Cara download story (cerita) di Facebook

Sudah beberapa waktu ini Facebook memiliki fitur story yang bisa kalian gunakan di aplikasi versi android maupun pc.

Fitur ini mirip dengan fitur story di Instagram dan fitur status di whatsapp. Walaupun mungkin ada sedikit perbedaan dari segi kreasi yang bisa ditampilkan, tapi secara keseluruhan bisa dibilang fitur yang sama.

Sekarang, banyak pengguna facebook yang justru lebih sering share stories dari pada membuat status postingan. Entah itu dari kegiatan sehari-hari ataupun share gambar ataupun video yang mereka dapat dari orang lain.

Nah, mungkin dari sekian banyak stories yang kalian liat, ada beberapa yang kalian suka.

Disini kita akan bahas bagaimana cara men-download file stories di facebook, baik itu file foto ataupun video.

Untuk bisa mendownload story facebook teman kalian, sayangnya kalian tidak bisa menggunakan aplikasi facebook, kalian memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan hal ini.

Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk hal ini, kita akan bahas dua saja sebagai contohnya. Kalian bisa gunain aplikasi yang disarankan dibawah, atau bebas pakai yang lain.

Jika kalian pakai yang lain, pastikan untuk beri komentar dibawah, agar bisa dipertimbangkan oleh pengguna lain yang sampai kehalaman ini. 🙂

Ok, langsung saja.

Download cerita di Facebook dengan aplikasi “Save Story for Facebook”

1. Silahkan install dulu aplikasinya dari sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.stackwares.android.storysaver.facebook&hl=en. Jika sudah, buka aplikasinya.

buka aplikasi save story for facebook

2. Setelah kalian buka, berikut tampilan awalnya seperti gambar di bawah ini. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman login facebook.

tampilan awal loading

3. Silahkan masuk ke akun facebook kalian. Jika sudah, silahkan konfirmasi akun facebook yang kalian gunakan untuk login.

4. Setelah itu, kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Disni akan terlihat beranda facebook kalian.

beranda facebook versi save story

5. Untuk melihat story teman kalian, klik ke “icon bulat” yang ada di samping icon halaman beranda.

klik icon bulat putus putus

6. Setelah berada di halaman story. Silahkan masuk ke salah satu cerita milik teman kalian. Jika sudah tampilan awalnya seperti ini.

7. Untuk mendownloadnya, silahkan putar video story nya. Jika sudah di halaman pemutaran story, silahkan klik icon download-nya.

halaman pemutaran vidoe story dan klik download

8. Jika kalian baru pertama kali mendownload, biasa akan muncul halaman kecil permintaan izin akses ke media dan file diperangkat kalian. Tap “Izinkan” untuk memberi izin.

klik izinkan

9. Jika sudah izinkan mengakses, kalian bisa lanjut mendownloadnya. Jika download-nya berhasil, biasanya akan muncul pemberitahuan “download finished”.

konfirmasi selesai downlaod

Untuk mengeceknya, silahkan kalian buka galeri kalian. Biasanya video yang kalian download akan masuk ke folder save story. Kalian bisa klik Galeri->Album->Save Story.

video yang sudah di downlaod

Download cerita di Facebook dengan aplikasi “Story Saver for facebook”

1. Install dulu aplikasi “story saver for facebook” ini dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.qksoft.storysaverfacebook&hl=en. Jika sudah silahkan buka aplikasinya.

install dan buka aplikasi story saver

2. Dihalaman awal aplikasi ini, tap “log in with facebook”.

login with facebook

3. Setelah itu akan kotak konfirmasi seperti gambar di bawah ini. Tap “login by username and pass”. Setelah itu, tap “OK” dipojok kanan bawah.

4. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman login facebook seperti dibawah. Silahkan kalian masuk ke akun facebook kalian.

masuk ke akun facebook

5. Jika sudah, tampilan awal aplikasi story saver nya seperti gambar di bawah ini. Disini kalian langsung dibawa ke halaman story kalian.

tampilan awal story saver

6. Untuk mendownload story facebook. Silahkan masuk ke salah satu story milik teman kalian.

pilih dan klik story yang akan di download

7. Setelah berada di halaman story, silahkan kalian putar dulu untuk meilhat video story nya. Jika sudah, kalian bisa klik icon download untuk menyimpan story nya.

8. Jika berhasil didownload, akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.

pemberitahuan berhasil di sownload

9. Selesai.

Untuk melihat hasil download, kalian bisa masuk ke folder Galeri>Album>StorySaver.

Bonus: Menyimpan cerita di facebook dengan screenshot

Hal ini bisa digunakan untuk cerita dalam bentuk foto dan kalian tidak mau ribet install aplikasi. Walaupun begitu, hasilnya tentu akan lebih baik jika pakai aplikasi.

1. Buka akun facebook kalian masing-masing. Dihalaman beranda, silahkan buka salah satu story teman kalian.

pilih story yang akan di download

2. Setelah berada dihalaman story tsbt, tekan dan tahan pada bagian tengah layar untuk menghilangkan nama pengguna dan atribut yang ada di bawahnya.

4. Jika sudah, kalian tinggal ambil screenshot. Berikut hasil screenshotnya di galeri kalian.

hasil unduhan story
hasil unduhan story

5. Selesai.


Kalian bisa mengikuti ketiga cara yang ada di atas. Dari setiap cara memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Kalian bisa memilih cara mana yang paling simpel dan mudah untuk di gunakan.

Oh iya aplikasi yang di gunakan untuk mendownlaod story juga tidak begitu berat. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika aplikasi ini akan memakan banyak ruang di smartphone kalian.


Mungkin sampai disini untuk pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar