Cara mengatasi highlight Instagram yang tidak muncul

Kita selama ini tahu bahwa story Instagram hanya dapat ditampilkan selama 24 jam saja. Setelah jangka waktu tersebut, Instagram story sudah tidak dapat dilihat kembali.

Meskipun demikian, secara default story yang pernah dibuat ini akan masuk ke dalam arsip. Sehingga sewaktu-waktu kamu dapat melihat dan membagikan kembali story tadi.

Meskipun demikian, pengikut kita tidak dapat melihat story kita jika sudah lebih dari 24 jam di-upload. Karena inilah kemudian Instagram mengeluarkan fitur yang dinamakan ‘highlight.

Highlight atau sorotan merupakan salah satu fitur Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk menyematkan story yang pernah dibuat agar dapat dilihat oleh orang-orang bahkan setelah 24 jam story dibuat. Kamu dapat menyusun hightlight sesuai album yang kamu buat. Kamu juga dapat menyesuaikan sendiri cover dari highlight yang kamu buat.

Kamu dan pengikut akun Instagrammu kemudian dapat melihat sorotan ini pada halaman profilmu. Highlight akan terlihat diantara bio dan post. Namun karena suatu hal, bisa jadi sorotan Instagram tidak muncul.

Selain masalah ini, terkadang juga kamu tidak dapat meng-highlight insta storymu sendiri. Beberapa pengguna instagram mengaku ikon highlight pada insta-story nya tidak muncul.

Pernahkah kamu mengalami permasalahan seperti highlight atau sorotan insta story yang tidak muncul? Bagaimana cara mengatasi fitur sorotan Instagram yang tidak muncul? Adakah cara memunculkan sorotan di Instagram?

Dibawah akan dibahas semuanya.

Kenapa highlight Instagram tidak muncul?

Jika kamu mengunjungi profil seseorang di Instagram dan tidak menjumpai adanya sorotan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya, bisa jadi orang yang kamu kunjungi profilnya tersebut tidak memiliki dan membuat sorotan insta story. Sehingga cukup jelas mengapa sorotan Instagram tidak muncul.

Namun bagaimana jika kamu tidak menemui fitur ini pada akunmu sendiri?

Pada April tahun 2018 lalu, sebenarnya masalah hilangnya highlight Instagram ini menimbulkan banyak pertanyaan dari para pengguna Instagram hampir di seluruh dunia. Banyak dari pengguna Instagram meluapkan keluh kesahnya akan hilangnya fitur ini. Sebagian orang bahkan sempat mengira bahwa Instagram telah menghapus fitur ini.

Namun menanggapi kepanikan tersebut, pada akhirnya Instagram mengonfirmasi bahwa hilangnya fitur ini dikarenakan adanya gangguan atau bug. Sehingga Instagram untuk sementara waktu menghapus fitur highlight untuk kemudian diperbaiki. Dan seperti yang kita lihat saat ini, Instagram telah memasukkan kembali fitur ini pada aplikasinya lagi.

Selain masalah hilangnya sorotan, banyak juga pertanyaan mengenai kenapa Instagram tidak bisa meng-highlight story kita. Untuk menjelaskan permasalahan ini lebih lanjut, perhatikan kedua gambar berikut ini dan temukan perbedaannya. Apa perbedaan yang menonjol?

Pada gambar pertama, kamu dapat menjumpai fitur sorot. Sehingga kamu dapat langsung menyematkan story pada gambar pertama ini sebagai sorotan. Sedangkan untuk gambar kedua, tidak ditemukan ikon sorot. Kemudian dimana ikon sorotan Instagram?

Nah, seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa secara default Instagram akan mengarsipkan story yang pernah kita upload. Lalu apa hubungannya arsip cerita dengan fitur sorotan ini?

Pada dasarnya ikon highlight atau sorotan hanya dapat muncul pada story yang masuk ke dalam arsip Instagram. Sedangkan untuk story yang tidak disimpan sebagai arsip tidak akan muncul ikon highlight tadi, sehingga tidak dapat kita sematkan.

Maka dari itu, untuk dapat memunculkan ikon highlight ini kembali, caranya adalah dengan mengarsipkan cerita.

Lalu bagaimana caranya? Teruskan baca artikel ini ya.

Solusi pertama untuk memunculkan sorotan di Instagram

Untuk memunculkan kembali ikon sorotan di Instagram, kamu perlu menghidupkan kembali arsip otomatis pada storymu. Bagaimana langkahnya?

1. Pertama, buka halaman profilmu pada aplikasi Instagram. Buka ikon garis tiga atau menu pada ujung kanan atas tampilan layar.

buka halaman profil setelah itu tap ikon garis tiga

2. Setelah itu, buka menu pengaturan. Pada menu pengaturan, pilih “privasi”. Melalui pengaturan privasi tersebut, kamu dapat mengatur segala hal terkait komentar, tagar, cerita atau story, dan status aktivitas.

3. Pilih ‘cerita’ untuk mengubah pengaturan insta story.

buka "cerita"

4. Scroll layar hingga kamu menemukan ‘simpan ke arsip’. Pada bagian tersebut, geser slider ke arah kanan menjadi aktif. Dengan diaktifkannya arsip cerita ini, semua insta story yang telah kamu bagikan akan disimpan dalam arsip cerita.

5. Selesai.

Setelah mengaktifkan arsip cerita, coba cek kembali dengan membuat insta story baru. Maka ikon sorotan atau highlight akan muncul sehingga kamu dapat membuat highlight story lagi.

Solusi kedua untuk memunculkan sorotan di Instagram

Hi, disini admin ingin menambahkan sedikit. Barusan admin testing sendiri, karena kebetulan memang ikon highlight di bio instagram bukuguedotcom tidak muncul.

Saat mencoba ikuti langkah di solusi pertama, ternyata pengaturan arsip story sudah aktif.

Namun ikon highlight di bio tetap tidak ada.

Setelah itu, admin mencoba publish story baru. Dan alhasil highlight muncul. Dari sini admin ambil hipotesis, bahwa untuk akun baru, kebetulan akun IG bukuguedotcom adalah akun baru, dan sebelumnya belum pernah pakai fitur highlight ini, maka fiturnya akan disembunyikan.

Jadi jika akun baru, pastikan bahwa pengaturan “simpan ke arsip” sudah aktif, lalu coba aja buat story beberapa biji, dan cek kembali ke halaman bio instagram kamu. Seharusnya sudah muncul fitur highlight tsbt.


Bagaimana Bukugue readers, setelah membaca artikel ini kamu jadi tahu kan bagaimana mengatasi highlight Instagram tidak muncul?

Selamat mencoba langkahnya. Jika ada tambahan atau saran, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah. Sampai jumpa ditulisan berikutnya. 🙂

Tinggalkan komentar