Cara membuat template BINGO untuk Instagram Story

Instagram merupakan aplikasi yang cukup populer di kalangan masyarakat saat ini. Aplikasi ini di lengkapi banyak fitur di dalamnya. Namun tidak semua fitur yang mendukung aplikasi instagram tersedia di dalam aplikasi Instagram itu sendiri. Terkadang banyak juga fitur dan hasil kreasi yang bisa buat di luar aplikasi instagram.

Salah satu contohnya adalah template bingo. Kreasi instastory satu ini bisa dibuat menggunakan aplikasi tambahan.

Kita bisa membuat bingo story dengan topik-topik tertentu yang bisa kita buat sendiri. Misalkan topik tentang kenangan waktu jaman sekolah, kenangan bersama mantan dan lain sebagainya.

Kita bisa menentukan topiknya, beserta kemungkinan jawaban yang banyak di alami oleh orang-orang termasuk kita sendiri.

Bingo template ini tidak tersedia langsung di dalam aplikasi resmi Instagram, disini kita akan menggunakan bantuan aplikasi canva untuk membuatnya.

Cara membuat Instagram Story BINGO Template di ponsel kamu

Story bingo template pada umumnya di buat menggunakan Laptop atau komputer, namun bagi kalian yang tidak punya komputer, tetap bisa membuat story ini dengan aplikasi canva.

Canva sendiri tersedia di komputer dan ponsel, tapi memang lebih leluasa jika digunakan lewat komputer.

Untuk membuat template bingo kalain bisa mengikuti setiap langkah yang ada di bawah ini.

1. Download dan install dulu canva disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.canva.editor&hl=en. Jika sudah, silahkan buka aplikasinya.

buka aplikasi canva

2. Setelah kalian buka aplikasinya, kalian akan di bawa ke halaman login canva. Kalian bisa login menggunakan facebook ataupun dengan akun google kalian.

3. Berikut tampilan awal aplikasi canva. Klik kolom pencarian dan ketikan “instagram story bingo”. Lalu kalian search atau cari.

4. Jika sudah, maka akan muncul banyak pilihan template bingo yang bisa kalian pilih. Pilih salah satu, lalu klik “edit” untuk mengubah templatenya sesuai kemauan kita.

5. Jika sudah untuk tampilan awal templatenya seperti gambar di bawah ini. Kalian bisa juga perbesar ukuran template nya untuk mempermudah penulisanya. Kalian bisa klik judul “instagram bingo” untuk mengganti judulnya.

6. Untuk kontennya, kalian juga bisa mengganti setiap kolom yang tersedia dengan kata atau kalimat tertentu.

isi kolom di bawah untuk setiap kemungkinan jawaban

7. Jika sudah, silahkan kalian save hasil bingo yang sudah kalian buat. Kalian bisa klik icon “download” untuk menyimpannya ke galery kalian.

save jika sudah selesai

8. Silahkan masuk instagram masing-masing. Setelah berada di beranda instagram masuk ke “cerita anda” untuk membuat story.

masuk ke halaman cerita anda

9. Jika sudah, masuk ke icon foto yang ada di pojok kiri bawah. Lalu kalian cari di mana kalian menyimpan template bingonya. Biasanya sudah tersedia di galeri, namun jika tidak ada kalian bisa mencarinya di penyimpanan canvanya.

10. Pilih template bingo yang kalian buat tadi untuk dibagikan ke story kalian.

pilih template yang sudah kalian buat

11. Selesai. Berikut hasil dari story dengan template bingo yang sudah dipublish, kalian bisa lihat gambar di bawah ini.

template bingo yang sudah jadi
template bingo yang sudah dishare ke story

Meskipun story bingo ini hampir sama seperti survey namun pada halaman story, kalian tidak bisa klik salah satu kolom yang ada di bingo nya.

Ini karena template tadi disimpan dalam format foto dan bisa diposting sebagain foto biasa, baik itu di story instagram, ataupun disosmed lainnya.


Oh iya, untuk canva nya sendiri tidak semua font yang ada di situ di sediakan secara gratis. Hanya beberapa font saja yang tersedia gratis. Untuk font standard, pada umumnya gratis kok, jadi tidak usah khawatir.

Biasanya untuk mendapatkan font premium yang diinginkan kalian harus berlangganan font tersebut.

Namun menggunakan font yang sudah tersedia juga menurut saya sudah cukup.


Sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa tinggalkan komentar kalian dibawah ini.

Tinggalkan komentar