Cara download video Twitter lewat Telegram

Kamu pengguna Twitter yang termasuk aktif? Kalau iya, biasanya sering sekali menemukan konten video yang menarik untuk didownload kan?

Sayangnya Twitter tidak menyediakan fitur untuk mendownload video-video tersebut. Jika kamu ingin mendownloadnya, kamu perlu menggunakan bantuan bot atau aplikasi pihak ketiga yang harus kamu instal terlebih dahulu supaya bisa mendownload video yang kamu inginkan.

Jika kamu tidak ingin mendownload aplikasi pihak ketiga karena mungkin memori HP kamu tidak cukup atau memang malas karena sudah cukup banyak aplikasi di HP kamu, bisa lo kamu pakai Telegram untuk mendownload video Twitter.

Cara download video Twitter lewat Telegram tidak sulit. Manfaatkan saja Telegram milikmu untuk download berbagai video Twitter yang kamu inginkan.

Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Telegram kamu, kemudian pilih icon search untuk mencari bot Telegram yang dapat digunakan untuk mendownload video-video Twitter.

Tampilan Halaman Awal Telegram

2. Kemudian ketik “Twitter Media Downloader” di kotak pencarian. Nanti hasilnya seperti pada gambar. Pilih opsi pertama seperti pada gambar yang aku beri kotak. Itu adalah bot yang bisa kamu gunakan untuk download video-video di Twitter.

Ketikkan "Twitter Media Downloader" dalam kotak pencarian

3. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman chat dengan bot seperti dibawah. Disini pilih “Mulai ulang” atau “Mulai” untuk mengaktifkan bot.

pilih “Mulai ulang” atau “Mulai” untuk mengaktifkan bot

4. Setelah kamu pilih “Mulai” nanti secara otomatis akan mendapat jawaban dari bot tersebut. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan bot tersebut untuk mendownload video.

Bot siap digunakan

5. Selanjutnya kamu buka Twitter, cari video di Twitter yang ingin kamu download.
6. Pilih ikon “Bagikan” dibagian bawah video yang kamu pilih.

Cari video di Twitter yang ingin di download

7. Berikutnya pilih “Salin tautan” untuk menyalin link atau URL dari video yang ingin kamu download.

Salin URL video yang ingin di download

8. Setelah itu kamu kembali ke Telegram dan tempel/paste URL ke halaman chat dengan bot tadi, kemudian tap “kirim”.

Kirimkan URL video ke bot Telegram

9.Tunggu beberapa saat sampai bot berhasil memproses link video yang kamu kirimkan.
10. Setelah berhasil diproses, maka kamu akan diberi pilihan ukuran atau format video-nya. Disini misalnya, ada pilihan format 640p dan 320p. Aku disini pilih format 640p supaya kualitas video tetap bagus.

Pilih format video yang diinginkan

11. Setelah itu bot akan mengirimkan video sesuai dengan format yang kamu pilih. Kamu tinggal klik download pada bagian kiri atas video.

Download video yang sudah siap didownload

12. Tunggu hingga proses download berhasil. Jika proses download sudah selesai maka klik ikon titik tiga untuk menampilkan pilihan penyimpanan.

Pilih ikon titik tiga untuk menampilkan pilihan jika video sudah berhasil terdownload

13. Ada dua pilihan yang disediakan oleh Telegram. Opsi yang pertama yaitu simpan ke galeri. Kemudian opsi kedua yaitu simpan ke unduhan. Silahkan pilih sesuai keinginan.

Pilih lokasi penyimpanan video yang kamu inginkan

14. Selesai.

Kelihatannya agak panjang, tapi ini karena kali pertama kamu menggunakan bot ini. Kedepannya kamu hanya perlu cari video di twitter, tekan tombol salin, dan langsung paste dikolom chat bot. Setidaknya langkah-langkahnya akan jauh lebih singkat dari saat pertama kali kamu menggunakan bot ini.


Itulah cara download video Twitter lewat Telegram. Ada beberapa bot lagi yang bisa kamu gunakan untuk download video Twitter di Telegram selain yang sudah aku bagikan diatas. Bot lainnya yang bisa kamu gunakan di Telegram yaitu “Media Downloader Bot”.

Bot tersebut lebih multifungsi. Jadi tidak hanya bisa untuk mendownload video Twitter saja, namun juga mendukung untuk Facebook, Reddit, Tiktok, Instagram, hingga Soundcloud.

Namun, aku tetap merekomendasikan bot yang aku jelaskan diawal tadi kalau kamu lebih sering menggunakan dan mendownload video dari Twitter. Karena jika kamu menggunakan bot “Media Downloader Bot” untuk download video Twitter, maka nanti kamu akan tetap diarahkan ke bot yang aku bahas diatas.


Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang perlu ditambahkan, silahkan tinggalkan komentar dibawah ya.

Tinggalkan komentar