Cara Mencari Barang di Marketplace Facebook

Siapa yang tidak kenal Facebook saat ini, sosmed satu ini memiliki lebih dari 1 milyar pengguna diseluruh dunia. Seiring dengan perkembangannya, Facebook terus memberikan fitur-fitur baru yang dibutuhkan penggunanya.

Saat ini facebook bukan lagi hanya sekedar “sosmed”, di Facebook saat ini, kamu bisa mencari lowongan kerja sampai berjual beli di marketplacenya.

Facebook sempat ingin keluarkan cryptocurrency Libra beberapa waktu yang lalu, walau banyak sekali penolakan dari berbagai pihak, ini memperlihatkan tekat Facebook untuk menjadi lebih dari sekedar sosial media.

Facebook ingin menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, disatu sisi ini adalah hal yang baik, tapi disisi lain juga banyak dampak negatif ketika beberapa perusahaan global besar seperti ini mengontrol kehidupan kita.

Ok, sebelum makin ngalor ngidul, kali ini kita akan bahas bagaimana cara mencari barang di facebook marketplace.

a. Mencari barang di marketplace Facebook di komputer/PC

1. Buka browser yang ada di pc kalian, lalu buka akun Facebook kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di halaman beranda Facebook, kalian klik menu “Marketplace” dengan icon warung seperti pada gambar dibawah ini.

klik icon marketplace

3. Setelah masuk ke Marketplace, silahkan kalian pilih kategori yang ada sidebar sebelah kanan kalian.

pilih kategori barang yang di inginkan

4. Jika barangnya jelas harganya, kalian bisa tentukan budget harga.

masukan harga minimal dan maksimal

5. Kalian bisa memasukkan lokasi, jika kalian ingin COD atau ingin ketemuan lansung saat transaksi. Jika tidak, bisa skip bagian LOKASI ini.

pilih lokasi barang

6. Kalian juga bisa mengurutkan barang berdasarkan harga ataupun jarak/lokasi penjual dari posisi kalian. Pilih berdasarkan prioritas kalian.

7. Setelah kalian atur semuanya, kalian bisa browsing hasilnya. Jika ternyata hasilnya masih belum spesifik, kalian bisa tambahkan nama barang dikolom pencarian.

ketikan barang yang di cari

8.Jika sudah ketemu barangnya, kalian bisa klik barangnya untuk melihat detailnya. Jika cocok harga, cocok spesifikasi, kalian bisa tanya ketersediaan barang.

9. Selamat hunting barang.

Pastikan untuk berhati-hati membeli barang di marketplace, karena facebook disini hanya menyediakan marketplace atau pasarnya saja, sedangkan seluruh proses lainnya mulai dari negosiasi hingga barang sampai ditangan kita, tidak ada ikut campur Facebook disini.

b. Mencari barang di marketplace Facebook di HP

1. Buka aplikasi Facebook yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di beranda Facebook, tap “icon garis tiga” dipojok kanan atas. Kemudian pilih menu “Marketplace”.

3. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman marketplace seperti dibawah ini. Disini tap “Lainnya” untuk mulai mengatur kategori pencarian kalian.

klik lainya untuk mengatur kategorinya

4. Kalian akan dibawa ke daftar kategori, silahkan pilih kategori yang paling sesuai dengan barang yang ingin kalian cari.

pilih kategori yang di inginkan

5. Setelah masuk ke kategori yang kalian mau, kalian akan dibawa kehalaman berisi produk dari ketegori tsbt. Disini kalian tap tombol “Filter”. Setelah itu pilih metode pengiriman yang kalian perlukan. Kalian bisa pilih pengambilan lokal untuk COD.

6. Masih di menu “Filter”, kalian bisa juga mem-filter harga barang. Tap “Harga”, lalu isi harga minimal dan maksimal kalian.

7. Kalian juga bisa mengatur lokasi barang, agar kalian tidak terlalu jauh jika harus COD.

8. Kalian juga bisa masukkan keyword nama atau jenis barang di kolom pencarian.

cari barang yang di butuhkan

9. Jika sudah ketemu, kalian bisa klik gambarnya untuk melihat detail dan spesifikasi barangnya.

9. Selesai.

Kalian bisa cari ulang barangnya dengan harapan dapat yang lebih murah, atau lanjutkan ke COD atau belanja barang tsbt. Sekali lagi, pastikan untuk berhati-hati saat belanja, termasuk saat COD, jika ketemuan dengan pembeli, lakukan di posisi publik atau tempat terbuka.

Jangan mau diajak COD kalau diluar waktu yang wajar, ataupun ditempat-tempat sepi. Jangan mudah tergiur dengan harga barang yang “kelewatan” murahnya.


Cari barang di marketplace mudah banget, yang sulit adalah mendapatkan harga yang baik dengan kualitas barang yang juga baik. Jadi kalau mau harga murah dan kualitas baik, memang butuh waktu berjam-jam untuk hunting barangnya, bahkan mungkin harus COD keluar daerah.

Sekian pembahasan kali ini, kritik dan sarannya bisa tambahkan dikolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar