Cara agar media WhatsApp tidak tersimpan di galeri

Salah satu aplikasi chatting paling populer adalah WhatsApp. Dengan WhatsApp kita bisa dengan mudah berkomunikasi jarak jauh dengan keluarga, sahabat dan juga teman baru.

Semakin banyak kita chat di WhatsApp, semakin banyak akumulasi gambar ataupun video yang kita terima. Semua ini akan otomatis tersimpan ke galeri, dan membuat galeri jadi lebih “penuh” rasanya.

Tidak semua file media yang ada WhatsApp perlu kita simpan di galeri, banyak file-file tidak penting yang malah membuat galeri terasa penuh dan “berantakan”.

Nah, kita bisa mencegah file WhatsApp tersimpan otomatis di galeri meskipun kita sudah melihat file media tersebut. Berikut penjelasannya.

A. Mengatur agar semua gambar dan video di WhatsApp tidak terlihat di Galeri

Yang perlu diperhatikan disini, saat kita ingin melihat foto atau video di WhatsApp, WhatsApp akan mengunduhnya ke memori penyimpanan kita. Disini kita hanya menyembunyikan file yang telah terdownload tadi supaya tidak terlihat digaleri.

Jadi cara ini tidak menghemat penggunaan data atau menghemat penggunaan ruang penyimpanan. Sekali lagi, hanya menyembunyikan file media tadi dari terlihat digaleri. Ibaratnya kalau menyapu rumah, sampahn-nya kalian buang ke bawah lemari. Sampahnya tetap ada, tapi tidak keliatan saja.

Jika kalian ingin hemat kuota dan hemar ruang penyimpanan, baca bukugue.com/cara-menonaktifkan-download-otomatis-di-whatsapp/. Disana dijelaskan bagaimana supaya WhatsApp tidak otomatis mendowload file media.

Jika sudah paham, dan ini memang yang kalian butuhkan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi WhatsApp kalian.
2. Tap “ikon titik tiga”, lalu pilih menu “Setelan”.

klik setelan atau seting

3. Dihalaman setelan ini , pilih menu “Chat”.

klik menu chat

4. Jika sudah berada di halaman chat. Silahkan kalian nonaktifkan opsi “Tampilkan media”.

non aktifkan tombol nafigasi

5. Jika sudah berhasil, maka tombol navigasi akan redup atau bewarna abu-abu.

tombol navigasi redup

Cara ini berfungsi untuk menonaktifkan fitur save galeri secara keseluruhan. Entah itu dari chatting kontak maupun group. Semua media foto atau video yang masuk ke whatsapp kalian tidak akan terlihat atau tersimpan otomatis ke galeri.

B. Menyembunyikan media di galeri hanya dari kontak tertentu di WhatsApp

Disini kita hanya akan menyembunyikan media dari kontak atau grup tertentu dari terlihat di galeri. Misalnya, kalian tidak ingin foto atau video dari si doi terlihat di galeri, karena ini foto yang cukup privat.

Jadi ini pengaturan per-kontak, file media dari kontak yang diatur tidak akan terlihat di galeri, sedangkan dari kontak lain tetap terlihat seperti biasa.

Sekali lagi, media tetap tersimpan diponsel kalian, hanya saja tidak terlihat digaleri.

Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Pilih kontak atau group yang kalian ingin file medianya tidak terlihat di galeri kalian.

pilih salah satu kontak atau group

2. Setelah masuk ke ruang obrolan, ketuk ikon “titik tiga” yang ada di pojok kanan atas.

klik icon titik 3 pojok kanan atas

3. Jika sudah, akan muncul halaman kecil dengan beberapa menu pilihan. Disini pilih “Lihat kontak”.

klik lihat kontak

4. Selanjutnya, kalian akan di bawa ke halaman profil kontak. Di sini silahkan kalian tap menu “Tampilkan media”.

klik tampilkan media

5. Selanjutnya ubah pengaturannya menjadi opsi “Tidak”.

klik tidak

6. Jika sudah diubah ke opsi “Tidak”, tekan tombol “Oke” untuk menyimpan.

klik oke

Melihat Media (Foto & Video) Yang tersembunyi dari galeri tadi

Jika kalian butuhkan media-nya, cara paling mudah adalah dengan mengaktifkan menu “Tampilkan media”, ambil media yang kalian butuhkan, dan nonaktifkan lagi menu “Tampilkan media” tsbt.

Namun jika kalian tidak mau mengaktifkan dan menonaktifkan menu “Tampilkan media” tadi, alternatifnya adalah kalian bisa langsung lihat file media yang tersimpan tsbt melalui aplikasi “File manager” di ponsel kalian.

Aplikasi bawaan File Manager ini bisa beda-beda tergantung merk HP. Jadi disini kalian harus menyesuaikan sendiri sebisa kalian. Atau kalian bisa donwload aplikasi file manager yang saya gunakan dibawah disini play.google.com/store/apps/details?id=com.mauriciotogneri.fileexplorer

Berikut langkah-langkahnya.

Admin note : Sebaiknya gunakan file manager bawaan HP kalian, atau gunakan aplikasi file manager yang lebih populer dibandingkan yang dicontohkan penulis. Aku sendiri tidak terlalu paham kenapa penulis menggunakan aplikasi tidak dikenal seperti contoh dibawah. Aplikasi populer misalnya “Files by google” play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.nbu.files, sudah terinstall lebih dari 1 miliar kali.

1. Install aplikasi “File explorer” dari playstore. Linknya sudah dikasih diatas.
2. Jika sudah, silahkan kalian buka aplikasi “File Explorer” tsbt.

3. Setelah kalian buka, akan muncul permintaan izin notifikasi untuk akses ke smartphone kalian. Kalian ketuk saja “Izinkan”.

klik izinkan

4. Setelah itu, kalian akan di bawa ke halaman beranda File Explorer. Nah di sini silahkan kalian pilih menu yang pertama “storage/emulated”.

klik storage emulated

5. Selanjutnya, cari dan buka folder “WhatsApp”.

masuk ke folder whatsapp

6. Jika sudah berada di halaman folder whatsapp. Lalu kalian pilih folder “Media”.

masuk ke folder media

7. Di folder media inilah kalian bisa menemukan foto dan video WhatsApp kalian. Untuk foto ada di folder “WhatsApp Image” sedangkan video di “WhatsApp video”

masuk ke whatsapp image

5.Selesai.


Demikian pembahasan singkat saya terkait menyembunyikan media WhatsApp dari galeri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar