Cara mengatur SMS agar tidak masuk ke Messenger

Ketika menginstal kembali aplikasi Messenger di smartphone beberapa waktu lalu, saya lupa menonaktifkan fitur untuk memasukKan SMS ke aplikasi tersebut. Pada waktu itu, saya tidak terlalu memperhatikan pilihan yang tersedia. Hasilnya, SMS yang harusnya hanya masuk ke folder pesan pun muncul di Messenger.

Kalau sedikit sih tidak masalah. Tapi sehari bisa muncul banyak SMS di Messenger. Ditambah lagi, isi SMS-nya juga bukan hal penting. Paling hanya promo dari Provider atau SMS tawaran pinjaman online yang datang entah dari mana.

Awalnya saya biarkan saja karena toh saya jarang membuka smartphone. Tapi saya pikir, kayaknya bukan saya saja yang merasa terganggu dengan munculnya SMS tidak penting di Messenger.

Jadi saya putuskan untuk mencari tahu dan baca-baca sana sini mengenai proses menonaktifkan fitur SMS di Messenger dan menulis artikel ini. Siapa tahu ada yang sedang mencari tahu cara hal yang sama dengan saya.

Nah, buat kamu yang membaca artikel ini karena ingin mengatur SMS agar tidak lagi muncul di aplikasi Messenger, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan di bawah.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Messenger kamu.
2. Tap foto profil kamu di kiri atas.

Tap foto profil di kiri atas.

3. Gulir ke bawah, cari dan tap menu “SMS”.

Tap "SMS".

4. Tap tombol toggle di sebelah kanan “Aktif” untuk menonaktifkan fitur SMS.

Tap tombol toggle

5. Akan muncul kotak popup “Ubah aplikasi SMS default”, disini tap “Lihat Pengaturan Aplikasi Default”.

Tap “Lihat Pengaturan Aplikasi Default”.

6. Selanjutnya disini pilih “Pesan”.

Tap "Pesan".

7. Kamu akan dibawa kembali kehalaman pengaturan SMS messenger, bisa dilihat fitur SMS berhasil dinonaktifkan.

Fitur SMS berhasil dinonaktifkan.

8. Selanjutnya coba tutup dan buka kembali aplikasi Messenger kamu. Jika ada pilihan untuk mengaktifkan kembali fitur SMS, maka tap saja “Nonaktifkan SMS”. Setelah itu, tap “Lihat Pengaturan Aplikasi Default”.

9. Selesai. Kamu akan dibawa masuk ke halaman utama dan semua pesan SMS seharusnya sudah tidak ada lagi di Messenger kamu.

Kamu akan kembali ke halaman utama Messenger.

Bagaimana? Mudah bukan?


Mungkin sekian dulu untuk artikel “cara mengatur SMS agar tidak masuk ke Messenger” ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Jika dirasa bermanfaat, jangan ragu untuk tekan tombol share dibawah ya.

Tinggalkan komentar