Cara membuat tweet terjadwal di Twitter

Dulu orang-orang menggunakan media sosial hanya untuk berinteraksi dengan pengguna lain di internet, kini sosial media juga mulai digunakan oleh bisnis dan perusahaan, baik untuk media promosi maupun media interaksi dengan pelanggan mereka.

Hal ini berlaku di semua platform media sosial, tak terkecuali juga Twitter. Dengan pengguna yang demikian banyak, tentu akan sayang jika perusahaan melewatkan crowd tersebut.

Selain itu, kini juga muncul yang namanya influencer, kalau di Twitter dikenal istilah selebtweet. Mereka ini memiliki banyak pengikut dan setiap cuitannya selalu memiliki banyak interaksi. Politisi dan publik figur juga banyak yang menggunakan Twitter untuk berinteraksi dan mendapat insight baru.

Dari beberapa hal itu, fitur “scheduled post” atau “jadwalkan postingan” jadi salah satu yang diperlukan, baik untuk perusahaan, selebtweet, ataupun pengguna biasa. Tujuannya adalah agar pengguna bisa mengatur dan menjadwalkan tweet mereka, sehingga mereka bisa tetap terlihat aktif, walaupun saat itu sebenarnya sedang tidak aktif.

Selain itu, dengan menjadwalkan tweet, tweet bisa dimunculkan di jam-jam terbaik atau istilahnya prime time, dimana mayoritas pengguna sedang aktif sehingga jangkauan sebuah cuitan bisa luas.

Dulu, fitur cuitan terjadwal ini belum ada dan biasanya orang menggunakan aplikasi pihak ketiga agar bisa mengirim pesan terjadwal, contohnya saja Tweetdeck. Kini, pengguna Twitter tak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga karena sudah bisa melakukannya langsung di Twitter.

Melalui fitur cuitan terjadwal ini, pengguna bisa membuat cuitan lalu menjadwalkan kapan cuitan itu terkirim. Pengguna bisa mengatur tanggal, jam, serta menit berapa sebuah cuitan akan diposting sehingga tidak perlu melakukannya secara manual. Bahkan sebelum terkirim, cuitan itu masih bisa diperbaiki dengan mengedit draft-nya.

Cara menjadwalkan tweet di twitter

Berikut cara menggunakan fitur ini.

1. Buka akun Twitter anda, bisa di mobile ataupun di website.
2. Buatlah sebuah cuitan, bebas.
3. Kemudian jika selesai, tekan ikon “kalender dan jam” yang berada di bawah kotak cuitan seperti yang ditunjukkan digambar dibawah.

4. Atur kapan kamu ingin cuitan itu terkirim. Kamu bisa mengatur bulan, tanggal, tahun, jam, menit, bahkan zona waktunya. Setelah itu tap tombol “Konfirmasi”.

5. Setelah dikonfirmasi, tweet tsbt akan tersimpan kedalam menu “Terjadwal” seperti dibawah ini.

6. Selesai.

Sampai disini kamu tinggal tunggu tweet tersebut dipublish otomatis diwaktu yang sudah di tentukan tadi.

Menghapus atau membatalkan tweet yang sudah terjadwal

Dihalaman tweet terjadwal ini, kamu bisa menghapus cuitan tadi dengan cara berikut ini.

1. Pertama, masuk ke menu “Tweet yang belum terkirim” seperti dibawha ini. Disini pilih menu “edit” yang ada di kanan atas.

2. Setelah itu beri tanda centang di postingan yang ingin dihapus. Lalu pilih tombol “hapus” dipojok kanan bawah.

3. Terakhir akan muncul kotak dialog persetujuan untuk menghapus cuitan terjadwal. Pilih hapus.

4. Selesai.


Nah, itu dia cara menggunakan fitur cuitan terjadwal di Twitter. Sangat mudah untuk diterapkan. Dengan fitur ini kamu bisa membuat beberapa postingan terjadwal secara langsung, jadi kamu bisa lebih mudah dalam mengelola tweet kamu.

Bagaimana menurutmu? apakah ini fitur yang bakal sering digunakan atau tidak? Apakah aplikasi seperti tweetdeck yang membantu mengelola akun twitter, masih diperlukan dalam hal ini, mengingat banyaknya fitur-fitur baru di twitter yang sebenarnya sudah cukup untuk membantu pengelolaan akun twitter tsbt.

Tinggalkan komentar