Cara Membuat Link Grup Whatsapp Agar Mudah Dibagikan

WhatsApp sekarang ini menjadi aplikasi yang paling mudah digunakan untk saling bertukar kabar, bertegur sapa dan komunikasi lainnya. Bahkan lewat aplikasi WhatsApp, selain berkirim kabar lewat tulisan juga bisa saling menyapa melalui telfon, baik hanya telfon suara maupun video call.

Selain karena kemudahan dan simplisitas-nya, WhatsApp juga memiliki fitur yang memungkinkan kita berinteraksi dengan sekelompok orang dalam satu waktu, fitur ini adalah fitur grup.

Dengan menjadi anggota atau member sebuah grup, maka semua orang bisa mengirim dan melakukan percakapan maupun membagikan informasi yang dimiliki, bisa berupa teks, gambar ataupun video.

Secara sederhana prosesnya adalah sebagai berikut, pertama kamu perlu membuat grup, setelah itu kalian perlu undang orang ke grup tsbt. Umumnya, admin mengundang anggota dengan cara manual, nah disini admin grup (dalam hal ini kalian) perlu memilik nomor kontak orang yang akan diundang.

Jika yang diundang tidak banyak, hal ini tentu tidak masalah. Tapi jika grup tsbt perlu banyak anggota, maka proses manual tentu tidak efektif. Disinilah kita perlukan link atau tautan grup yang bisa digunakan untuk menyebar undangan secara otomatis.

Penasaran caranya? simak bahasan berikut dibawah.

Langkah-langkah membuat Link grup WA

Lalu bagaimana caranya membuat tautan atau link tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Membuat Grup Whatsapp.

Untuk bisa membuat link grup di WhatsApp, kalian perlu menjadi admin grup tsbt. Jadi silahkan buat grup baru atau paksa admin lama untuk mengangkat kalian jadi admin di grup tsbt, karena hanya admin yang bisa mendapatkan link grup tsbt.

2. Buka Grup whatsapp yang ingin dibuat linknya.

3. Masuk ke info Grup WA tsbt.

Untuk masuk kehalaman pengaturan atau informasi grup, kalian bisa tap bagian nama grup seperti pada gambar.

4. Klik menu “Undang Via Tautan“.

Dihalaman pengaturan atau informasi grup, kalian gulir kebawah hingga muncul menu seperti dibawah ini. Pilih menu “Undang via tautan”.

5. Lihat link grup atau pilih tindakan.

Setelah tap “Undang via tautan” dihalaman sebelumnya, kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah. Disini kalian akan disajikan dengan link atau tautan grup tsbt, serta beberapa opsi seperti “kirim tautan via whatsapp”, “salin tautan” ataupun “bagikan tautan”.

Untuk langsung membagikannya lewat chat pribadi ke orang tertentu, maka kalian dapat langsung tap pada pilihan ‘Kirim tautan via WhatsApp’ dan kalian akan dibawa ke daftar kontak WhatsApp yang kalian miliki. Kalian bisa memilih pada siapa kalian akan membagikan tautan atau Link Grup tersebut.

Apabila kalian belum tahu akan membagikannya kepada siapa, maka kalian bisa memilih ‘Salin tautan’ dan selanjutnya kalian bisa menempel (paste) tautan tersebut dimanapun kalian inginkan, misalnya di paste di SMS atau email, atau dishare di forum atau komentar di blog (contoh link grup wa diblog)

Kelebihan membuat Link Grup WA

Tersebut diatas merupakan langkah-langkah untuk membuat tautan atau link Grup WhatsApp. Namun tentu saja dengan kemudahan yang diberikan, ada beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Beberapa kelebihan pembuatan tautan atau link ini ada beberapa hal yaitu:

  • Siapapun bisa masuk otomatis. User WhatsApp yang ingin menjadi anggota Grup tidak perlu meminta admin Grup untuk memasukkannya, sehingga untuk admin pun tidak perlu memasukkan orang satu per satu secara manual.
  • Admin tidak perlu menyimpan Kontak baru.
  • Calon peserta bebas untuk masuk ataupun tidak. Dari pada memasukkan anggota secara manual, tapi ternyata si anggota belum tentu setuju dipaksa masuk grup tsbt, lebih baik kirimkan undangan berisi link grup. Jadi dengan link undangan, calon peserta bisa memilih untuk masuk kapan saja mereka mau.

Kelemahan membuat Link Grup WA

Sedangkan kerugian dibuatnya Link Grup ini antara lain:

  • Tidak bisa mengontrol siapa yang masuk grup. Karena semua orang bisa masuk ke dalam grup, maka admin kesusahan untuk mengontrol siapa saja yang memang membutuhkan dan memiliki kepentingan dalam grup, bukan hanya untuk menyebar iklan atau promosi bahkan membuat onar di dalam Grup.
  • Jumlah anggota terbatas. Adanya jumlah maksimal dalam setiap grup, menyebabkan orang yang ingin masuk ke dalam grup namun ternyata kuotanya sudah penuh maka akan kecewa.

Cukup sekian pembahasan tentang pembuatan Link Grup WhatsApp kali ini. Dilihat dari ulasan di atas, tidak ada salahnya mencoba membuat Link Grup WhatsApp bukan karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa lebih banyak manfaatnya daripada kerugiannya.

Baca juga: Cara melihat status WA teman tanpa ketahuan

Semoga bermanfaat ya guys! Langsung dicoba saja dan rasakan manfaatnya.

4 pemikiran pada “Cara Membuat Link Grup Whatsapp Agar Mudah Dibagikan”

Tinggalkan komentar