Urutan teman di Facebook berdasarkan apa ?

Seperti yang kita ketahui, facebook adalah sosial media berbasis teman. Di facebook kita bisa berteman dengan siapa saja, tanpa harus kenal dengan orang tsbt di dunia nyata.

Tanpa disadari, setelah sekian lama facebook-an, jumlah teman di akun facebook kita bisa mencapai ribuan. Kita dapat melihat daftar teman tsbt, dihalaman profil kita.

Nah, Facebook biasanya akan menampilkan daftar teman tersebut dengan urutan tertentu. Lalu, bagaimana Facebook mengurutkan daftar teman ini? Pernahkah kamu merasa penasaran, urutan teman di facebook berdasarkan apa?

Kami akan membagi penjelasan ini menjadi 2 bagian. Yang pertama yaitu urutan teman pada profil kita. Kemudian yang kedua adalah urutan teman di Facebook secara umum. Kami membagi pembahasan ini menjadi 2 bagian karena terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara ketentuan urutan. Selain itu, kami juga akan membahas urutan teman pada obrolan.

Urutan teman di Facebook pada profil kita

Kita dapat melihat daftar teman pada profil kita sendiri. Pada halaman profil terdapat 6 urutan teman teratas (9 pada Facebook Web) yang ditampilkan. Adapun teman yang ditampilkan pada halaman profil ini merupakan recent friends, atau dalam bahasa Indonesianya adalah teman terbaru.

urutan teman di facebook

Urutan paling atas merupakan orang yang baru saja mengonfirmasi permintaan teman kita, atau mereka yang baru saja kita terima permintaan pertemanannya.

Ketika kita mengklik “lihat semua teman” maka akan ditampilkan semua teman kita di Facebook. Nah, Facebook pada dasarnya mengurutkan daftar teman di profil kita melalui 2 cara.

urutan teman berdasarkan abjad
secara default diurutkan berdasarkan abjad

Ketika kamu membuka daftar teman, secara default Facebook akan mengurutkan daftar tersebut berdasarkan abjad. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, teman yang ada pada urutan teratas merupakan teman yang berinisial huruf A, kemudian B, C, dan seterusnya.

Selain itu, kamu juga punya pilihan untuk mengurutkan teman terbaru, caranya dengan tap menu “Terbaru” disamping menu “Semua” dihalaman tadi.

urutan teman terbaru
urutan teman terbaru

Di daftar terbaru, Facebook hanya akan menampilkan teman baru yang berteman selama sebulan terakhir. Sedangkan untuk yang lebih dari sebulan, tidak akan ditampilkan dalam daftar ini. Jadi disini yang tampil biasanya memang lebih sedikit.

Urutan teman di profil orang lain

Ketika kita membuka profil seseorang, Facebook juga akan menampilkan 6 urutan teman teratas. Pada dasarnya, Facebook akan mengurutkan daftar teman ini berdasarkan algoritma.

Lebih jelasnya lagi, silahkan baca penjelasan hal-hal yang mempengaruhi urutan teman di Facebook.

1. Mutual friends. Salah satu hal yang paling mempengaruhi urutan teman di Facebook adalah mutual friends. Urutan pertama pada daftar teman di profil Facebook biasanya akan diisi oleh orang yang paling banyak memiliki teman yang sama dan berinteraksi paling erat.

2. Interaksi profil. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi urutan teman di Facebook adalah seberapa sering menulis di dinding teman, memberikan komentar, suka, tag, dan masih banyak lagi. Semakin sering berinteraksi dengan seseorang, maka semakin tinggi pula kesempatannya untuk menempati urutan teratas pada daftar teman di profil Facebook.

3. Interaksi foto. Selain 2 hal tadi, interaksi lainnya seperti memberikan komentar, suka, tag, dan view pada foto akan ikut diperhitungkan dalam algoritma Facebook. Semakin sering kita berinteraksi dengan seseorang melalui foto, maka Facebook mungkin akan menampilkan mereka pada urutan teratas.

4. Pengguna aktif. Pengguna Facebook yang aktif juga menjadi salah satu perhitungan di dalam algoritma Facebook. Pengguna Facebook yang tidak aktif cukup lama biasanya tidak akan ikut diperhitungkan dalam algoritma. Kecuali, ada faktor lain yang turut mempengaruhi, mutual friends misalnya.

5. Komunikasi. Urutan teman di Facebook juga ditentukan dari seberapa sering interaksi atau komunikasi di Facebook. Mereka yang memiliki komunikasi yang erat seperti berkirim pesan di facebok akan memiliki kemungkinan untuk menempati urutan teratas pada daftar teman.

6. Profile views. Seberapa sering kamu melihat profil seseorang akan turut diperhitungkan dalam algoritma Facebook. Hal ini berhubungan dengan interest seseorang. Dengan demikian kita akan lebih mudah untuk menemukan akun yang kita sukai atau orang yang kita kenal.

7. Facebook search atau pencarian Facebook. Adapun yang dimaksud disini adalah seberapa sering seseorang mencari namamu pada pencarian Facebook, dan begitu pula sebaliknya. Semakin sering kamu mencari nama seseorang di Facebook, maka itu artinya kamu memiliki ketertarikan terhadap seseorang di Facebook. Karena itulah orang tadi mungkin akan muncul pada urutan teratas teman di Facebook.

8. Recent friends. Teman terbarumu juga mungkin akan menempati urutan teratas pada daftar teman. Hal ini dapat disebabkan karena terjadi aktivitas terbaru di Facebook. Atau misalnya jika kamu melakukan hubungan kontak dengan mereka, Facebook akan mem-push mereka menjadi urutan teratas pada daftar teman.

Urutan teman di obrolan Facebook

Beberapa orang juga menanyakan, bagaimana dengan urutan teman di obrolan Facebook? Urutan teman pada obrolan di Facebook juga ditentukan oleh algoritma Facebook.

Diataranya adalah dari seberapa sering kamu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang tersebut. Selain itu biasanya chat dengan orang baru, akan muncul diurutan atas.


Nah readers, sekarang apakah sudah cukup paham dengan bagaimana urutan teman di Facebook ditentukan? Bila ada pertanyaan terkait ini, silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terus ikuti informasi menarik lainnya di Bukugue dot com ya.

Tinggalkan komentar