Cara berhenti menambahkan teman otomatis di Line

Sebagai salah satu aplikasi chatting populer saat ini, Line merupakan aplikasi yang menawarkan fitur paling menarik dibanding aplikasi pengolahan pesan lainnya. Hal inilah yang membuat Line sangat digandrungi anak anak muda.

Selayaknya aplikasi pengelola pesan pada umumnya, jika ingin banyak teman yang bisa diajak chat maka kalian harus menambah pertemanan. Sebenarnya tidak ada masalah dengan penambahan pertemanan itu sendiri. Karena semakin banyak teman maka aplikasi Line jadi semakin asik.

Ada banyak sekali cara menambahkan pertemanan di Line, satu diantaranya adalah fitur line auto add friend. Disini kita akan bahas mengenai fitur ini dengan detail.

Sisi Negatif  Fitur Auto Add Friend Line Messenger

Auto add friend sendiri merupakan salah satu Line yang memungkinkan kita bisa menambahkan kontak secara otomatis ketika kita menyimpan nomor seseorang. Begitu pula sebaliknya, jika ada orang yang menyimpan nomor kalian, maka akan nada notifikasi permintaan pertemanan.

Hal ini terjadi karena akun Line yang kita gunakan selalu terhubung dengan nomor telpon.

Tentu saja hal ini cukup menyebalkan, karena terkadang kita tidak tahu siapa yang menyimpan nomor kita. Tau tau muncul pemberitahuan pertemanan. Selain itu jika kalian menyimpan nomor ke kontak HP kalian, belum tentu kontak tersebut kalian inginkan untuk menjadi Teman di Line, Iya kan?

Menghentikan Auto Add Friend Line Messenger

Untuk permasalahan diatas, sebenarnya kalian bisa mengatur agar auto add friend terhenti atau menjadi nonaktif yaitu pada menu setting. Berikut adalah cara untuk menonaktifkan add friend line.

Step 1 : Masuk ke Aplikasi Line Messenger
Step 2 : Pilih pengaturan dengan cara tap logo gear pada kanan atas layar

Masuk ke Setting
Masuk ke Setting

Step 3 : Pilih teman

Pilih Pilihan Teman

Step 4 : Nah disini ada 2 pilihan yang bisa kalian checklist, kalian bisa pilih keduanya atau pilih salah satu sesuai dengan yang kalian inginkan.

Pilihan untuk menghentikan autofriend
Pilihan untuk menghentikan autofriend
  • Tambah Teman Otomatis : Jika kalian checklist pilihan ini, maka ketika kalian menyimpan nomor kontak seseorang, maka Line akan secara otomatis sinkron ke kontak HP dan kalian kan menerima pemberitahuan penambahan teman sesuai kontak yang kalian tambahkan.
  • Izinkan orang Menambahkan : Jika kalian Checklist, maka jika ada orang yang menambahkan kalian maka secara otomatis kalian akan menerima pemberitahuan bahwa ada yang menambahkan kalian sebagai teman melalui nomor telpon.

Jika kalian ingin menghentikan auto add friend, maka kalian hilangkan checklist kedua pilihan tersebut, karena secara default line menchecklist kedua pilihan tersebut.

Jadi jika kalian ingin menghentikan permintaan pertemanan otomatis maka kalian hanya perlu unchecklist pilihan tersebut..

Nah jika sudah selesai, maka kalian tidak akan terganggu lagi dengan adanya notifikasi penambahan pertemanan.

Itulah cara menghentikan auto addfriend pada Line Messenger, cukup mudah bukan? Mungkin sebagian orang suka dengan fitur ini karena dengan adanya fitur auto add friend kita tidak perlu susah susah memasukkan id atau menggunakan kode QR untuk menambahkan teman. Namun ada juga sebagian orang yang merasa terganggu dengan adanya fitur ini.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan ke kolom komentar.

20 pemikiran pada “Cara berhenti menambahkan teman otomatis di Line”

  1. semisal saya non aktif kan “tambah teman otomatis”. tpi teman saya mengaktifkan “izinkan orang menambahkan” kira2, itu ikut aturan mana ya? terima kasih

    Balas
    • dipengaturan line kita ada 2 itu kan ya, satu “tambahkan teman otomatis”, fungsinya untuk akun kita menambahkan akun lain secara otomatis”, sedangkan yang satu lagi “izinkan orang menambahkan”, itu fungsinya untuk membolehkan orang lain menambahkan kita sebagai teman secara otomatis.

      kalau mba nonaktifkan dua-duanya, artinya akun mba tidak akan menambahkan teman otomatis, dan tidak bisa ditambahkan oleh orang lain secara otomatis.

      jadi tidak ada kaitannya sama akun orang lain, karena ini pengaturannya diakun kita, dan tentu saja prioritas pengaturannya adalah aturan dari akun kita..

      jadi walaupun ada teman yang mengaktifkan fitur “tambah teman otomatis”, selama mba menonaktifkan “izinkan orang menambah”, harusnya tidak akan ada yang bisa menambahkan mba secara otomatis..

      aku harap penjelasanku cukup jelas…

  2. Kak mau tanya kalo misal, aku baru save nomor baru temen aku. Dan tiba-tiba muncul notifikasi berteman di line. Pas aku buka ternyata bukan dia, tp namanya sama persis sama no temen aku yg baru aku save. Pas aku tny ternyata dia nggk pake app line. Gmn ya ka? Terimakasih

    Balas
    • kurang tau jg aku mba.. soalnya setauku waktu login di LINE kita diminta masukin no HP dan perlu ada verifikasi dari nomer HP tsbt… itu nomer temen mba nomer yang baru dia beli juga? bisa jadi nomer tsbt digunakan oleh orang lain sebelumnya di LINE, tapi setelah tidak aktif, nomernya ga diganti2 diline, akhirnya teman mba yang beli.. cmiiw.. aku rasa gitu sih kejadiannya..

    • jujur aku bingung nyariinnya jawabannya barusan… setelah aku cek dibagian pengaturan, aku hanya bisa hubungkan aplikasi fb ke line mas.. jadi ga nemu pilihan koneksi wa dengan line…

      aku ga paham pertanyaan mas, serius..

  3. Kak berarti jika ada notif seperti itu sudah dipastikan teman kita sama sama save nomor kita kan??atau bisa salah satunya aja yang save

    Balas
  4. Kak line saya g bisa add friend knapa yaa,,pdhal tman jg blm smpai 1000,,tiap msukin id line pasti tulisan nya id line tdk ditemukan,,brp kli masukin id line lain jg sama bgu trs,,gmna yaa solusinya?mkasih byk sblmnya

    Balas
    • udh coba nambah teman dengan cara lain? bukan yang lewat id? kalau bisa, kemungkinan memang id yang dicari memang sudah ga ada mba.. cmiiw..

  5. Kak kalau ada chat “start chatting with your new friend” Artinya apa sih? Dia yg nambahin kontak aku? Arau karena aku nambahin kontak dia? Atau malah dua duanya saling save?

    Balas
    • aku sendiri ga pernah kepikiran kenapa ada tulisan seperti itu dichat baru mba… jadi barusan aku coba search dan nemu penjelasan ini di faq nya LINE..

      “With LINE, chat rooms are automatically created for recently added friends. “Start chatting with your new friend now!” is always the first message in these chats.
      Also, if you or your friend turn the “Allow others to add me” setting ON, your chat room may be recreated and appear at the top of your chat list.
      If a chat with a friend you haven’t messaged recently appears at the top of your chats, it may be because that friend turned their “Allow others to add me” setting ON.

      dari penjelasan tsbt sepertinya memang iya mba… jika mba nambahin seseorang di line, maka akan ada halaman chat baru, dan didalamnya ada tulisan “start chatting with your new friend” tadi.. selain itu hal ini juga berlaku jika mba atau teman mba tsbt mengaktifkan fitur “Allow others to add me”.

  6. Kak mau tanya nih aku sama sekali ga pernah ngeadd orang’ yg skrng ada di line aku nah tiba” kmrin pas buka line kok banyak banget kontak”nya kak dan emang aku kenal mereka cuma aku dari dlu ga pernah ngeadd mereka itu gmn ya kak kok bisa gitu?

    Balas
    • itu terkait pengaturan menambahkan otomatis mba.. diatas udh dibahas itu..

      pengaturan ini ada di akun mba, ada juga di akun teman mba.. jadi mba bisa jadi menambahkan mereka otomatis, atau mereka yang menambahkan mba otomatis.. cmiiw..

  7. ka kalo kita nambahin pertemana melalui nomor telfon dan udah di ceklis dua duanya tapi setelah itu kita non aktifkan keduanya lagi apakah pemberitahuanya terlihat?

    Balas
    • kurang paham aku pertanyaannya mba..

      kalau mba nanyain terkait fitur diatas, fitur diatas fungsinya terkait pengaturan “apakah mba ingin line menambahkan teman secara otomatis melalui kontak mba, dan apakah mba bersedia ditambahkan oleh orang lain melalui fitur ini”.. jadi kalau perimintaan pertemanan sudah dikirimkan, walaupun nanti fitur diatas mba matikan, harusnya notifikas yang dikirimkan tetap ada di orang yang mba tambahkan tersebut..

Tinggalkan komentar