Cara aktifkan balon obrolan WhatsApp seperti di Messenger

Notifikasi WhatsApp tentu akan lebih menarik jika berbarengan dengan munculnya balon obrolan di layar HP. Selain bisa melihat isi dan pengirim pesannya, Anda juga bisa membalas langsung pesan tersebut melalui balon chat.

Penasaran gimana cara mengaktifkan balon obrolan WhatsApp? Kali ini bukugue.com akan memberikan triknya disini.

Oh ya beberapa aplikasi tambahan di bawah ini telah terbukti AMAN untuk digunakan ya Sob! Langsung saja kalau begitu. Check it out!

Langkah-langkah menampilkan balon obrolan WhatsApp dengan FlyChat

Fitur balon obrolan seperti di Messenger memang belum tersedia secara resmi untuk WhatsApp. Jadi disini kita memerlukan bantuan aplikasi tambahan untuk hal ini.

Disini saya sarankan aplikasi FlyChat. Aplikasi ini cukup populer, mengingat telah terinstal di lebih lima juta smartphone. Langsung saja, tanpa banyak basa-basi, berikut langkah-langkahnya.

1. Pastikan aplikasi Fly Chat telah terinstal di smartphone Anda. Jika belum, bisa install dulu dari sini play.google.com/store/apps/details?id=com.flyperinc.flychat

Aplikasi FlyChat di Play Store

2. Berikut tampilan aplikasi Flychat. Disini anda akan diminta memberikan izin. Tekan menu “System overlay“. Kemudian geser ke kanan tombol “Allow display over other apps

3. Kembali ke menu permissions, aktifkan “Recieve notifications“, lalu pilih “Allow

4. Setelah kedua “required permissions” terpenuhi, tekan tombol ceklis di sudut kanan bawah layar

Tombol ceklis di sudut bawah kanan layar

5. Nonaktikan FlyChat untuk sosial media lain, biarkan aktif hanya di aplikasi WhatsApp saja.

Menyisakan notifikasi WhatsApp tetap aktif

6. Selesai. Seharusnya anda sudah bisa menikmati fitur balon obrolan di WhatsApp.

Balon obrolan akan muncul saat Anda mendapat pesan di WhatsApp. Selain itu, FlyChat juga memungkinkan Anda me-reply secara langsung melalui balon percakapan tsbt.

Gimana? Sangat mudah untuk mengaktifkan balon obrolan WhatsApp, bukan?

FlyChat terkenal sebagai aplikasi balon chat WhatsApp yang minim iklan, tak heran jumlah peminatnya mengalahkan aplikasi serupa yang menjadi rivalnya. Canggihnya lagi, FlyChat memiliki opsi untuk mengganti warna serta tema. Hal ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang cepat bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja.

Fitur mengganti warna dan tema FlyChat
Anda bisa mengganti warna dan tema balon obrolan WA

Walaupun begitu, FlyChat juga memilki kekurangan. Yakni Anda tidak bisa melihat atau mendengar langsung video, gambar, atau pun voice note melalui balon obrolan. Namun hal ini tentu tidak sebanding dengan banyaknya fitur unggul dan fungsi utama yang dimilikinya.

Rekomendasi Aplikasi Lain untuk Mengaktifkan Balon Obrolan WhatsAp

1. DirectChat (ChatHeads/Bubbles for All Messengers)

Selain WhatsApp, DirectChat ini juga dapat mengaktifkan balon obrolan di aplikasi sosmed lainnya lho, Sobat. Mengenai cara kerja dan metode pengaktifannya, Anda tidak perlu khawatir. Ga ribet kok!

Aplikasi DirectChat di Play Store

Di PlayStore, DirectChat memiliki popularitas yang tak kalah banyak dengan app pesaingnya. Telah diunduh sebanyak lebih dari sejuta kali, dengan rata-rata review positif dari para penggunanya. Dengan kata lain, DirectChat berfungsi dengan baik dan aman digunakan.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tampilan yang terkesan sangat statis, ditambah lagi dengan kemunculan iklan di header balon obrolan, khususnya ketika sedang membalas pesan.

2. Dashdow for WhatsApp

App rekomendasi selanjutnya adalah Dashdow for WhatsApp. Aplikasi yang satu ini nyaris tidak memiliki iklan di dalamnya. Cara pengaktifannya pun paling sederhana di antara aplikasi sejenisnya.

Aplikasi Dashdow for WhatsApp di Play Store

Sayangnya, Dashdow for WhatsApp ini tidak memiliki fitur membalas pesan secara langsung melalui balon obrolan. Sebagai gantinya, developer app ini memberi opsi kepada penggunanya untuk menginstall FlyChat.

Hal ini pulalah yang membuat bukugue.com menempatkan FlyChat sebagai rekomendasi utama untuk mengaktifkan balon obrolan WA.

3. Whats – BubbleChat

Jika Anda mencari aplikasi pengaktif balon obrolan WhatsApp, maka Whats – BubbleChat mungkin bisa menjadi pilihan tepat selain beberapa app tadi, sebab berada pada urutan teratas tangga rekomendasi Play Store.

Aplikasi Whats-Bubble Chat di Play Store

Namun ada satu alasan primer yang membuat bukugue.com tidak menjadikannya sebagai rekomendasi utama, yakni karena terlalu banyak gangguan iklan pada saat ingin mengaktifkan notifikasi dan permission terhadap aplikasi ini.

Setelah app terinstal di HP, pastikan untuk melakukan cross-check untuk ketiga permintaan aplikasi. Yang pertama untuk mengizinkan Whats – BubbleChat bekerja menimpa WhatsApp, yang kedua untuk mengaktifkan notifikasi, dan ketiga berisi panduan pengguna.


Itulah tadi cara mengaktifkan balon obrolan WhatsApp seperti Messenger. Yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam aktivitas multitasking Anda melalui smartphone.

Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

Tinggalkan komentar