Cara Menambahkan Musik di Story Instagram

Instagram sedang gencar-gencarnya menambahkan berbagai fitur di aplikasi mereka. Pihak Instagram ingin penggunanya dapat berkreasi dengan fitur-fitur yang mereka tawarkan, salah satunya fitur Instagram musik yang baru-baru ini hadir di Indonesia.

Apakah kamu sudah tau mengenai fitur yang satu ini? Kalau belum, silahkan simak artikel ini sampai selesai. Disini aku akan menjelaskan apa itu Instagram musik dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Instagram musik

Fitur Instagram musik resmi hadir di indonesia pada bulan Juni 2021. Namun sebenarnya fitur tersebut bukanlah fitur baru. Pasalnya fitur Instagram musik sudah dirilis secara global sejak Juni 2018 lalu.

Fitur Instagram musik memungkinkan penggunanya menyisipkan potongan musik kedalam unggahan cerita atau story. Fitur tersebut bisa didapatkan melalui menu sticker.

Pengguna juga bisa melakukan kostumisasi atau pengaturan sederhana di Instagram musik, seperti mengubah tampilan, menambahkan lirik, dan lainnya.

Menambahkan Musik ke Story dengan fitur Instagram Musik

Untuk menikmati fitur Instagram musik, pastikan kamu sudah menggunakan aplikasi Instagram versi paling baru. Jadi kalau kamu belum update, silahkan update aplikasinya terlebih dahulu melalui Play Store.

Jika aplikasi kamu sudah update versi paling baru, silahkan ikuti langkah-langkah untuk membuat insta story menggunakan Instagram musik berikut ini.

1. Pertama, masuk ke akun Instagram dan pilih ikon profil kamu untuk membuat story atau cerita di Instagram.

Tampilan halaman beranda Instagram

2. Sampai disini, pastikan kamu berada di tab “Cerita” untuk membuat cerita, karena sebelah fitur “cerita” terdapat fitur lain seperti fitur terbaru dari Instagram, yaitu “Reels”. Selanjutnya pilih galeri yang ada di sebelah kiri bawah, kemudian pilih foto yang diinginkan.

Pilih tab "cerita" untuk membuat cerita di Instagram

3. Jika sudah mendapatkan foto yang akan dijadikan story atau cerita, sekarang kamu bisa menambahkan teks, berupa lirik lagu, quotes, kutipan, kata-kata bijak, kata-kata motivasi, atau teks lainnya sesuai keinginan.

Tambahkan teks untuk membuat cerita Instagram menjadi menarik

4. Saat menambahkan teks, kamu bisa mengedit teks tersebut. Pada gambar, terlihat beberapa fitur editing sederhana. Kamu bisa meratakan teks, memberi warna pada teks, memberikan sedikit efek bergerak, maupun mengubah font sesuai keinginan. Silahkan atur sesuai keinginan kamu. Jika selesai mengedit, pilih tanda ceklis untuk menyimpan pengaturannya.

Membuat editing sederhana supaya story Instagram tampak menarik

5. Selanjutnya, pilih “ikon stiker” seperti pada gambar yang aku beri tanda panah. Lalu pilih stiker “Musik”.

Artikel Lainnya :  Cara repost Instagram story orang lain (bisa tanpa di mention)

6. Maka nanti kamu akan berada di halaman seperti pada gambar. Disini kamu bisa memilih musik yang kamu sukai. Kamu bisa memilih melalui halaman beranda atau mencari musik melalui kotak pencarian.
7. Setelah kamu menemukannya, pilih musik tersebut. Oiya, sebelum kamu memilih musiknya, kamu bisa putar musiknya terlebih dahulu untuk mendengar cuplikan musik dengan cara mengetuk ikon putar musik di sebelah kanan judul musik.

Pilih musik yang akan kamu jadikan background

8. Oke, jika kamu sudah memilih salah satu musik yang kamu inginkan, maka nanti akan muncul tampilan seperti pada gambar.

Disini kamu bisa mengubah tampilan musik dan mengubah potongan musik yang akan kamu gunakan. Silahkan dicoba satu persatu tools untuk melihat perbedaannya. Perlu kamu tau, durasi maksimal musiknya hanya 15 detik. Jadi semua musiknya hanya berdurasi 15 detik yang bisa kamu gunakan untuk membuat story.

Jangan lupa pilih ceklis untuk menyimpan pengaturan musik yang sudah kamu lakukan.

Pilih tanda ceklis untuk menyimpan pengaturan musiknya

9. Nah, kira-kira seperti pada gambar ketika tampilan fitur Instagram musiknya sudah aku sesuaikan. Kalau dirasa sudah cukup dan siap upload ke story, pilih “Kirim ke” untuk melanjutkan.

Pilih "Kirim ke" untuk melanjutkan prosesnya

10. Sampai disini kamu bisa memilih akan membagikan cerita kemana. Kamu bisa mengirimnya ke story, ke teman terdekat, atau ke DM salah satu teman kamu. Tetapi disini contohnya akan aku kirimkan ke story Instagram.

11. Nah, ini dia tampilannya ketika sudah diupload ke cerita Instagram.

Tampilan story Instagram musik

Membagikan story musik Instagram ke WhatsApp

1. Kalau kamu ingin membagikan story Instagram ke platform lain, misalnya WhatsApp, bisa saja. Kamu tinggal pilih ikon “Bagikan” pada story kamu.

Pilih ikon "Bagikan ke"

2. Kemudian pilih platform yang ingin kamu tuju. Contohnya disini adalah WhatsApp.

Pilih Whatsapp untuk mengirim story Instagram ke Whatsapp

3. Kemudian pilih kontak siapa saja yang dapat melihat status milikmu nantinya, setelah itu pilih tombol yang ada di bagian bawah layar HP kamu untuk melanjutkan.

Pilih siapa saja yang dapat melihat status Whatsapp kamu

4. Maka nanti tampilannya seperti pada gambar. Kamu tinggal pilih tombol kirim untuk mengirim ke status.

Artikel Lainnya :  Cara Menghapus Tag dan Mention di Instagram

Jadi nanti status kamu hanya dalam bentuk link yang menuju ke Instagram, bukan berupa video.

Tampilan link otomatis yang siap dikirim ke status Whatsapp

5. Kira-kira seperti ini tampilannya ketika sudah terupload menjadi status WhatsApp.

Tampilan status Whatsapp yang berisi link Instagram story

Menyimpan story Instagram musik ke Ponsel kamu

Untuk menyimpan story Instagram, caranya mudah sekali. Tapi ada kelemahannya ketika kamu ingin menyimpan story yang memiliki background musik yang berasal dari Instagram musik. Kelemahannya apa? Nanti akan aku jelaskan dibawah.

Sekarang kamu pilih ikon titik tiga pada story kamu untuk menampilkan menu.

Pilih ikon titik tiga untuk menampilkan menu

Kemudian pilih “Simpan video” untuk menyimpan video di galeri HP kamu.

Pilih "Simpan video" untuk menyimpan story tanpa backgorund musik

Nah, kalau kamu ingin menyimpan video yang berasal dari Story Instagram yang menggunakan Instagram musik, maka video yang kamu simpan tidak ada musiknya. Jadi video yang kamu simpan di galeri HP tidak beserta dengan background musiknya. Hanya videonya saja. Nah, inilah kelemahannya. Mengapa kok Instagram tidak mengizinkan menyimpan video beserta musiknya? Aku sendiri kurang tau pasti, tapi mungkin karena masalah lisensi.

Jika kamu butuh download dengan musik-musiknya sekalian, bisa gunakan tool download story pada umumnya. Baca di bukugue.com/cara-download-story-instagram-tanpa-aplikasi/


Sekian pembahasan kita kali ini. Jika ada pertanyaan atau saran, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah. Terima kasih.

Tinggalkan komentar