Cara mengatasi masalah notifikasi Twitter tidak muncul

Seiring waktu, berbagai media sosial di internet berkembang dan menambahkan berbagai fitur untuk kenyamanan penggunanya.

Di Twitter misalnya, kita bisa mengirim cuitan, membalas, meretweet, menyukai, hingga siaran langsung. Selain itu, di bagian privasi dan keamanan, Twitter membuat berbagai fitur untuk menjaga keamanan pengguna dari perundungan dan konten kasar.

Lalu ada lagi fitur notifikasi. Layaknya aplikasi dan media sosial lain, notifikasi bertujuan untuk memberitahu pengguna ada informasi baru yang berkaitan dengan akunnya. Namun kadang, pengguna tidak sengaja menekan sesuatu lalu lupa, mengakibatkan tidak ada notifikasi terbaru yang masuk.

Hal ini bisa saja membuat bingung, terutama pada pengguna baru yang balum tahu seluk beluk Twitter dan fungsi dari beragam fiturnya. Selain itu penyebab notifikasi tidak muncul juga bisa disebabkan berbagai hal.

Penyebab notifikasi twitter tidak muncul

Beberapa penyebab notifikasi twitter tidak muncul adalah,

  1. Pengaturan push notifikasi diaplikasi twitter mati.
  2. Pengaturan notifikasi untuk aplikasi twitter dimatikan dari system androidnya
  3. Akun tidak ter-sync dengan baik.
  4. Pengaturan terkait system di ponsel lainnya yang menyebabkan notifikasi tidak masuk.

Setelah tau beberapa masalah diatas, dari sini kita bisa ambil langkah-langkah konkrit untuk penyelesaiannya.

Ini 5 cara mengatasinya.

1. Pastikan push notification sudah aktif

Berikut caranya.

1. Ketika membuka akun Twitter, pergi ke menu pengaturan dan privasi.

2. Pilih menu notifikasi kemudian di bagian preferensi pilih menu notifikasi push.

3. Jika ternyata push notification-nya tidak aktif, tinggal aktifkan saja.

4. Setelah itu gulir ke bawah, perhatikan notifikasi apa saja yang belum aktif. Aktifkan semua yang kamu perlukan disini. Jika sudah ada tanda centang, itu artinya sudah aktif.

5. Selesai.

2. Pastikan notifikasi aplikasi twitter aktif di pengaturan ponsel

Selain pengaturan notifikasi dari aplikasi Twitter itu sendiri, ada juga pengaturan notifikasi di ponsel. Jika kamu mengatur hal yang dijelaskan di atas namun belum menerima notifikasi juga, cobalah cara berikut.

1. Pergilah ke pengaturan ponsel (setiap ponsel memiliki tampilan yang berbeda, saat ini penulis menggunakan ponsel xiaomi. Tapi secara garis besar caranya akan sama.)

2. Pergi ke menu aplikasi terinstal lalu carilah aplikasi Twitter.

3. Pilih Twitter, lalu cek di bagian notifikasinya. Jika tidak aktif, segera aktifkan.

4. Selesai.

3. Pastikan akun sudah tersinkron dengan baik

Selain beberapa cara diatas, salah satu alasan kenapa notifikasi tidak muncul bisa saja karena sinkronisasinya mati. Coba periksa sinkronisasinya dengan cara:

1. Buka pengaturan atau setelan.
2. Cari menu akun lalu ada pilih menu sinkron (kali ini saya menggunakan ponsel Xiaomi, secara garis besar setelan di ponsel lain hampir sama).

3. Cari aplikasi Twitter.

4. Periksa apakah sinkronisasinya aktif, jika sudah aktif bisa coba untuk paksa sync sekarang dengan masuk ke menu “Lainnya” lalu pilih “sinkronkan sekarang”.

5. Selesai. Pastikan juga jaringan internet tidak bermasalah, karena jika jaringan kelewat lelet, bisa jadi masalah juga saat melakukan sync.

4. Periksa power mode ponsel

Kini, hampir semua ponsel dibekali fitur power mode yang berguna untuk menjaga agar daya baterai lebih tahan lama. Dengan mengaktifkan power mode, maka semua aplikasi yang berkemampuan menguras baterai akan ditekan. Beberapa hal yang biasa ditekan demi menjaga daya baterai tahan lama adalah notifikasi, aplikasi di latar belakang, GPS, dan masih banyak lagi.

Jika kamu tidak menerima notifikasi, bisa saja karena ponsel sedang berada di mode hemat baterai. Setiap ponsel memiliki letak yang berbeda, tapi biasanya berada di menu pengaturan dan pengaturan baterai. Periksalah apakah ponsel berada di mode hemat data, jika ya, ubahlah ke mode biasa. Caranya:

1. Buka setelan lalu cari menu baterai (saat ini saya memakai ponsel Xiaomi).

2. Periksa apakah penghemat baterainya hidup, jika iya matikan saja agar notifikasi masuknya tidak terhalang.

5. Periksa apakah ada pengaturan individual lainnya yang tidak sengaja dimatikan

Selain pengaturan yang umum seperti diatas, kamu mungkin pernah mengatur sesuatu yang lebih spesifik.

Misalnya, kamu tidak menerima pemberitahuan DM dari seorang teman, sementara notifikasi lainnya masuk seperti biasa. Ini bisa jadi karena kamu mem-bisukan DM dari teman tsbt.

Ketika kamu membisukan sebuah DM maka kamu tidak akan menerima notifikasi dari orang ataupun grup tersebut selama waktu tertentu. Kamu bisa membisukan notifikasi selama satu jam, delapan jam, satu minggu, bahkan “selamanya”.

Untuk solusinya, tinggal batalkan saja pembisuan akun tersebut. Yup, sesimpel itu.

Berikut cara membatalkan pembisuan DM agar notifikasi dari DM teman tsbt bisa muncul kembali.

1. Buka DM di Twitter kamu.
2. Carilah DM yang memiliki logo lonceng dicoret di sebelah kanannya. Jika ada, berarti kamu telah membisukan notifikasi dari akun tersebut.

3. Buka DM tersebut, lalu tekan logo informasi di sudut kanan atas.

4. Kamu akan melihat menu bisukan percakapan yang aktif, tekan slider yang berada di sebelah kanannya untuk menonaktifkan fitur “Bisukan” tsbt.

5. Selesai. Kedepannya notifikasi DM dari teman tsbt akan muncul seperti biasa.


Nah, itu dia beberapa cara untuk mengembalikan notifikasi di Twitter yang tidak muncul. Semoga informasi ini membantu sehingga kamu menerima kembali notifikasi dari Twitter.

Sekian dan terima kasih. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

2 pemikiran pada “Cara mengatasi masalah notifikasi Twitter tidak muncul”

    • udh coba ikuti instruksi mereka mas? ini bisa juga ada masalah dengan aplikasinya, atau ponselnya.. coba login dihp lain, kalau pushnya bisa, artinya bener ada kendala di hp lama mas.. kendalanya bisa di perangkatnya, bisa di softwarenya..

Tinggalkan komentar