Cara melihat email akun Instagram kita sendiri

Seperti yang kita ketahui, saat kita login ke Instagram, baik melalui aplikasi ataupun browser, biasanya aplikasi tsbt akan menawarkan untuk menyimpan detail login, sehingga untuk login kedepannya datanya bisa langsung terisi otomatis.

Bagi saya, ini fitur yang cukup membantu karena saya tidak perlu lagi memasukan alamat email dan kata sandi setiap kali saya ingin membuka akun Instagram. Selain itu, saya juga bisa langsung berpindah ke akun Instagram lain yang saya kelola dengan hanya men-tap nama akun yang ingin saya buka.   

Tapi fitur ini juga membuat saya kesulitan untuk mengingat alamat email yang saya gunakan untuk membuka akun Instagram. Akibatnya, jika ada masalah, saya harus mencari tahu alamat email untuk akun Instagram tersebut.

Lalu jika terjadi hal seperti itu, apa yang harus kamu lakukan untuk mengetahui email di Instagram sendiri?

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahuinya. Jika kamu sering lupa alamat email akun Instagrammu, kamu bisa coba cara yang saya bahas di bawah ini.  

Melihat email di Instagram jika masih bisa login

Jika kamu bisa membuka akun Instagrammu, maka kamu bisa menggunakan cara ini.

1. Pertama, buka aplikasi Instagram dan tap “Foto Profil” yang bisa kamu temukan di kanan bawah.

Tap "Foto Profil".

2. Tap “Edit Profil”.

Tap "Edit Profil".

3. Scroll ke bawah dan tap “”Pengaturan Informasi Pribadi”.

tap “”Pengaturan Informasi Pribadi”.

4. Di halaman “Informasi Pribadi”, kamu akan menemukan alamat email yang kamu cari.

email bisa ditemukan di halaman "Informasi Pribadi".

5. Catat alamat emailnya di buku catatan kamu ataupun di aplikasi catatan di HP, jadi jika perlu bisa dengan mudah ditemukan.

Alamat email merupakan aset penting saat ini, karena seperti yang kita tau, hampir seluruh akun kita di dunia internet bisa berkaitan dengan email. Jadi jika kita kehilangan email ataupun kehilangan akses ke akun email tsbt, hal ini akan mempersulit kita saat ingin masuk ke akun-akun kita di Internet.

Melihat email saat tidak bisa masuk Instagram

Bagaimana jika kamu lupa email instagram sehingga kamu tidak bisa masuk ke Instagram? Ini bisa saja terjadi jika kamu memang sudah lama tidak login ke Instagram.

Berikut adalah hal yang bisa kamu coba untuk mengetahui email yang lupa tsbt.

Untuk mencari tahu emailmu, kamu bisa memanfaatkan fitur “Bantuan Masuk” dari Instagram. Jika kamu pernah/sering login di satu perangkat dulunya, mungkin saja alamat emailmu masih terekam di aplikasi Instagram di ponsel tsbt.

Untuk menggunakan “Bantuan Masuk” ini, kamu bisa buka aplikasi Instagram dan tap “Dapatkan bantuan untul login”. Setelah itu, di halaman “Bantuan Masuk”, kamu akan menemukan alamat email yang kamu cari.

Jika tidak ada, kamu mungkin bisa mencoba login ke Instagram dengan menggunakan salah satu dari dua cara berikut.

Alternatif : Login ke Instagram tanpa email

Jika akun Instagrammu sudah dihubungkan dengan akun Facebook, kamu bisa masuk ke Instagram dengan menggunakan akun Facebookmu.

1. Caranya, cukup buka aplikasi Instagram dan tap “Lanjutkan Sebagai @nama akunmu”. Maka kamu akan langsung masuk ke Instagram.

Tap "lanjutkan sebagai".

2. Jika kamu belum memasukan akun Facebookmu di aplikasi Facebook regular, maka tap “Masuk dengan Facebook”.

Tap "Masuk dengan Facebook".

3. Nantinya, aplikasi Facebook akan terbuka. Masukan alamat email atau nama akun Facebook dan kata sandinya. Setelah itu langsung tap “Masuk”.

masukan email dan kata sandi.

Jika sudah, akun Instagram kamu seharusnya akan langsung terbuka. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan cara pertama untuk melihat email kamu di bagian pengaturan Instagram.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu alamat email di Instagram sendiri. Jika ada yang ditanyakan, atau ada langkah yang masih kurang jelas, kamu bisa tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar