Whatsapp “From Facebook” maksudnya apa? Bisakah dihilangkan?

Aplikasi Chatting memang sudah tidak bisa terpisahkan dari pengguna smatphone. Melihat hal tersebut, perusahaan teknologi berlomba lomba menciptakan berbagai aplikasi chatting yang dapat di download secara cuma-cuma atau gratis di playstore.

Nah … salah satu aplikasi chatting yang sangat popular di Indonesia adalah Whatsapp atau biasa kita sebut WA.

Selain aplikasi chatting, kita juga kenal media sosial. Dari sekian banyak media sosial, beberapa yang populer diseluruh dunia adalah instagram dan facebook.

Pasti ketiga aplikasi diatas udah gak asing lagi kan gaes? Tiap hari kita berkomunikasi menggunakan Whatsapp. Terkadang juga berbagi pengalaman di media sosial instagram dan facebook, atau bisa juga mencari inspirasi disana. Bahkan ada juga yang kepoin MANTAN udah jalan ama si DIA. Wkwkwkw, iya kan gaes ?

Berbicara mengenai Whatsapp, Instagram dan Facebook, belum lama ini aplikasi yang menjadi primadona ini hangat menjadi perbincangan diseluruh dunia. Para pengguna Whatsapp dan Instagram diminta untuk melakukan update, tetapi setelah di update, Whatsapp dan Instagram menampilkan sesuatu yang baru dan sangat berbeda, yaitu muncul “From Facebook” pada bagian depan atau pada halaman pengaturan.

Keputusan yang dilakukan oleh Facebook ini pasti ada alasannya.

Menurut Mark Zuckerberg, tidak hanya Whatsapp dan Instagram, tetapi pada oculus pun terjadi hal yang serupa, disana juga menampilkan logo Facebook dalam bentuk GIF dengan warna yang berubah-ubah untuk mewakili platform milik Facebook.

Chief Marketing Officer Facebook, Antonio Lucio mengatakan bahwa Facebook ingin memperjelas koneksi diantara layanan yang menjadi keluarga dari Facebook.

Alasan ini merupakan strategi Facebook untuk memperkenalkan dan menekankan terhadap para penggunanya bahwa Facebook merupakan perusahaan induk yang memiliki semua aplikasi tersebut.

Karena banyaknya pengguna Whatsapp dan Instagram yang belum mengetahui bahwasanya aplikasi tersebut milik Facebook, tak heran jika Facebook melakukan hal tersebut. Tujuannya agar para penggunanya tahu bahwa beberapa aplikasi populer didunia tersebut adalah bagian dari Facebook.

Facebook berharap dengan adanya “branding” tersebut, para penggunanya akan lebih mengenal Facebook.

Tampilan baru dari Whatsapp ini menuai banyak kontroversi. Banyak dari para penggunanya di seluruh dunia protes karena tulisan “From Faceebook bahkan ada juga yang ingin menghapusnya karena dianggap mengganggu bagi sebagian besar penggunanya.

Perubahan baru pada tampilan Whatsapp ini membuat para pengguna Whatsapp beralih ke aplikasi chatting lain misalnya Telegram.

Jadi apakah tulisan “from facebook” bisa dihilangkan dari whatsapp?

Kalau kalian baca dengan seksama, harusnya sudah tergambar jawabannya. Langkah ini diambil facebook untuk menekankan kepada pengguna bahwa mereka adalah pemilik atau induk perusahaan dari whatsapp dan instagram.

Jadi ini memang tidak bisa dihilangkan.

Kalaupun nanti muncul aplikasi di playstore yang bisa menghilangkan tulisan “from facebook” ini, tetap tidak mengubah kenyataan asalnya, bahwa whatsapp dan instagram adalah kepunyaannya facebook..

Kapan facebook beli whatsapp dan instagram?

Buat yang suka mengikuti informasi terkait dunia internet pasti sudah tau kalau hal ini terjadi sudah lama. Namun yang masih kaget dan merasa kurang yakin, berikut kami cantumkan beberapa berita lama dari portal berita nasional.

Ini berita dari tahun 2014 di BBC tentang Facebook yang membeli Whatsapp diharga USD 19 miliar, bbc.com/indonesia/majalah/2014/02/140220_bisnis_facebook_whatsapp

Ini berita dari tahun 2012 di kompas mengenai Facebook yang beli Instagram di harga USD 1 miliar: tekno.kompas.com/read/2012/04/10/0231175/facebook.beli.instagram.1.miliar.dollar.as

Hal ini sudah lama terjadi, suka tidak suka, Whatsapp dan Instagram memang sudah lama dibawah managemen Facebook.

Akhir Kata

Gimana Gaes udah kejawabkan kenapa aplikasi Whatsapp atau Instagram ada tulisan “From Facebook”? Menurut kalian mengganggu gak sih tulisan itu? Kalau mimin pribadi sih selama gak ganggu fungsinya dan tidak berbayar alias gratis. its OK lah ya…

Lagian ribet amat ya tulisan doing dipusingin. Hehehe…

Boleh dong tulis tanggapan kalian mengenai tulisan “From Facebook” tersebut di kolom komentar! Mengganggu atau biasa aja ?

Sekian dulu deh artikelnya, semoga bermanfaat dan membantu ya!

Tinggalkan komentar