Bisakah membuat video youtube autoplay di facebook?

(Psst, cek tips dibawah, mungkin bisa membantu meningkatkan views video youtube kamu yang di share di facebook)

Sebelum kamu baca dan kecewa, aku akan langsung jawab pertanyaan di judul tulisan diatas. Video youtube tidak bisa di buat autoplay di facebook.

Hal ini karena youtube dan facebook merupakan dua platform yang saling bersaing dipasar yang sama. Facebook dengan fitur ads breaknya, memungkinkan kreator video menghasilkan uang dari video yang mereka upload di facebook, dan ini adalah pasar yang sama dengan youtube.

Jadi memang tidak mungkin facebook memberikan kemudahan agar video youtube bisa diputar otomatis di platform mereka.

Hal ini sudah banyak jadi diskusi diinternet, dan memang tidak ada trik apapun untuk hal ini. Kamu bisa cek misalnya salah satu diskusi di quora terkait hal ini disini.

Jika kamu baca diskusi tersebut, ada yang bilang bahwa facebook sebenarnya tidak suka ada yang share video youtube diplatform mereka, bahkan ada yang bilang facebook mengurangi reach (jangkauan) dari video youtube di platform mereka. Dan ini adalah hal yang masuk akal, mengingat kedua platform sekarang memang bersaing di ceruk pasar yang sama.

Ok..mungkin sebagian besar dari kalian sudah tau mengenai hal ini. Lalu apa solusinya?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak ada solusi dari hal ini, tapi ada sedikit trik yang mungkin bisa membantu meningkatkan jumlah klik ke video youtube kalian yang di share ke facebook.

Hal itulah yang akan dibahas dibawah ini.

Jika tertarik silahkan lanjut baca.

Buat tampilan video youtube di facebook lebih “menarik klik”

Saat kalian share video youtube secara manual, maka tampilannya sangatlah standard dan hanya terlihat seperti link yang saja.

Nah disini kita akan gunakan tool dari situs yt2fb.com untuk membuat image thumbnail otomatis sehingga nanti ketika video youtube di share di facebook, akan terlihat seperti tampilan video pada umumnya di facebook.

Dengan hal ini, tampilan link youtube kamu lebih menarik untuk di klik, sehingga punya potensi meningkatkan views kamu, walaupun mungkin tidak drastis, tapi patut dicoba.

Berikut langkah-langkah cara melakukannya dibawah ini.

  1. Buka Youtube.com. pilih video yang mau kamu posting di Facebook.
  2. Pause video, lalu copy URL video Youtube tersebut.
  1. Selanjutnya, masuk ke https://yt2fb.com/.
  2. Masukkan atau paste URL video tadi di kolom yang tersedia dalam website yt2fb tersebut. lalu tekan ENTER.
  1. Tunggu prosesnya berjalan. Lalu, akan muncul pada bagian bawah kolom video BEFORE AFTER-nya.
  2. Dihalaman ini kamu bisa mengubah setting waktu tayang, tampilan, judul, dll. Jika sudah, klik menu “CREATE LINK”. Tunggu beberapa saat.
  1. Selanjutnya, kamu akan dibawah kehalaman seperti dibawah, yang berisi link baru. Klik tombol “Copy” disebelah link tsbt.
  1. Setelah link ter-copy atau COPIED, masuklah ke Facebook.
  2. Paste atau tempel link tersebut ke postingan facebook kamu. Selanjutnya, akan muncul fetching preview. Menunggu video keluar.
  1. Sebelum kamu klik BAGIKAN atau SHARE, pastikan kamu menghapus tulisan link dari postingan tsbt. Kamu bisa ganti dengan caption lain yang lebih menarik.
  1. Selesai. Video youtube akan terlihat lebih menarik, dan lebih mirip dengan video biasa di facebook.

Thumbnail image tadi jika diklik tidak akan memutar video, tapi akan membawa penontonnya ke youtube kamu.


Mungkin saat ini hanya trik tsbt yang bisa aku berikan. Jika ada tambahan trik, kamu bisa bantu jelaskan dibawah sehingga bisa dimasukkan ke pembahasan diatas.

Jika ada kritik dan saran, bisa sambaikan juga dikolom komentar dibawah.

Sekian dan terima kasih.


Ini tulisan lama (terbitan tahun 2018) yang diperbarui oleh admin di Juni 2020.

2 pemikiran pada “Bisakah membuat video youtube autoplay di facebook?”

Tinggalkan komentar