Cara mencari chat atau pesan di WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling sering kita gunakan. Dalam sehari, kayaknya kita bisa lebih dari 5 kali membuka whatsapp untuk berbagi pesan dengan teman atau keluarga. Bahkan saking seringnya, memori internal ponsel kita seringkali penuh karena chat yang menumpuk. Padahal, belum tentu chat yang menumpuk itu adalah pesan-pesan yang penting.

Nah, kalau chat-nya sudah menumpuk, pasti pesan penting akan tertimbun sama pesan-pesan yang nggak penting. Kalau sudah begini pasti repot ya sob?

Tapi untungnya whatsapp memiliki fitur “search” yang bisa kita gunakan untuk mencari pesan lama yang tertimbun. Fitur ini bisa digunakan untuk beberapa fungsi sesuai kebutuhan.

Nah di sini aku bakal jelasin caranya satu per satu. Jadi, buat kamu yang belum tahu cara menggunakannya, yuk langsung aja simak penjelasan di bawah ini.

Mencari pesan lama di WhatsApp secara umum

Cara ini bisa kamu pakai saat kamu mau mencari chat penting, tapi sayangnya chat itu sudah tertimbun dengan chat lain. Nah kamu masih bisa menemukan chat itu, tapi dengan syarat kamu harus ingat kata tertentu yang ada di chat tsbt.

Langsung aja simak yuk.

1. Buka aplikasi WA-mu, kemudian tap menu “search” atau “cari” yang berlogo kaca pembesar.

Klik menu search

2. Ketikkan “kata kunci” yang kamu ingat dari chat tsbt. Sebagai contoh, jika chat tsbt tentang monyet, maka ketikkan “monyet” dikolom pencarian tsbt. Atau jika chatnya tentang tentang motor, kamu bisa cari dengan kata kunci “motor”.

ketikkan kata kunci

3. Selanjutnya kamu bisa melihat beberapa chat yang ditemukan berdasarkan kata kunci yang kamu masukkan tadi. Disini kamu juga bisa melihat siapa pengirimnya dan pada tanggal berapa chat itu dikirim. Jika sudah menemukan chat yang kamu inginkan, tap aja pada chat tersebut.

pilih salah satu chat

4. Setelah itu kamu akan dibawa keposisi pesan yang kamu cari tsbt secara otomatis.

selesai

Dengan cara ini, WhatsApp akan menampilkan beberapa chat sesuai kata kunci dari berbagai pengirim yang berbeda.

Tentunya ini akan sedikit membingungkan karena kita harus memilih dari banyak halaman chat. Tapi ternyata kamu bisa lho mencari chat hanya dari pengirim tertentu saja, hal ini tentu mempermudah kamu mencari pesan yang dimaksud.

Penasaran gimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini ya.

Mencari pesan lama di grup atau personal chat tertentu

Cara ini bisa digunakan untuk mencari chat pada grup atau chat personal dengan teman. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah untuk menemukan chat yang dimaksud. Tapi syarat utamanya kamu harus ingat nama grup atau nama teman pengirim pesan yang mau kamu cari itu. Berikut rincian tutorialnya.

1. Buka chat salah satu teman atau grup di WhatsApp-mu, lalu klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

klik titik tiga

2. Pilih menu “Cari”.

klik menu cari

3. Selanjutnya ketikkan kata kunci yang mau kamu cari.

ketikkan kata kunci

4. Kamu akan otomatis dibawa ke kata kunci tsbt. Jika itu bukan chat yang kamu cari, kamu bisa tekan panah keatas atau kebawah disebelah kolom pencarian untuk menemukan chat lain dengan kata kunci tsbt.

selesai

5. Selesai. Mudah bukan?

Mencari file media di dalam chat WhatsApp

Saking banyaknya media yang tersimpan di HP kita, pasti repot ya kalau harus cari satu per satu. Belum lagi kalau media yang kita cari itu udah ketimbun sama chat-chat baru. Pasti itu akan repot dan menguras waktu bgt.

Tapi tenang aja, selain pesan, ternyata kita juga bisa lho mencari media yang udah kesimpan lama di WA. Nah, WhatsApp sudah memberikan kemudahan buat kita karena media sudah dikelompokkan berdasarkan jenisnya masing-masing. Di sini, media yang tersedia adalah foto, video, tautan (link), GIF, audio, dan dokumen.

Terus gimana cara mencarinya? Yuk langsung aja simak tutorialnya.

1. Buka home chat WA-mu, kemudian klik menu “search” atau “cari” yang berlogo kaca pembesar.

klik menu search

2. Selanjutnya kamu bisa memilih jenis media yang ingin kamu cari. Ada foto, video, tautan (link), GIF, audio, dan dokumen. Pilih aja salah satu.

pilih salah satu media

3. Jika kamu memilih foto, maka akan ditampilkan seluruh foto yang tersimpan di WA urut berdasarkan waktu terbaru. Kamu bisa scroll untuk menemukan yang kamu cari.

scroll

4. Supaya lebih cepat, kamu bisa mencari foto berdasarkan kata kuncinya. Ketikkan aja kata kunci di kolom search paling atas.

ketikkan kata kunci

5. Selanjutnya akan muncul foto dengan kata kunci yang sudah kamu ketikkan tadi. Jika sudah menemukan foto yang kamu cari, klik pada foto untuk melihatnya dengan jelas.

selesai

6. Selesai.

Bagaimana jika tidak menemukan chat yang kamu cari?

Ini bisa terjadi jika chat yang kamu cari mungkin sudah kamu hapus / clear chat sebelumnya. Jika sudah begini chat tentu tidak akan ditemukan.

Selain itu kemungkinan lain adalah kamu mencari dengan kata kunci yang salah.

Misalnya kamu ingin mencari resep masakan yang dikirimkan oleh temanmu, dan kamu cari dengan kata kunci “garam”, ternyata resepnya tidak ada tulisan “garam”, sehingga resep tsbt tidak ditemukan. Kemungkinan lainnya adalah, di resep tsbt ada tulisan garam, tapi pengirim menulisnya salah, misalnya tertulis “graam” atau “garaam”. Ini juga akan sulit di cari.

Solusinya untuk hal ini adalah, kamu bisa coba kata kunci lain untuk mencarinya.


Begitulah beberapa cara untuk menemukan pesan lama di WhatsApp. Dengan memanfaatkan fitur “Search” ini, kita tidak perlu repot-repot scroll lama-lama.

Tapi ingat, untuk memakai fitur ini kamu perlu pakai kata kunci. Jadi, kamu perlu ingat chat yang ingin dicari itu tentang apa. Nah, untuk mengantisipasi hal seperti ini, kamu bisa memberi bintang pada pesan yang kamu anggap penting. Dengan begitu kamu masih bisa menemukan pesan lama meskipun kamu lupa kata kuncinya.


Sekian artikel kali ini. Jangan lupa untuk share artikel ini ke temanmu yang belum tahu cara menemukan pesan lama di WhatsApp. Semoga tutorial di atas membantu ya. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar