Apa arti tanda bintang ungu di Twitter ?

Pada penggunaan media sosial, biasanya aplikasi akan mengirim pesan pendek pada layar smartphone setiap ada informasi penting. Notifikasi yang demikian dapat kita sebut sebagai push notification.

Umumnya, media sosial menggunakan teknologi push notification untuk mempermudah penggunanya. Begitu pula aplikasi Twitter, jika ada mention, balasan, suka, dan retweet, Twitter akan mengirimkan notifikasi pada kita.

Saat kamu sudah lama tidak aktif membuka akun Twittermu, beberapa pengguna justru akan menerima banyak notifikasi. Namun setelah dibuka, notifikasi yang diterima ternyata merupakan postingan dengan tanda bintang ungu. Selama ini, yang kita tahu halaman notifikasi ini hanya berisi postingan balasan, retweet, atau mention saja. Akan tetapi, notifikasi bintang ungu ini tidak termasuk dalam ketiganya.

Lalu apa sebenarnya notifikasi bintang ungu ini? Kemudian apa fungsinya?

Apa itu bintang ungu di Twitter?

Notifikasi bintang ungu adalah notifikasi yang dikirimkan twitter, yang menurut twitter penting untuk kamu ketahui, tujuannya agar kamu sebagai pengguna, terhindar dari “melewatkan” informasi penting tsbt.

Tentu saja ada persyaratan tertentu sebelum notifikasi tsbt ditandai sebagai hal penting untukmu oleh twitter.

Notifikasi bintang ungu akan menampilkan postingan dari akun yang yang berinteraksi dengan kita. Interaksi yang dimaksud adalah following, retweet, suka, dan balasan. Selain itu, notifikasi bintang ungu juga akan menampilkan tweet dari akun yang sering kita lihat postingannya.

Namun, jika kamu merasa notifikasi bintang ungu datang dari akun yang tidak ada kaitannya dengan kamu, coba ingat-ingat kembali. Apakah kamu setidaknya pernah melihat postingan dari mereka, atau melakukan pencarian akunnya setidaknya sekali?

Admin:

Aku punya dua akun twitter. Disalah satu akun, tanda bintang ungunya memang berkaitan sama akun yang aku follow. Tapi diakun yang lainnya, tanda bintang ungunya ada tulisan “Direkomendasikan untuk anda”, dan ini dari akun yang tidak aku follow sama sekali. Jadi sepertinya ada parameter lain selain interaksi yang bisa menyebabkan munculnya notifikasi bintang ungu ini.

Dari yang aku pahami setelah baca sana-sini, sepertinya topik yang kita ikuti, dan ketertarikan kita (interest yang ada di pengaturan data akun kita) juga mempengaruhi hal ini. Sayangnya tidak ada informasi konkrit dari twitter terkait hal ini.

Jika teman-teman ada tambahan informasi, bisa tuliskan dikolom komentar.

Cara “mengurangi” notifikasi bintang ungu di Twitter

Meskipun bintang ungu sewaktu-waktu dapat bermanfaat bagi kita, namun beberapa orang mungkin merasa terganggu dengan notifikasi ini.

Alih-alih menyajikan informasi penting, bintang ungu justru bisa membuat mention dan tweet yang lebih penting lainnya jadi tenggelam. Pasalnya, tidak hanya notifikasi tweet baru saja yang kita terima. Terkadang informasi seperti teman yang mengikuti pengguna Twitter lain juga bisa turut muncul.

Jika kamu merasa terganggu dengan notifikasi bintang ungu karena jumlahnya terlampau banyak, kamu dapat meminta twitter untuk mengurangi jumlah tipe notifikasi ini, berikut caranya.

1. Buka notifikasi Twitter. Pada bagian tweet berbintang ungu, tap ikon panah ke bawah.

tap ikon panah ke bawah pada tweet berbintang ungu

2. Tap “lihat lebih sedikit”.

tap "lihat lebih sedikit"

3. Selesai. Kedepannya twitter akan mengurangi atau bahkan tidak memberikan notifikasi ini sama sekali.

tweet berbintang ungu berhasil dibisukan

Dengan melakukan langkah tadi, mungkin tidak akan menghilangkan bintang ungu secara keseluruhan. Setidaknya, Twitter akan mengurangi frekuensi notifikasi dari akun tersebut. Untuk menghilangkan notifikasi bintang ungu secara keseluruhan, kamu dapat mengulangi langkah tadi pada notifikasi tweet lainnya.

Solusi lainnya, kamu dapat menjadi pengguna Twitter yang aktif dan mengikuti lebih banyak akun. Berinteraksi dengan pengguna Twitter lainnya juga akan mengurangi notifikasi bintang ungu. Jika kita lebih aktif, Twitter menganggap akun kita tidak akan tertinggal informasi penting. Dengan demikian notifikasi bintang ungu akan berkurang.

Admin : Yup, akunku yang tidak aktif di twitter hampir semua notifikasinya bintang ungu semua.


Nah dari informasi kali ini, readers sudah cukup paham kan hal-hal terkait bintang ungu di Twitter? Jika masih ada pertanyaan terkait topik kali ini, silahkan tulis pada kolom komentar ya.

Tinggalkan komentar