Siapa yang menyarankan pertemanan di facebook kita? kenapa?

Pernah gak ketika kamu buka facebook terus aplikasi tersebut memberikan saran yang merekomendasikan kita untuk menambahkan teman yang mungkin kita kenal? Nah fitur saran teman ini disebut “People You May Know”.

Facebook merupakan layanan jejaring social yang banyak sekali penggunanya bahkan sampai 1 miliar pengguna aktif. Separuh dari pengguna aplikasi ini biasanya mengunakan telepon genggam (smartphone).

Untuk menggunakan situs Facebook, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan situs ini. Setelah mendaftar di media social facebook, pengguna bisa membuat profil pribadi, menambahkan info tentang kamu, mengganti foto profil, menambahkan pengguna lain, dan masih banyak lagi.

Ketika kamu mengisi informasi pribadi misalnya alamat rumah, asal sekolah, perguruan tinggi atau tempat kerja biasanya facebook akan mengelompokkan data kamu dengan data yang sama oleh pengguna lain.

Nah gaes ketika kamu buka facebook, pernah gak menjumpai saran menambahkan teman oleh pihak facebook? Padahal orang tersebut kamu gak tahu? Yah walaupun terkadang saran menambahkan teman oleh facebook ada juga yang kamu kenal? Kok bisa tahu ya si Facebook? Dapet informasi dari mana coba? Siapa sebenarnya yang menyarankan pertemanan tersebut? Adakah orang dibalik itu semua?

Penasaran??? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut dibawah ini !

Fitur “People You May Know” merupakan fitur saran atau rekomendasi untuk menambahkan teman yang dilakukan oleh sistem facebook secara otomatis. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menemukan orang orang yang kamu kenal atau teman di facebook.

Saran untuk menambahkan orang yang kamu kenal berasal dari informasi yang kamu tulis di profil kamu.

Selain informasi tersebut ada juga informasi informasi lain yang di kumpulkan oleh facebook untuk menyarankan kamu menambahkan akun tersebut menjadi teman. Informasi tersebut adalah dari ;

  • Memiliki teman yang sama, atau teman bersama (mutual friends). Nah ini dia mengapa facebook menyarankan kamu untuk menambahkan akun tersebut sebagai teman atau orang yang mungkin kamu kenal. Alas an ini paling umum digunakan untuk facebook.
  • Kamu dan akun yang disarankan untuk ditambahkan menjadi teman biasanya tergabung dalam sebuah grup yang sama atau ditandai dalam unggahan foto yang sama.
  • Alasan selanjutnya adalah jaringan kamu gaes. Misalnya kamu dan akun tersebut lulusan sekolah atau universitas yang sama, atau kantor yang sama dalam bekerja.
  • Yang terakhir adalah kontak yang kamu unggah.

Itu dia gaes kenapa facebook memberikan saran untuk menambahkan akun yang mungkin orang tersebut kamu kenal.

Namun terkadang saran facebook salah, dan ada beberapa pengguna facebook yang menganggap fitur “People you may know” sangat mengganggu.

Gak usah khawatir gaes, jika saran pertemanan dengan akun tersebut bukan orang yang kamu kenal dan tidak ingin menambahkannya sebagai teman kamu tinggal hapus aja disamping nama mereka. Agar facebook tahu informasi tersebut salah dan akun tersebut tidak akan dimunculkan lagi di saran pertemanan.


Jadi fitur saran teman ini otomatis dilakukan oleh system berdasarkan algoritma tertentu yang sudah di desain oleh pihak facebook itu sendiri. Tujuannya adalah untuk memberikan rekomendasi kepada pengguna agar terjadi lebih banyak interaksi antar pengguna.

Jadi tidak ada orang lain yang menyarankan teman ke kamu, kamupun tidak bisa menyarankan teman ke pada pengguna lain. Semuanya otomatis diatur oleh system.

Gimana gaes, rasa penasaran kamu kenapa facebook bisa memberikan saran pertemanan dengan akun orang yang kamu kenal sudah terjawab kah? Hehehe kalau belum puas bisa kok tulis kritik dan sarannya di kolom komentar. Atau kalau kamu tahu informasi lain yang menjadi alasan facebook merekomendasikan teman, bisa kamu sharing biar artikel ini juga bisa mimin tambahkan informasi barunya.

Sekian artikel kali ini semoga membantu.

Terimakasih.

28 pemikiran pada “Siapa yang menyarankan pertemanan di facebook kita? kenapa?”

  1. Kenapa saran pertemanan saya tidak muncul di beranda ya.
    Kayak terkunci tapi saya cari² di pengaturan tidak ketemu.

    Balas
    • setauku memang tidak ada pengaturan untuk matiin fitur ini mas.. kalau mas ga muncul, kemungkinan info yang dimasukkan terlalu sedikit.. jadi coba tambahkan informasi seperti lokasi, sekolah, pekerjaan, dll di halaman profil mas…

    • ini kita lagi ngomongin fitur “people you may know” ya mba.. seperti yang dijelasin diatas, kalau kita dapat saran A, si A bisa saja dapat saran B, C, D.. karena mungkin untuk akun kita, system fb merasa bahwa si A relevan dan mungkin ada kaitan dengan kita, tapi untuk akun SI A, bisa jadi ada B yang lebih terkait kedia..

      jadi kalau kita dapet saran si A, si A bisa dapet saran akun kita jg, bisa juga akun orang lain.. intinya ga mesti disarankan akun kita jg…

  2. Kalo gak sesuai sama sekali dengan ada yg sudah dijelaskan di atas? Misalnya institusi gak sama, mutual friend gaad.
    Itu kenapa ya? Dan nama org yg sama selalu muncul terus menerus.
    Terima kasih

    Balas
    • ada gabung di grup yang sama? mungkin daerah tinggal sama, dll…aku sendiri ga tau spesifiknya algoritma fb terkait hal ini, tapi biasanya ada saling keterkaitan antara kita dengan yang disarankan mas..

  3. Kira2 apakah sama2 tahu,kalau sia A dapat saran teman dengan si B,apakah dengan waktu yg bersamaan si B juga dapat saran pertemanan dari si A?

    Balas
    • engga mas… ini acak..

      mas bisa saja disarankan berteman dengan si A, tapi si A bisa saja dapat saran pertemanan berisi anak kampusnya.. jadi tidak ada kaitannya harusnya..

  4. Bang aku kan gk satu sekolah,gak pernah kontak di fb dan apapun lah, knapa kok bisa direkomendasikan sma fb, penjelasan diatas gk ada ciri” nya

    Balas
    • ada lah mas.. daerah yang sama mungkin… atau gabung di salah satu grup yang sama… punya beberapa teman yang sama mungkin..biasanya selalu ada korelasinya mas…

    • Enggak jg ah.. mnurut analisa gw Saran berteman itu bs jg nmr hp dia Ada di hp Kita. Nah yg satu ini yg sering ngintip profil Kita pdhl Kita gk kenal sm skali tp d sarankan berteman. Analisa gw yg gw pelajari dia sering ngibukti yg sring intip Kita itu sllu Ada di SARAN BERTEMAN.. dia lgi ..dia lgi..

    • mnurut analisa gw Saran berteman itu bs jg nmr hp dia Ada di hp Kita

      ini benar, dan udh kita bahas diatas mas, point terakhir, terkait kontak yang diunggah…cek lagi..

      kalau masalah ngintip profil ini, menurutku ga termasuk, karena memang tidak disebutkan dalam kriteria resmi dihalaman support fb mas.. bisa cek laman ini kalau ingin lebih yakin https://www.facebook.com/help/163810437015615 .

  5. Berarti jika nama dia di sarankan di facebook saya, begitupun sebaliknya nama saya di sarankan di facebook dia?

    Balas
    • kalau mas menerima saran nama dia, dia belum tentu di beri saran nama mas..

      jadi ga bisa dipastikan apakah dia juga menerima nama mas sebagai saran.. karena bisa jadi ada orang-orang atau akun2 yang lebih relevan lagi menurut fb untuk dia..

    • Bisa jadi mba… aku ga bisa pastikan kalau ga testing langsung..

      yang jelas, kriteria yang dipakai diatas adalah kriteria yang dijelaskan langsung oleh fb dihalaman supportnya..

  6. Kl saran teman itu berarti DIA sering ngestalk kita apa gmn ya? Soalny aku juga gapernh se group ataupun nyimpen nomor dan datanya dia.

    Balas
    • diatas udh dijelasin mas… ga ada kaitannya sama ngestalk..

      ga harus se grup, diatas udh dijelasin beberapa kriteria yang dipakai fb untuk menyarankan teman..

Tinggalkan komentar