Cara mengaktifkan dan menonaktifkan Dark Mode Instagram

Pada awal perkembangannya, Instagram hadir dengan tampilan yang cerah, yaitu latar belakang berwarna putih. Tapi, seiring dengan meningkatnya pengguna Instagram, banyak pengguna yang menginginkan fitur tampilan gelap (dark mode). Seperti yang kita ketahui, fitur dark mode ini sudah ada di sebagian besar aplikasi populer saat ini, misalnya di Twitter, di Facebook, di WhatsApp, dll.

Bisa dibilang ini fitur yang cukup penting dan memang dipakai oleh sebagian besar pengguna dalam keseharian mereka.

Sekedar informasi buat yang belum tahu, fitur Dark Mode adalah fitur dimana warna background aplikasi diubah menjadi gelap dan tulisan diubah menjadi terang. Fungsi fitur ini adalah memberikan kenyamanan di mata saat digunakan dikondisi cahaya minim.

Ada beberapa kelebihan lainnya dari penggunaan dark mode, tapi tidak akan dibahas disini, karena nanti akan terlalu panjang. Langsung saja kita masuk ke pembahasan utama dibawah ini.

Mengaktifkan fitur Dark Mode Instagram di Android

Disini kita akan gunakan ponsel android sebagai contoh, untuk yang tidak pakai android, cukup jadikan tulisan ini sebagai referensi saja.

1. Buka halaman profil instagrammu dan tap “hamburger menu” yang ada di bagian pojok kanan atas.

pilih tombol titik tiga

2. Pilih menu Pengaturan dari menu yang muncul.

pilih pengaturan

3. Di “Pengaturan”, gulir kebawah dan pilih menu “Tema”.

pilih Tema

4. Dihalaman “Atur tema” ini, pilih menu “Gelap”, hingga ada centang biru disampingnya.

pilih mode gelap

5. Selesai. Setelah itu, tampilan IG mu akan berubah menjadi gelap seperti gambar di bawah ini.

tampilan mode gelap

6. Sampai disini kamu sudah bisa pakai Instagram di mode gelap (dark mode).

Artikel Lainnya :  Cara mengatasi masalah konten berisi copyright (hak cipta) di Instagram

Menonaktifkan dark mode Instagram di Android

Kalau kamu mau mengembalikan tampilan cerah pada instagrammu, prosesnya sangat mudah. Kamu hanya masuk ke pengaturan tema sekali lagi, lalu ubah pilihan “Gelap” menjadi “Terang”.

Admin: Barusan aku sekalian testing dan ambil screenshot terkait pengaturan dark mode di Instagram. Kebetulan di aplikasi Instagramku ada tiga menu, yang pertama Light(terang), kedua Dark(gelap), dan terakhir “System Default”. Untuk menu gelap dan terang, ini sudah jelas ya fungsinya, sedangkan untuk “System default”, ini artinya tema mengikuti system. Seperti yang teman-teman tau, di android sendiri juga ada pengaturan dark mode. Jadi jika pakai pilihan ini, tema Instagram akan menyesuaikan dengan pengaturan android. Artinya jika di android aktif dark mode, aplikasi Instagram akan otomatis ikut menjadi dark mode, begitu juga sebaliknya.

Tidak bisa mengaktifkan fitur Dark Mode di Instagram?

Fitur dark mode ini sudah menjamur di kalangan pengguna Instagram sob. Tapi sayangnya, mungkin ada beberapa di antara kamu yang masih belum bisa menggunakan fitur dark mode ini. Terus apa ya alasannya?

Fitur dark mode bisa saja tidak muncul sebab kamu belum update instagrammu ke versi terbaru. Jadi, buat kamu yang lupa update, yuk segera update instagrammu di Play Store.

Nah, buat kamu-kamu yang udah update aplikasinya, tapi fitur dark mode masih belum ada juga, kamu bisa coba restart ponsel kamu supaya aplikasi Instagram bisa dimulai ulang. Jika masih tidak bisa, coba uninstall aplikasi Instagramnya, lalu install ulang dari playstore sekali lagi, tujuannya agar data-data dari instalasi lama bisa hilang dan hanya data Instalasi baru saja yang ada.

Aku harap sampai disini kamu sudah bisa pakai fitur-nya.

Artikel Lainnya :  Cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus

Nah, gampang banget kan cara mengaktifkan fitur dark mode Instagram? Ayo cobain fitur ini, mungkin kamu bakal suka hingga tidak mau menonaktifkan fiturnya sama sekali. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar