Cara Membuat Link Chat WhatsApp di Bitly

Mungkin sebagian dari teman-teman sudah pernah dengan fitur “click to chat” di WhatsApp. Nah untuk yang belum pernah dengar, bahasa sederhananya menurutku adalah sebuah link yang di klik untuk langsung bisa chat ke akun WhatsApp tertentu.

Sebenarnya ini bukan hal baru bagi pengguna LINE, seperti yang kita tau, ID pengguna LINE bisa langsung dishare dalam bentuk link. Tapi mungkin ini memang sedikit asing untuk pengguna WhatsApp.

Link ini lah yang disebut dengan fitur “click to chat” di whatsapp, namun lebih biasa dikenal dengan “WhatsApp link”.

Fitur ini sendiri tidak tersedia dalam aplikasi WhatsApp secara default. Ini karena memang fitur ini lebih cocok digunakan oleh pebisnis yang perlu share info kontaknya dengan mudah.

Jadi disini aku akan jelaskan dua hal. Pertama bagaimana membuat link WhatsApp tadi, dan kedua bagaimana memendekkan link tsbt di situs pemendek link bit.ly.

Cara Membuat Link Chat WhatsApp di Bitly (Panduan Lengkap)

A. Membuat link chat WhatsApp

Format dasar dari link chat WhatsApp adalah seperti ini wa.me/nomorWhatsAppkamu. Langsung aja ikuti langkah-langkah dibawah biar paham ya.

1. Buka aplikasi catatan di ponsel kalian. Terserah jenis aplikasinya, karena disini kita hanya akan gunakan untuk mengetikkan link tadi.
2. Setelah itu ketikkan https://wa.me/nomorwhatsappkalian.
3. Jika misalnya nomor kalian adalah 085377499534 maka ketikkan https ://wa.me/6285377499534. Dimana angka 0 dipangkal nomor diganti menjadi 62 (kode wilayah indonesia).

4. Selesai. Kalian tinggal bagikan linknya.

Cara membuat link chat whatsapp biasa

Untuk testing, kalian bisa kirimkan link ke ponsel keluarga. Bisa lewat SMS ataupun lewat aplikasi sosmed seperti Facebook. Setelah itu tap link tsbt. Jika link dan nomor ponsel sudah benar, seharusnya saat link di tap, maka akan secara otomatis membuka chat dengan kalian di WhatsApp.

B. Membuat link chat WhatsApp dengan tambahan pesan

Untuk link yang satu ini biasanya sering digunakan oleh para penjual online. Dimana saat link tersebut kita buka akan ada pesan otomatis terisi dikolom chat tanpa harus kita mengetiknya terlebih dahulu.

Untuk langkahnya kalian bisa simak tutorial di bawah ini.

1. Buka aplikasi catatan kalian. Atau boleh aplikasi lain, yang penting bisa mengetik.
2. Untuk rumus linknya adalah https://wa.me/nomorwhatsappkalian/?text="teksdengankode".
3. Disini contohnya nomor kalian 085377499534 dan kalian ingin pesan “apakah stok bukugue.com masih ready” sebagai pesan text otomatis. Maka linknya adalah https://wa.me/6285377499534/?text=apakah%20stok%20bukugue.com%20masih%20ready.

Cara membuat link chat whatsapp dengan texs

Buat yang masih belum paham dengan url https://wa.me/6285377499534/?text=apakah%20stok%20bukugue.com%20masih%20ready tadi. Berikut penjelasannya.

  • https://wa.me/6285377499534/ adalah link WhatsApp menuju ke chat kalian. Pastikan angka 0 diawal nomor telepon diganti jadi 62 (kode wilayah indonesia).
  • /?text= adalah perintah untuk memasukkan teks yang akan kita cantumkan
  • apakah%20stok%20bukugue.com%20masih%20ready adalah teks dimana spasi diubah menjadi %20. Jadi jika ingin teks dengan tulisan “Saya pesan baju kuning satu ya!”, maka saat akan dijadikan url ditulis “Saya%20pesan%20baju%20kuning%20satu%20ya!”

Sekali lagi, ketentuan diatas adalah dari WhatsApp sendiri. Jadi kita hanya bisa ikuti.

4. Selesai.

Kalian bisa mengguji link tersebut sebelum kalian membagikannya, ini karena jika ada satu kode yang salah maka link tersebut tidak bisa digunakan sebagai mana mestinya.

Jika link tsbt diset dengan benar, maka setelah ditap, kalian akan dibawa kehalaman chat dengan pemilik nomor beserta tulisan “apakah stok bukugue.com masih ready” dikolom chatnya. Berikut contohnya.

Cara membuat link chat whatsapp dengan text

Disini tentu kalian harus pandai-pandai memilih teks atau kalimat yang sesuai. Tujuannya adalah supaya orang yang mengklik link tsbt bisa dengan mudah memulai chat dengan kalian.

Jadi jangan terlalu kaku, jangan terlalu formal, jangan terlalu maksa, karna kalau kalian tulis pesan “Saya ingin beli sepuluh baju”. Hal ini justru mempersulit calon pembeli, mereka harus repot-repot menghapus tulisan tsbt, karena diawal biasanya mereka hanya niat tanya-tanya dulu, belum tentu membeli.

C. Membuat link WhatsApp menjadi link Bitly

Agar link WhatsApp yang kalian buat tadi mudah untuk di ingat, kalian bisa memperpendek linknya menggunakan bitly. Bitly sendiri adalah website penyedia jasa pemendek link gratis yang banyak digunakan saat ini.

Untuk caranya kalian simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk kehalaman bitly.com dibrowser kalian.

Cara mengubah link whatsapp menjadi link bitly

2. Tunggu beberapa saat hingga web bitly terbuka.

Cara mengubah link whatsapp menjadi link bitly

3. Masukkan link WhatsApp kalian tadi kekolom yang tersedia, lalu tekan “Mempersingkat”.

Cara mengubah link whatsapp menjadi link bitly

4. Tunggu sebentar hingga bitly membuat link pendek milik kalian. Jika sudah, kalian bisa tekan tombol “salinan” untuk meng-copy link tsbt.

Cara mengubah link whatsapp menjadi link bitly

5. Selesai. Kalian tinggal paste di aplikasi catatan untuk menyimpannya.

Cara diatas cukup singkat, namun hasilnya adalah link acak. Jadi biasanya dapat link seperti bit.ly/3wstkmF tadi. Jika kalian mau, kalian bisa membuat link Bitly yang lebih bagus dan mudah diingat. Jadi dari pada link random, kalian bisa buat link Bitly seperti bit.ly/orderdibukugue.

Untuk membuat link custom seperti bit.ly/orderdibukugue, kita perlu mendaftar dan membuat akun di situs Bitly. Disini aku akan gunakan akun Facebook untuk mendaftar dengan cepat. Kalian bisa gunakan akun lain jika mau.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke halaman login bit.ly disini bitly.com/a/sign_in.
2. Disini tap ikon Facebook.

3. Disini aku sudah dalam keadaan login ke Facebook. Jadi langsung diarahkan kehalaman izin akses Facebook. Disini pihak Bitly hanya meminta izin akses ke nama dan email. Beri izin dengan tap “Lanjutkan sebagai..”

4. Tunggu beberapa saat, lalu kamu akan otomatis di redirect (dibawa kembali) kesitus bit.ly.
5. Disini tekan “CREATE YOUR FIRST LINK”.

6. Selanjutnya copy link WhatsApp yang sudah kamu buat tadi, dan pastekan dikolom “PASTE LONG URL”. Setelah itu tap “Create”.

7. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman hasil link pendek seperti dibawah. Disini bisa dilihat linknya adalah link acak. Isi bagian “Title” dengan sembarang kata, lalu bagian “customize back-half” hapus link lama dan isi dengan link yang kamu suka.

8. Berikut contoh pengisiannya. Setelah diisi, tekan tombol “Save”.

9. Selesai. Link acak tadi sudah berhasil diubah ke link bit.ly/orderdibukue

Kamu tidak perlu catat linknya karena dibuat custom sehingga mudah diingat. Link yang dibuatpun terlihat lebih profesional.

Satu hal yang perlu di note, semua orang bebas membuat link custom ini di Bitly, jadi jika link yang kamu inginkan sudah dipakai orang, kamu tidak bisa pakai link tsbt, kamu harus ganti. Sebagai contoh “orderdibukugue” sudah aku gunakan, itu artinya kamu tidak bisa gunakan kata “orderdibukugue” ini sebagai linkmu.


Sekian tutorial kali inil semoga bermanfaat. Kritik saran boleh di kolom komentar, Thanks.

Tinggalkan komentar