Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan verifikasi 2 langkah Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi yang populer di Indonesia. Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan privasi para penggunanya, telegram melengkapi fiturnya dengan menu verifikasi dua langkah.

Sama seperti aplikasi lainnya, verifikasi dua langkah pada telegram merupakan salah satu fitur keamanan yang digunakan untuk melindungi data pribadi penggunanya.

Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, orang lain tidak akan bisa membajak akunmu karena telegram akan meminta kode keamanan jika terdapat perangkat lain yang mencoba login ke akun telegrammu. Kode keamanan tersebut berupa kata sandi dengan tambahan kode yang akan dikirim melalui SMS. Jadi, jikalau pun ada orang yang tau kata sandimu, mereka tetap tidak bisa login jika tidak punya akses ke nomor HP kamu.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan verifikasi dua langkah pada telegram? Yuk simak dan ikuti petunjuk berikut ini.

Cara Mengaktifkan fitur Verifikasi Dua Langkah di Telegram

1. Buka aplikasi telegram dan tekan “ikon hamburger menu” yang ada di bagian pojok kiri atas.

2. Selanjutnya pilih menu “Pengaturan”.

pilih pengaturan

3. Lalu pilih menu “Privasi dan Keamanan”. Menu ini letaknya agak bawah ya sob.

pilih Privasi dan keamanan

4. Dihalaman pengaturan “Privasi dan keamanan” ini, kamu bisa melihat bahwa fitur “Verifikasi Dua Langkah” masih “mati”. Untuk mengaktifkannya, tap saja menu tsbt.

klik Verifikasi Dua Langkah

5. Selanjutnya, kamu akan diminta membuat kata sandi. Untuk memulai, tekan tombol “Atur kata Sandi”.

atur kata sandi

6. Selanjutnya Isi kata sandi, tekan “Lanjut”, lalu isi kata sandi sekali lagi, dan tekan “lanjut” sekali lagi.

7. Selanjutnya, kamu akan masuk ke halaman “Petunjuk Sandi”. Di sini kamu bisa membuat “petunjuk” yang fungsinya untuk membantu kamu mengingat sandi tsbt jika kamu lupa. Semisal kamu bisa isi petunjuknya seperti “lihat buku diary halaman 7”. Jika sudah, klik menu “Lanjut”.

masukkan petunjuk sandi

8. Berikutnya kamu bisa memasukkan alamat email Pemulihan. Alamat email pemulihan adalah alamat email yang akan menerima data pemulihan pada akun telegrammu. Jadi, masukkan alamat email yang aktif ya sob. Jika sudah, klik menu “Lanjut”.

masukkan surel pemulihan

9. Jika kamu sudah memasukkan alamat email, selanjutnya telegram akan mengirim kode ke alamat emailmu. Buka inbox email kamu, dan buka pesan masuk dari telegram, lihat dan catat kode yang ada disana dan masukkan kodenya pada kolom yang tersedia seperti gambar di bawah ini.

masukkan kode

10. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa kata sandi telegrammu telah dibuat dan kamu juga akan diminta kode melalui SMS selain dari kata sandi tsbt. Di sini, kamu bisa klik menu “Kembali ke Pengaturan”.

kembali ke pengaturan

11. Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman seperti gambar di bawah ini. Di sini kamu bisa mengganti sandi, mematikan sandi, atau mengganti surel pemulihan. Tapi kalau kamu tidak ingin mengganti apapun pada halaman ini, tap “ikon panah ke kiri” yang ada di pojok kiri atas halaman tersebut.

pilih tanda panah

12. Terakhir, kamu sudah bisa melihat status “Nyala” pada menu Verifikasi Dua Langkah. Ini menandakan bahwa akunmu sudah dilindungi dengan fitur tsbt.

verifikasi dua langkah sudah aktif

13. Selesai. Mungkin agak sedikit panjang, tapi jika akunmu penting, fitur ini sangat disarankan untuk diaktifkan.

Cara Menonaktifkan Verifikasi Dua Langkah Telegram

1. Pertama-tama kamu bisa mengikuti step 1 sampai step 3 seperti saat kamu hendak mengaktifkan verifikasi dua langkah.
2. Selanjutnya pilih menu “Verifikasi Dua Langkah” yang statusnya “nyala” tsbt.

3. Masukkan kata sandi akun telegram yang pernah kamu buat sebelumnya. Jika sudah, klik tanda centang yang terletak di pojok kanan atas.

masukkan sandi lalu klik tanda centang

4. Selanjutnya tap menu “Matikan Sandi”.

matikan sandi

5. Setelah itu akan muncul pertanyaan seperti berikut. Disini tap menu “NONAKTIF”.

klik NONAKTIF

6. Terakhir, status verifikasi dua langkah akan tertulis “Mati”.

7. Selesai.


Seperti itulah cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur verifikasi dua langkah pada aplikasi telegram. Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah ini, akun kamu akan lebih aman dari pembajakan.

Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Selamat mencoba ya sob. Semoga berhasil.

Tinggalkan komentar