Apa perbedaan Instagram Lite dengan Instagram biasa ?

Siapa yang tak kenal media sosial bernama Instagram. Instagram dijadikan sebagai tempat berekspresi dalam bentuk visual atau gambar. Pengguna dapat mengunggah berbagai macam foto, gambar, video, dan status dalam bentuk Story, Reels, maupun unggahan yang muncul di beranda.

Pengembang Instagram hingga saat ini terus menerus melakukan perbaikan, baik itu menyempurnakan fitur maupun perbaikan bug. Hal itu bisa jadi salah satu penyebab ukuran aplikasi Instagram semakin besar.

Namun kabar baiknya adalah, saat ini aplikasi Instagram versi minimalis yang dinamakan Instagram Lite sudah diluncurkan. Yup, versi minimalis.

Kamu penasaran apa itu Instagram Lite, apa saja yang bisa kamu lakukan di Instagram Lite? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu Instagram Lite?

Instagram Lite adalah aplikasi Instagram versi minimalis yang diluncurkan pada pertengahan Juni 2021.

Aplikasi ini sangat ringan, yakni kurang dari 5 MB (sebelum di install). Bila dibandingkan dengan aplikasi Instagram biasa, sangat jauh sekali. Pasalnya Instagram biasa memiliki ukuran aplikasi lebih dari 30 MB (sebelum di install). Jadi bagi kamu yang memiliki HP dengan memori penyimpanan yang minim, Instagram Lite mesti menjadi pilihan kamu agar tetap dapat berselancar di Instagram.

Perbedaan Instagram Biasa dengan Instagram Lite

Selain lebih ringan, apa lagi kira-kira perbedaan Instagram biasa dengan Instagram Lite?

Kamu jangan menduga-duga kalau Instagram Lite tidak dapat membuat status dan Story, melihat dan membalas Direct Message (DM), serta menggunakan fitur Reels. Semua fitur itu tetap bisa kamu lakukan kok.

Oke, disini aku akan memberikan penjelasan satu persatu apa saja fitur -fitur yang ada di Instagram Lite dan saja perbedaan Instagram biasa dengan Instagram Lite.

1. Fitur Story

LIhat pada gambar diatas. Fitur story pada Instagram Lite berbeda dengan Instagram biasa. Pada Instagram Lite (gambar sebelah kanan) terlihat tampilan fitur story sangat sederhana. Kamu hanya disediakan fitur untuk “boomerang” dan “handsfree”.

Artikel Lainnya :  Cara upload video ke Instagram durasi lebih dari 1 menit

Selain itu, kamu tidak dapat menikmati berbagai filter yang tersedia seperti di Instagram Biasa.

Nah, sekarang coba lihat gambar dibawah ini. Sebelah kanan adalah tampilan fitur-fitur yang ada di Instagram Lite saat kamu berada di halaman editing sebelum mengunggahnya ke Story. Sedangkan gambar sebelah kiri adalah tampilan pada Instagram biasa.

Kamu bisa mempercantik foto dan video dengan fitur editing sederhana seperti menambahkan filter. Yap. Kamu bisa menambahkan sedikit efek pada hasil foto/video milikmu dengan pilihan beberapa filter yang tersedia, tapi tak sebanyak dan selengkap di Instagram biasa.

Kamu juga bisa menambahkan stiker, teks, bahkan musik. Tenang saja, kamu tetap bisa menambahkan musik kedalam Story kamu, meskipun menggunakan Instagram Lite.

2. Fitur unggah status

Kalau kamu ingin mengunggah status di Instagram Lite, kamu hanya dapat mengunggah satu gambar atau satu video dalam sekali unggah.

Oiya, sebelum mengunggah status, kamu akan melihat dua tab yang berbeda pada Instagram biasa, yaitu tab “Filter” dan tab “Edit”. Tapi, Kamu tidak mendapatkan fitur “Edit” di Instagram Lite. Untuk fitur “Filter”, masih ada kok. Kamu masih bisa menggunakannya, meskipun dengan pilihan filter yang lebih sedikit.

Oiya, kamu juga tidak diberikan pilihan untuk membagikan status tersebut ke sosial media lain. Kalau di Instagram biasa, sebelum kamu unggah biasanya kamu mendapatkan fitur “Bagikan juga ke”, yang bisa kamu aktifkan, agar statusmu juga terunggah di sosial media lain seperti Facebook, Twitter, dan Tumblr. Tapi kalau di Instagram Lite tidak ada.

Pada gambar dibawah yang aku beri kotak adalah fitur “Bagikan juga ke” pada Instagram Biasa, sementara itu di Instagram Lite tidak ada.

3. Fitur Direct Message

Fitur Direct Message juga bisa berfungsi di Instagram Lite. Aku mendengar beberapa orang mengatakan bahwa Instagram Lite tidak menyediakan fitur DM. Tapi setelah aku coba ternyata ada kok fiturnya.

Lalu apa yang membedakan fitur DM di Instagram biasa dengan Instagram Lite? Nah, coba kamu lihat pada gambar diatas. Untuk Instagram biasa, terdapat 3 tab dimana 2 diantaranya tidak dimiliki oleh Instagram Lite. Tab “Forum” dan “Permintaan” tidak ada di Instagram Lite.

Artikel Lainnya :  Cara membalikkan kamera saat membuat insta story

Selain itu, tampilan ukuran font di Instagram Lite lebih diperkecil dan ikon obrolan video di pojok kanan atas dihapus, sehingga tampilan pada Instagram Lite lebih minimalis.

Mekipun begitu, sebenarnya bukan menjadi masalah. Kamu masih bisa menggunakan fitur utamanya kan, yaitu Direct Message.

4. Fitur Reels

Nah, fitur Reels ini sebenarnya ada dan bisa kamu nikmati di Instagram Lite. Lihat pada gambar. Letak fitur “Reels” sama-sama di menu bagian bawah. Hanya saja penempatannya saja yang berbeda.

Lantas apa yang membedakan antara Reels di Instagram Biasa dengan Instagram Lite? Pada Instagram Lite, kamu hanya bisa menonton Reels dari pengguna lain. Yap. Kamu tidak bisa membuat Reels di Instagram Lite.

Untuk membuat Reels, kamu bisa memilih ikon kamera di pojok kanan atas pada Instagram biasa. Kalau di Instagram Lite, ikon tersebut diganti dengan ikon untuk mematikan audio atau suara saat kamu memutar Reels.

5. Fitur Toko/Market

Nah, di Instagram Lite, fitur Toko atau Market ditiadakan. Jadi kalau kamu sering menggunakan atau mengandalkan fitur ini, sayangnya tidak tersedia di Instagram Lite.

Menurut aku, fitur ini cukup berat untuk disematkan pada Instagram Lite. Jadi ya dihapuskan, untuk memangkas ukuran aplikasi supaya minimalis.

Tampilan fitur Instagram Market

Itulah kelima fitur “besar” yang menjadi pembeda antara Instagram bisa dengan Instagram Lite. Sebenarnya kalau dirinci lebih lanjut, masih banyak fitur-fitur kecil yang memang dihapuskan di Instagram Lite.

Namun, disini aku jelaskan secara garis besarnya saja. Dan dibawah ini aku perlihatkan tabel perbedaan antara Instagram biasa dengan Instagram Lite secara ringkasnya.

Perbedaan dari segi FITURINSTAGRAMINSTAGRAM LITE
Bagikan postingan ke platform lainYesNo
Live streamingYesNo
Dark ThemeYesNo
ForumYesNo
Membuat ReelsYesNo
Story FilterYesNo
Market/ShopYesNo
IGTVYesNo
Upload multi foto-videoYesNo

Kelebihan Instagram Lite

1. Ukuran aplikasi yang kecil

Artikel Lainnya :  Cara membuat tulisan warna-warni di story Instagram

Sudah disinggung di awal tadi, bahwa Instagram Lite adalah aplikasi mini yang bisa kamu instal di HP dengan sisa memori HP yang sedikit. Jadi kamu tak perlu khawatir jika memori HP kamu sangat minim. Karena aplikasi Instagram Lite tidak akan memakan ruang penyimpanan kamu, pasalnya ukuran aplikasi kurang dari 5 MB.

2. Dapat dijalankan di lingkungan jaringan 3G/2G

Aplikasi Instagram biasa dapat berjalan dengan mulus pada jaringan 4G dan sulit untuk diakses pada jaringan 3G atau 2G. Namun tidak dengan Instagram Lite. Instagram Lite dapat berjalan dengan lancar pada jaringan 4G, 3G bahkan 2G.

Instagram Lite memang di desain agar dapat digunakan untuk semua pengguna di berbagai wilayah, meskipun kekuatan sinyal tidak sampai 4G.

Jadi buat kamu yang wilayahnya memiliki kekuatan jaringan yang lemah, lebih baik instal saja Instagram Lite.

3. Fitur utama yang masih dipertahanakan

Fitur utama seperti unggah status, Story, Direct Message, dan Reels masih tersemat di Instagram Lite. Jadi kamu tidak akan kehilangan fitur utama, hanya fitur-fitur tambahan atau fitur-fitur kecil yang dihilangkan dari Instagram Lite.

Kekurangan Instagram Lite

1. Fitur tidak selengkap Instagram biasa

Agar aplikasi Instagram Lite tetap memiliki ukuran yang mini, sesuai dengan konsepnya,  tentu beberapa fitur akan dihilangkan. Oleh karena itu fitur pada Instagram Lite tidak selengkap Instagram biasa.

Beberapa fitur dipangkas namun tetap mempertahankan fitur utama. Jadi meskipun kamu menggunakan Instagram yang versi Lite, kamu akan tetap dapat melakukan apapun, seperti mengunggah status, membuat Story, melihat Reels, dan membalas Direct Message.

2. Aplikasi belum tersedia di semua wilayah

Yap. Aplikasi Instagram Lite belum tersedia di semua wilayah. Jadi beberapa negara belum dapat menggunakan Instagram versi mini yang satu ini. Mungkin akan secara bertahap akan dirilis di seluruh negara.


Hadirnya Instagram Lite menjadi angin segar bagi para pemilik HP dengan memori penyimpanan dan RAM yang minim. Istimewanya, Instagram Lite dapat berjalan dengan baik di wilayah yang memiliki kualitas jaringan yang buruk. Untuk masalah fitur tidak perlu dipikirkan. Fitur utama tetap ada, hanya dipangkas beberapa fitur yang sebenarnya “jarang” digunakan.

Tinggalkan komentar