Urutan postingan di beranda Facebook berdasarkan apa ?

Konten dari pengguna Facebook memang relatif lebih bervariasi jika dibandingkan media sosial lain. Ada status atau postingan berwujud teks saja. Ada pula postingan berupa gambar atau video.

Pada pengguna Facebook yang memiliki banyak teman dan bergabung dalam banyak grup, isi dari beranda mungkin akan terkesan penuh dan acak. Namun meskipun acak, mengapa temanmu seringkali muncul pada urutan teratas pada beranda?

Pernahkah kamu merasa penasaran, mengapa seseorang dapat menempati urutan teratas pada beranda Facebook? Untuk menjawab hal ini, Bukugue dot com akan memberikan penjelasan mengenai urutan postingan di beranda Facebook.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu ditekankan bahwa setiap faktor yang dijelaskan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Terdapat berbagai macam hal yang dapat membentuk urutan postingan Facebook. Hal-hal yang akan kami jelaskan dibawah ini hanya merupakan faktor umum yang mempengaruhi urutan status di kabar beranda kamu.

Faktor yang mempengaruhi urutan postingan di kabar beranda

Yang pertama, Facebook mengurutkan postingan pada beranda berdasarkan seberapa sering kamu berinteraksi dengan temanmu.

Misalnya di Facebook kamu banyak berinteraksi dengan teman kerjamu ketimbang saudaramu, biasanya postingan teman kerjamu akan berada pada posisi lebih atas jika dibandingkan postingan dari akun saudaramu.

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Semakin sering kamu memberikan like dan komentar pada seseorang akan mempengaruhi urutan postingan pada berandamu.

Yang kedua, Facebook akan mengurutkan postingan berdasarkan jumlah komentar, suka, tanggapan, serta seberapa banyak postingan tersebut di bagikan. Postingan yang lebih populer akan menempati posisi teratas.

Yang ketiga, seberapa sering kamu berinteraksi dengan jenis postingan tertentu juga akan mempengaruhi urutan postingan pada beranda. Postingan tertentu yang dimaksud adalah diantaranya berupa foto, video, maupun tautan.

Yang keempat, hal lainnya yang mempengaruhi urutan postingan di Facebook adalah waktu postingan. Meskipun demikian, pada kenyataannya postingan yang ditampilkan tidak sepenuhnya berurutan secara kronologis dalam hitungan menit atau jam. Belum tentu status terbaru akan menempati urutan pertama pada beranda. Waktu posting memang berpengaruh, namun hal ini tentu dibarengi dengan faktor-faktor lainnya.

Yang kelima, identitas umum seperti umur, kewarganegaraan, dan sebagainya, serta preferensi. Hal ini biasanya berlaku untuk iklan yang ditampilkan di beranda. Iklan akan muncul pada beranda Facebook sesuai dengan umur serta preferensi. Ini dilakukan agar Facebook dapat menjaring banyak penggunanya untuk menggunakan produk atau jasa yang diiklankan. Misalnya, jika kamu banyak tergabung dalam grup yang membahas gadget, maka iklan produk gadget tertentu mungkin akan muncul pada berandamu.

Yang keenam, pengaturan preferensi kabar berita. Facebook memungkinkan kita untuk memprioritaskan seseorang pada beranda Facebook. Bagi teman teman yang sudah membaca artikel kami yang berjudul “Cara Memprioritaskan Seseorang Pada Kabar Beranda Facebook”, maka tentunya sudah tahu mengenai fitur ini. Jika seseorang ditandai dalam daftar, maka saat membuat status baru, orang tersebut akan menempati urutan teratas pada beranda. Fitur ini membantu agar postingan dari teman yang dipilih, untuk tidak tergeser oleh postingan lain yang kurang penting.

Fitur “mengapa saya melihat postingan ini?”

Hal-hal yang mempengaruhi urutan postingan Facebook hampir sama kompleksnya dengan algoritma Instagram. Namun berbeda dengan Instagram, Facebook memberikan kejelasan mengapa suatu postingan dapat terlihat pada beranda Facebookmu. Untuk melihatnya, kamu hanya perlu menekan ikon titik tiga pada postingan tsbt, lalu pilih menu “mengapa saya melihat postingan ini?”.

pilih "mengapa saya melihat postingan ini?"

Setelah itu, Facebook akan menampilkan alasan mengapa postingan tersebut muncul pada beranda Facebookmu.

Bisa dilihat dari penjelasan facebook diatas, ada beberapa alasan yang mendasari mereka menampilkan postingan orang tsbt.


Nah, apakah penjelasan kali ini sudah cukup membuat pembaca memahami bagaimana facebook mengurutkan postingan teman-teman kamu di kabar beranda?

Jika ada pertanyaan terkait topik ini, kamu bisa mengajukannya melalui kolom komentar di bawah ini.


Sumber: https://www.facebook.com/help/520348825116417

Tinggalkan komentar