Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Sejak pandemi virus corona, banyak orang harus menghadapi pemutusan hubungan kerja. Namun, hal tersebut ternyata membuat banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis.

Jika kamu adalah satu orang tersebut dan ingin mempromosikan produk milikmu di Instagram. Kamu sudah seharusnya mempelajari hal-hal yang bisa membantu bisnis kamu berkembang, seperti misalnya mempelajari teknik promosi, menganalisa saingan dan pasar, dll.

Salah satu media promosi yang baik adalah Instagram, Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang kurang lebih sudah digunakan oleh 1 miliar orang di seluruh dunia setiap bulannya. Indonesia berhasil menempati peringkat ke-4 untuk pengguna Instagram terbanyak, yaitu mencapai anka 59 juta pengguna per kuartal ketiga pada tahun 2019.

Berdarkan penelitian dari Hootsuite, Instagram juga berhasil mencatat 200 juta pengguna yang mengunjungi satu akun bisnis setiap harinya. Sehingga, inilah peluang emas bagi kamu yang ingin mempromosikan produk menggunakan akun Instagram. Apalagi penggunaan Instagram saat ini semakin terlihat meningkat hingga lebih dari 40% sejak pandemi virus corona.

Selain mempromosikan produk jualanmu menggunakan Instagram ads atau Facebook Ads, fitur yang tidak kalah penting dan bisa kamu gunakan yaitu Instagram Shopping. Fitur tersebut pastinya sering kamu lihat melalui akun bisnis di Instagram yang mempromosikan foto produk dengan menambahkan price tag.

Namun, jika kamu ingin menggunakan fitur Instagram Shopping, kamu harus terlebih dahulu memenuhi syarat kelayakan baru, yakni bisnis milikmu harus tmemiliki website. Jika kamu bingung, simak penjelasan berikut ini, untuk memudahkan bisnismu menjadi semakin besar dan sukses.

Syarat Mengaktifkan Instagram Shopping

Sebelum membahas tentang cara mengaktifkan Instagram Shopping, kamu harus terlebih dulu memahami beberapa persyaratan yang ada. Sebab Instagram tidak mengizinkan sembarang akun untuk mengakses Instagram Shopping. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memperhatikan beberapa persyaratan berikuti agar permintaanmu dapat diterima oleh Instagram:

  1. Bisnis harus berlokasi di area yang mendukung fitur Instagram Shopping.
  2. Pastikan produk yang kamu jual memenuhi syarat Instagram.
  3. Bisnis juga harus mematuhi perjanjian antara pelapak dan kebijakan perdagangan Instagram.
  4. Bisnis harus memiliki website untuk berjualan.

Step 1: Membuat Akun Bisnis Instagram

Sebelum membuat Instagram Shopping, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa akun milikmu sudah di konversikan ke akun bisnis. Jika kamu belum tahu caranya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Log in ke dalam Aplikasi Instagram .

Pilih dan tekan "pojok kanan atas"

2. Masuk pada bagian pengaturan.

Pilih dan tekan "pengaturan"

3. Pilih “beralih ke akun profesional.”

Pilih dan tekan "beralih ke akun profesional"

4. Klik “lanjutkan” hingga proses selesai.

Pilih dan tekan "lanjutkan"

5. Pilih kategori, misalnya Produk/Layanan dan klik selesai.

Pilih dan tekan "produk/layanan"

6. Selanjutnya kamu akan ditanya apakah kamu termasuk salah satu pelaku bisnis, jika iya kamu bisa pilih bisnis, jika tidak kamu sebaiknya pilih kreator. Berhubung pembahasan kali ini mengenai bisnis, maka dari itu bisa di pilih kategori bisnis seperti contoh berikut:

Pilih dan tekan "bisnis"

7. Jika sudah, maka tahap selanjutnya adalah memasukkan email dan nomor handphone yang aktif. Setelah itu tap “lanjutkan”.

Pilih dan tekan "info kontak"

8. Berikutnya kamu akan diminta untuk menghubungkan akun IG tsbt ke facebook. Tap “Log in ke Facebook” untuk masuk ke akun facebookmu.

Pilih dan tekan "hubungkan ke facebook"

9. Kemudian kamu bisa tap “Lanjut”.

Pilih dan tekan "lanjut"

10. Setelah itu pilih “ya, selesaikan penyiapan.”

Pilih dan tekan "ya selesaikan penyiapan"

11. Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat halaman di facebook. Silahkan isi nama dan kategori halamannya. Jika kamu sudah punya halaman, biasanya disini kamu bisa memilih halaman yang sudah ada, dan tidak akan diminta membuat halaman baru.

Pilih dan tekan "selanjutnya"

12. Selanjutnya akan masuk kelangkah menyiapkan akun bisnis tadi. Disini kamu selesaikan bagian-bagian yang belum selesai satu persatu.

Pilih dan tekan "lengkapi profil"

13. Setelah selesai langkah-langkah persiapan tadi, Instagram bisnis pun siap digunakan.

Pilih dan tekan "Instagram bisnis"

Jika tahapan sudah selesai, kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti profil yang informatif dan menarik, menambahkan foto profil, biografi, dan tautan ke situs website milikmu. Kamu juga bisa menggunakan hashtag untuk mempromosikan produk agar bisa menjaring para audiens.

Step 2: Mengaktifkan Instagram Shopping

1. Buka akun Instagram bisnis kamu tsbt.

Pilih dan tekan "Instagram bisnis"

2. Buka “Pengaturan”.

Pilih dan tekan "pengaturan"

3. Pilih “Bisnis”.

Pilih dan tekan "bisnis"

4. Pilih “Siapkan Instagram Shopping”.

Pilih dan tekan "instagram shopping"

5. Selanjutnya, kamu bisa klik “Mulai” jika muncul laman seperti dibawah ini.

Pilih dan tekan "mulai"

6. Berikutnya kamu akan diminta memilih katalog produk, jika kamu sudah memiliki situs sendiri, kamu pasti tau jenis CMS yang digunakan, kamu tinggal pilih CMS yang sesuai. Untuk pengguna wordpress biasanya menggunakan Woocommerce.

Pilih dan tekan "selanjutnya"

7. Selanjutnya masukkan alamat website milikmu.

Pilih dan tekan "selanjutnya"

8. Muncul laman tinjau detail toko, kamu bisa klik “Kirim” untuk ditinjau.

Pilih dan tekan "kirim untuk ditinjau"

9. Saat instagram sedang meninjau, kamu bisa menambahkan produk dan mengulang proses peninjauan produk. Jika sudah berhasil maka akan muncul seperti ini di Instagram Shopping milikmu:

Pilih dan tekan "produk Instagram Shopping

Jika sudah, selanjutnya kamu bisa berbisnis menggunakan akun instagram. Fitur Instagram Shopping akan memudahkan pembeli melihat harga barang dan mengunjungi websitemu.

Kamu juga harus tahu bahwa membuat website wajib dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas toko atau brand-mu dan mempermudah proses pembuatan Instagram Shopping nanti.

Selain itu membuat website sendiri bisa mempermudah sharing katalog produk ke Instagram.

Admin: Membuat website sendiri itu susah-susah gampang. Dengan banyaknya informasi berupa tulisan dan video, kita bisa dengan mudah membuat website dengan mengikuti tutorial yang ada, step-by-step.

Namun dalam proses ‘hidup-nya’, akan ada banyak kendala yang bisa ditemui terkait website kita tsbt. Dan kita harus bisa menganalisa apa masalahnya, lalu mencari solusinya diinternet. Solusi dari masalah-masalah ini biasanya selalu ada yang bahas, tapi penerapannya kadang tidak mudah, kadang beresiko jika kita tidak terlalu paham.

Jadi saranku buat pemula yang ingin punya website, setidaknya kamu perlu punya dua website. Satu website official, satu lagi situs dummy/testing. Kamu bisa gunakan situs dummy untuk testing2 hal-hal yang baru kamu pelajari, jika sudah dirasa paham, barulah terapkan kewebsite resminya.

Punya website dummy tidak harus mengeluarkan biaya, kamu bisa gunakan domain gratis dan hosting gratis untuk hal ini, jadi tidak ada biaya tambahan sama sekali.


Sekian pembahasan terkait “Cara mengaktifkan Instagram shopping”. Semoga tulisannya bermanfaat. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar