Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu

Hai para pembaca budiman. Semoga senantiasa sehat selalu ya.

Dalam sehari pasti lebih dari 10x kamu membuka WA bukan? belajar online, bekerja online, atau hanya sekedar pantau group penting yang ada di WA kamu.

Sangking seringnya buka aplikasi WA. Kamu pernah ngerasa bosen gak kalau dering notifikasi WA yang itu–itu saja? Sebenarnya ada pengaturan default WA untuk mengganti nada dering, baik itu notifikasi untuk call (panggilan masuk) maupun message (pesan masuk) dengan nada pilihan kesukaan kamu.

Dibawah ini akan dibahas bagaimana melakukan hal tsbt.

Oh iya, jika kamu ingin mengubah nada dering dengan lagu pilihan kamu, kamu sudah harus mempersiapkan lagu/nada yang akan kamu gunakan untuk nada dering WA. Biasanya lagu tsbt memiliki format MP3.

Hal yang perlu di pahami

Sebelum aku jelaskan bagaimana cara mengganti ringtone tadi, kamu perlu tau, bahwa ada perbedaan antara satu ponsel dengan ponsel lainnya.

Disini kita hanya akan bahas ponsel Android saja. Untuk tipe ponsel Android sendiri, ada banyak jenis dan merk ponsel kan ya. Setiap merk (seperti samsung, xiaomi, oppo, dll), memiliki varian android yang berbeda.

Seperti misalnya antarmuka android Oppo adalah ColorOS, Samsung dengan One UI, Xiaomi dengan android miui-nya, infinix dengan XOS-nya, dll. Semuanya sama-sama android, tapi tiap vendor memodifikasi Base android sesuai kebutuhan mereka.

Jadi walaupun sama-sama Android 8 misalnya, beda merk HP, beda tampilan antarmuka-nya. Nah, itulah alasan kenapa pengaturan tampilan nada dering WA bisa berbeda-beda.

Di artikel ini, aku akan berikan beberapa contoh cara mengganti nada dering dari beberapa tipe HP yang memiliki antarmuka Android yang berbeda.

Cara mengganti nada dering di WhatsApp

Disini aku memiliki 4 sample HP dengan macam OS android yang berbeda yakni HP Infinix, Xiaomi, Vivo dan Samsung.

Ko cuma itu doank HP-nya? Hehe gak ada hp lain lagi guys.

Jadi kamu perlu menyesuaikan saja mana cara yang lebih tepat digunakan di HP kamu. Dari segi pengaturan di WhatsApp-nya tidak jauh berbeda, perbedaannya adalah di cara menambahkan lagunya.

Ada ponsel yang bisa langsung menambahkan lagi dari WhatsApp, ada juga yang menu “Add ringtone”-nya tidak ada, jadi perlu diakali dengan cara lain.

Dicara yang pertama ini, menu menambahkan nada dering-nya ada. Jadi ini yang paling mudah. Disini aku menggunakan ponsel Infinix smart 4.

Admin : Aku pakai ponsel Xiaomi MI A1, dan caranya sama dengan penjelasan mba nisa dibawah. Mi A1 pakai android murni (program android one), bukan antarmuka miui seperti ponsel xiaomi pada umumnya.

1. Buka aplikasi WhatsApp kamu. Tap “ikon titik tiga” dipojok kanan atas untuk memunculkan menu.

2. Kemudian pilih menu “setelan” atau “settings

Cara mengganti nada dering Whatsapp

3. Dihalaman setelan ini pilih dan tap menu “Notifikasi”.

Cara mengganti nada dering Whatsapp

4. Dihalaman setelan notifikasi ini ada pengaturan terkait notifikasi pesan, group dan panggilan/telepon. Sebagai contoh disini aku akan mengganti nada dering untuk panggilan saja. Jadi disini tap menu “Nada dering” dibawah pengaturan “Panggilan”

Cara mengganti nada dering Whatsapp

5. Setelah itu akan muncul pilihan nada dering seperti dibawah ini. Kamu bisa pilih salah satu, namun jika lagu/suara yang ingin kamu pakai tidak ada disana, tap menu “Tambahkan nada dering”.

Cara mengubah nada dering wa

6. Setelah itu kamu akan dibawa ke file manager seperti dibawah ini. Buka folder penyimpanan lagu, lalu pilih lagu yang sudah kamu siapkan tadi.

Cara mengubah nada dering wa

7. Setelah kamu pilih lagu, kamu akan otomatis dibawa kembali kehalaman pemilihan nada dering sebelumnya, disini bisa terlihat lagu yang kamu tambahkan. Pilih saja lagu nya. Kemudian tekan “ok”.

8. Selesai. Sampai disini kamu sudah berhasil mengubah nada dering panggilan WhatsApp kamu.

Ulangi proses diatas untuk pengaturan nada dering grup ataupun pesan chat.

FYI, kalau kamu menggunakan HP Oppo dengan android ColorOS, cara mengganti nada dering WA-nya hampir sama dengan cara diatas. Hanya saja jika oppo pada langkah no.5 menunya adalah “pilih dari file” bukan “Tambahkan nada dering”. Setelah di-tap, langsung menuju folder yg berisi musik/ringtone.

Untuk pengguna HP Xiaomi dengan miui

Sebagian produk xiaomi mengikuti program Android one, dimana Android yang dipakai adalah android murni dan belum di modifikasi. Namun sebagian besar memang menggunakan MIUI.

Disini aku menggunakan Xiaomi Redmi S2. Mengganti nada dering WA pada HP ini pun gak jauh beda sama yang sudah aku jelaskan. Tampilan tujuan dan opsi tindakan nya saja yang sedikit berbeda.

Untuk langkah no.1-4 sama seperti cara di atas.

Cara mengganti nada dering Whatsapp

5. Disini setelah tap menu “Nada dering”, akan muncul pilihan menu seperti dibawah ini. Disini pilih ikon “tema”. Kenapa pilih tema dan bukan file manager atau musik? Nanti aku jelaskan dibawah ya, jadi simak saja dulu langkahnya. Oke.

Cara mengganti nada dering Whatsapp

6. Setelah masuk ke pengaturan Tema HP, tekan ikon “profil/orang” di pojok kanan bawah. Kemudian pilih “nada dering.”

7. Selanjutnya di halaman “Nada dering” pilih tanda plus “+” yang artinya menambahkan nada dering baru. Kemudian dihalaman pilih nada, pilih “file manager”.

8. Pilih lagu/nada pilihan yang sudah kamu siapkan. Sampai ada tanda “centang”, kemudian “oke” pada bagian bawah.

Cara mengganti nada dering Whatsapp

9. Nah nada tersebut sudah masuk list nada dering, tekan “terapkan”, kemudian “oke”.

10. Selesai, lagu atau nada pilihan kamu sudah berhasil menjadi nada dering panggilan di WhatsApp.

Nah diatas tadi, dilangkah 5 aku minta pilih “tema”, bukan musik ataupun file manager. Ini karena dari pengalamanku, jika pilih hal tsbt, nada dering-nya suka berubah ke default.

Jadi untuk mengatasinya adalah jangan pilih nada dering pada folder musik atau file manager. Hanya melalui “tema” saja. Seperti langkah yang aku jelaskan di atas.

Untuk pengguna HP VIVO

Vivo sendiri menggunakan android bernama funtouch OS buatan mereka sendiri. Apakah semua ponsel Vivo pakai OS yang sama, aku sendiri tidak bisa memastikan, tapi jika dilihat dari situs resmi mereka, sepertinya ini memang OS utama yang mereka gunakan.

Berikut langkah-langkah mengganti nada dering WhatsApp di ponsel vivo. Disini aku menggunakan HP Vivo V5s ya.

Nah, kalau di HP Vivo, tidak ada pilihan untuk menambahkan lagu. Jadi disini kita perlu menambahkan lagunya ke folder “ringtone” agar terdeteksi di pengaturan WhatsApp-nya.

1. Buka aplikasi “Pengelola File” atau “File manager” kamu . Cari lagu yang sudah kamu siapkan. Disini aku buka folder “musik” karena lagunya aku simpan disana.

2. Setelah dapat lagu-nya, tekan dan tahan di lagu tsbt, lalu pilih menu “salin” untuk men-copy lagu tsbt.

3. Selanjutnya adalah balik lagi ke halaman awal file manager kamu. Lalu buka menu “Semua file” untuk bisa melihat semua file di memori penyimpanan. Setelah itu masuk ke folder “Ringtones” di memori internal. Paste atau tempel lagu tersebut dalam folder “Ringtones” tsbt.

4. Jika sudah, barulah buka aplikasi WhatsApp kamu. Selanjutnya masuk ke menu “Setelan”, pilih menu “notifikasi”, lalu pilih menu “Nada dering”. (Proses ini sama dengan langkah no.1-4 yang sudah dijelaskan sebelumnya)

5. Disini kamu akan melihat daftar nada dering yang tersedia. Jika kamu mengikuti prosesnya dengan benar, kamu akan melihat “lagu” yang kamu copy-paste tadi disini. Setelah itu pilih saja lagu tersebut, kemudian tekan “oke”.

6. Ok berhasil. Suara atau lagu yang kamu pilih, sudah menjadi nada dering WA.

Sekali lagi, aku belum tes di HP Vivo tipe yang lain, tapi sepertinya hampir semuanya sama seperti di atas, mengingat jenis antarmuka-nya sama-sama funtouch OS.

Untuk pengguna HP Samsung

Disini aku menggunakan HP Samsung Galaxy A20 dengan One Ui. Untuk ponsel Samsung model lama, kamu bisa saja tidak pakai One Ui, tapi samsung experience, atau bahkan TouchWiz.

Jadi untuk teman-teman yang pakai One UI, bisa langsung praktek. Sedangkan yang pakai OS versi lama-nya, cukup jadikan ini sebagai acuan. Aku sendiri tidak tau seberapa berbeda tampilan dan pengaturannya dengan yang versi lama.

Untuk langkah-langkahnya mengganti nada deringnya, tidak jauh berbeda dengan yang sudah kita bahas diatas. Kalau nada deringnya yang ingin dipilih sudah ada di pengaturan nada dering WhatsApp, kamu bisa ikutin contoh-contoh sebelumnya.

Disini aku akan jelaskan bagaimana menambahkan lagu-nya jika lagu tsbt belum ada di-pilihan nada dering tadi.

Yuk langsung saja simak caranya:

1. Buka pengaturan telepon. Pilih menu “suara dan getar”.

Cara mengubah nada dering whatsapp

2. Dihalaman ini pilih menu “nada dering”. Jika dual sim, pilih saja “SIM 1”.

2. Kemudian tekan “ikon plus (+)” di pojok kanan atas. Lalu pilih nada dering yang sudah kamu siapkan. Lalu tekan “selesai”.

3. Selesai.

Jika kamu buka setelan nada dering WhatsApp, seharusnya lagu tadi sudah ada di pilihan nada dering yang tersedia.

Cara mengubah nada dering whatsapp
Lagu sudah masuk ke pilihan nada dering di WhatsApp

Masalah yang sering muncul dan cara mengatasinya

Ada beberapa masalah yang aku temui dalam percobaan ini atau mungkin kamu juga mengalami masalah yang sama, nah diantaranya sebagai berikut.

  1. Lagu pilihan tidak ada di pengaturan pilihan nada WA.
  2. Sudah ganti nada dering tapi tiba-tiba berubah ke nada default.

Untuk solusi dari masalah pertama, pastikan kamu sudah berhasil menempel (paste) lagu pilihan kamu di folder “ringtones” yang berada didalam memori internal.

Nah jika tidak ada folder ringtones, bisa coba cari folder “Notification” dan paste lagu-nya disana.

Sedangkan untuk masalah yang kedua, aku temukan di ponsel xiaomi. Untuk mengatasinya juga sudah aku jelaskan dibagian akhir pembahasan terkait ponsel Xiaomi diatas.


Sampai pada di penghujung artikel nih, ada beberapa tambahan informasi mengenai proses mengganti nada dering di WhatsApp.

  • Nada/lagu yang sudah kamu masukkan pada list nada dering WA tidak akan bisa hilang. Jadi, walaupun kamu sudah menghapus nada tersebut pada folder ringtones atau folder penyimpanan lainnya, maka tetap saja ada. Hal ini berlaku untuk semua cara yang sudah aku jelaskan. Jadi, tolong pastikan bahwa nada/lagu tersebut apik buat dipakai gonta-ganti nada dering wa kamu.
  • Oh ya, sebelum melakukan cara tersebut update dulu WA kamu ke versi paling baru ya, supaya berhasil mengubah nada deringnya.

Ok sampai disini dulu artikel kali ini, kalau ada halyang ngga work sewaktu kamu coba, atau ada cara lain selain dari yang sudah aku jelaskan, Silahkan jelaskan di kolom komentar dibawah ya.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca sampai akhir. Semoga bermanfaat.

4 pemikiran pada “Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu”

    • hehehe.. thanks mas..

      ini penulisnya yang keren kok, kemarin aku minta tulis komprehensif dan si mbanya memang nambahin research/testing lebih banyak supaya tulisannya bener2 lengkap..

Tinggalkan komentar