri menggunakan android bernama funtouch OS. Apakah semua ponsel VIVO pakai varian Android yang sama, aku sendiri tidak bisa memastikan, tapi jika dilihat dari situs resmi mereka, sepertinya ini memang yang mereka gunakan.

Berikut langkah-langkah mengganti nada dering WhatsApp di ponsel Vivo. Disini aku menggunakan HP Vivo V5s ya.

Nah, kalau di HP Vivo, tidak ada pilihan untuk menambahkan file Audio MP3. Jadi disini kita perlu menambahkan file MP3-nya ke folder “ringtone” agar terdeteksi di pengaturan WhatsApp-nya.

Artikel Lainnya :  14 Tips dan trik whatsapp ini mungkin belum pernah kamu coba

1. Buka aplikasi “Pengelola File” atau “File manager” kamu . Cari file audio MP3 yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Disini aku buka folder “musik” karena aku menggunakan lagu yang disimpan disana.

2. Setelah dapat lagu-nya, tekan dan tahan di lagu tsbt, lalu pilih menu “salin” untuk men-copy lagu tsbt.

3. Selanjutnya balik lagi ke halaman awal file manager kamu. Lalu buka menu “Semua file” untuk bisa melihat semua file dan folder di memori penyimpanan tsbt. Setelah itu masuk ke folder “Ringtones” di memori internal. Paste atau tempel lagu tersebut dalam folder “Ringtones” tsbt.

4. Jika sudah, barulah buka aplikasi WhatsApp kamu. Selanjutnya masuk ke menu “Setelan”, pilih menu “notifikasi”, lalu pilih menu “Nada dering”. (Proses ini sama dengan langkah no.1-4 yang sudah dijelaskan sebelumnya)

5. Disini kamu akan melihat daftar nada dering yang tersedia. Jika kamu mengikuti prosesnya dengan benar, kamu akan melihat “lagu” yang kamu copas ke folder “RIngtones” tadi disini. Setelah itu pilih saja lagu tersebut, kemudian tekan “oke”.

Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3) 47

6. Ok berhasil. Suara atau lagu yang kamu pilih, sudah menjadi nada dering WA.

Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3) 49

Sekali lagi, aku belum tes di HP Vivo tipe yang lain, tapi sepertinya hampir semuanya sama seperti di atas, mengingat jenis antarmuka-nya sama-sama funtouch OS.

d. Memasang file MP3 sebagai nada dering WA di HP Samsung

Disini aku menggunakan HP Samsung Galaxy A20 dengan One Ui. Untuk ponsel Samsung model lama, kamu bisa saja tidak pakai One Ui, tapi samsung experience, atau bahkan TouchWiz.

Jadi untuk teman-teman yang pakai One UI, bisa langsung praktek. Sedangkan yang pakai OS versi lama-nya, cukup jadikan ini sebagai acuan. Aku sendiri tidak tau seberapa berbeda tampilan dan pengaturannya dengan yang versi lama.

Yuk langsung saja simak caranya:

1. Buka pengaturan telepon. Pilih menu “suara dan getar”.

Cara mengubah nada dering whatsapp

2. Dihalaman ini pilih menu “nada dering”. Jika dual sim, pilih saja “SIM 1”.

2. Kemudian tekan “ikon plus (+)” di pojok kanan atas. Lalu pilih nada dering yang sudah kamu siapkan. Lalu tekan “selesai”.

3. Sampai disini kita sudah berhasil menambahkan file MP3 lagu tadi kedalam daftar pilihan nada dering.

Jika kamu buka setelan nada dering WhatsApp, seharusnya lagu tadi sudah ada di pilihan nada dering yang tersedia.

Lagu sudah masuk ke pilihan nada dering di WhatsApp
Lagu sudah masuk ke pilihan nada dering WhatsApp

Masalah yang mungkin muncul dan cara mengatasinya

Ada beberapa masalah yang aku temui saat menulis artikel ini, mungkin sebagian dari kamu juga mengalami masalah yang sama, nah diantaranya sebagai berikut.

  1. Lagu pilihan tidak ada di pengaturan pilihan nada WA.
  2. Sudah ganti nada dering tapi tiba-tiba berubah ke nada default.

Untuk solusi dari masalah pertama, pastikan kamu sudah berhasil menempel (paste) lagu pilihan kamu di folder “ringtones” yang berada didalam memori internal. Nah jika tidak ada folder ringtones, bisa coba cari folder “Notification” dan paste lagu-nya disana.

Sedangkan untuk masalah yang kedua, aku temukan di ponsel Xiaomi. Untuk mengatasinya juga sudah aku jelaskan dibagian akhir pembahasan terkait ponsel Xiaomi diatas.


Ok sampai disini dulu artikel kali ini, kalau ada hal yang ngga work sewaktu kamu coba, atau ada cara lain selain dari yang sudah aku jelaskan, Silahkan jelaskan di kolom komentar dibawah ya.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca sampai akhir. Semoga bermanfaat.

Terakhir di review dan di update tanggal 30 September 2021 oleh Admin.

27 pemikiran pada “Cara mengganti nada dering WhatsApp (bisa dengan lagu/mp3)”

    • hehehe.. thanks mas..

      ini penulisnya yang keren kok, kemarin aku minta tulis komprehensif dan si mbanya memang nambahin research/testing lebih banyak supaya tulisannya bener2 lengkap..

  1. Makasih bang..
    Tadinya bingung banget di vivo ga ada pilihan nambah lagu..
    Tp pas ngikutin cara abang akhirnya berhasil
    Makasih banget
    Infonya sangat bermanfaat🙏

    Balas
  2. Ka hp vivo aku file ringtone dan yg ga penting gtu aku apus, kukira itu ga penting 😭 Trs aku kudu paste dimana ka biar bisa pnya nada dering di whatsapp :”( mohon bantuannya ya kaa

    Balas
    • folder ringtones nya dihapus mba? kalau iya, mba tinggal buat folder baru, dan kasih nama “Ringtones” harusnya bisa..

Tinggalkan komentar