Cara mengetahui nama pemilik nomor WhatsApp yang tidak dikenal

Berbagai fitur bisa kita nikmati di aplikasi WhatsApp, salah satunya adalah membagikan nomor telepon ke pengguna lain tanpa harus menunggu persetujuan pemiliknya. Jadi tak heran apabila ada orang tidak dikenal tiba-tiba mengirimi kita pesan.

Meski belum menyimpan nomor asing tersebut, biasanya kita bisa tahu siapa pemiliknya hanya dengan melihat foto profil atau namanya lewat profil kontak. Akan tetapi, ada sebagian orang yang menyembunyikan kedua info penting ini sehingga orang lain tidak bisa melihatnya. 

Lantas bagaimana kita tahu nama pengirim pesan WhatsApp ini? Tenang saja, kalian bisa menggunakan aplikasi bernama GetContact, Truecaller, dll.

Langkah-langkah melihat nama pemilik nomor WhatsApp yang tidak dikenal

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui nama pemilik nomor yang tidak kita kenal.

Disini saya merekomendasikan aplikasi Getcontact. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang dan terbukti efektif dalam membantu mengetahui siapa pemilik nomor misterius yang mengirimi pesan di WhatsApp.

Untuk menggunakan aplikasi Getcontact, kamu bisa mengikuti langkah-langkah beriku.:

  1. Install aplikasi Getcontact di Google Play Store atau gunakan tautan berikut play.google.com/store/apps/details?id=app.source.getcontact. Setelah terinstall, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  1. Di awal tampilan, akan muncul kebijakan pribadi dan ketentuan layanan dari aplikasi Getcontact. Tekan tombol ‘Setuju & Lanjutkan’.
tekan tombol setuju & lanjutkan
  1. Selanjutnya, di halaman pengenalan ketuk tombol ‘Mulai Sekarang’.
ketuk tombol mulai sekarang
  1. Kamu akan melihat halaman Kartu Panggilan Cepat. Disini tekan tombol ‘Lanjutkan’ dan pilih aplikasi ‘kontak bawaan’ smartphone kalian.
  1. Setelah itu, kamu tinggal membuat akun Getcontact. Disini kamu bisa memilih menggunakan akun Google atau Facebook. Disini saya memilih opsi ‘Login dengan Google’.
pilih opsi login dengan google
  1. Jika kamu memiliki banyak akun Google, pilih salah satu yang ingin digunakan untuk membuat akun Getcontact.
pilih akun google untuk membuat akun getcontact
  1. Langkah berikutnya, verifikasi akun Getcontact. Ketuk tombol ‘Login cepat melalui WhatsApp’ yang ada dibawahnya.
ketuk tombol login cepat melalui whatsapp yang ada di bawahnya
  1. Getcontact akan memberikan kita pesan otomatis yang harus kita kirim melalui halaman percakapan WhatsApp mereka. Ketuk saja ikon ‘kirim’ untuk melanjutkan dan ketika ada balasan akun Getcontact sudah bisa digunakan.
Artikel Lainnya :  Status video di whatsapp tidak ada suara? Ini solusinya
  1. Sekarang buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu chat dari nomor yang tidak kamu kenal. 
buka menu percakapan dengan kontak yang tidak dikenal
  1. Berikutnya, masuk ke halaman profil kontak. Lalu ketuk dan tahan cukup lama untuk menyalin nomor tersebut ke clipboard.
  1. Sekarang, buka aplikasi GetContact dan kamu akan melihat nomor yang disalin akan muncul di layar. Tekan saja tombol ‘OK’ untuk mencari tahu nama pemiliknya. 
tekan tombol Ok untuk tahu nama pemiliknya
  1. Getcontact akan menampilkan nama pemilik nomor tersebut, untuk mengetahui lebih detail tekan saja menu ‘Penanda Lainnya’ yang ada dibawah.

Aplikasi Getcontact tidak terbatas pada aplikasi WhatsApp. Kamu bisa menggunakannya untuk tahu pemilik nomor di aplikasi Telegram, Instagram, atau Marketplace di Facebook. Sehingga kecurigaan terhadap orang tersebut bisa terjawab dengan mudah.

Aplikasi alternatif untuk tahu nama pengirim pesan WhatsApp yang tidak dikenal

Selain aplikasi GetContact, ada beberapa aplikasi mirip yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui pengirim pesan WhatsApp yang tidak dikenal. 

  1. Aplikasi Truecaller

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 500 juta kali, jadi tak heran jika saya akan merekomendasikannya sebagai aplikasi alternatif untuk mencari tahu pemilik nomor ponsel yang tidak dikenal.

Aplikasi Truecaller: ID
Aplikasi Truecaller: ID

Truecaller juga memiliki segudang fitur menarik seperti memblokir nomor telepon berbahaya, mengirim sms atau melakukan panggilan dalam satu tempat layaknya WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store atau gunakan tautan berikut play.google.com/store/apps/details?id=com.truecaller.

  1. Aplikasi Caller ID

Aplikasi Caller ID sudah diunduh lebih dari 100 juta kali, sehingga tidak perlu ragu untuk menggunakannya sebagai penampil pemilik nomor WhatsApp misterius yang menghubungi kita.

Aplikasi Caller ID
Aplikasi Caller ID

Fitur lainnya juga tersedia di aplikasi Caller ID ini, seperti merekam panggilan, deteksi lokasi pemilik nomor telepon, menampilkan foto profil WhatsApp yang disembunyikan dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya :  Cara agar media WhatsApp tidak tersimpan di galeri

Aplikasi Caller ID tersedia secara gratis dan kamu bisa menggunakan tautan berikut untuk mengunduhnya play.google.com/store/apps/details?id=com.callapp.contacts.

  1. Aplikasi Showcaller: ID

Jika kamu memiliki device low end, aplikasi Showcaller: ID menjadi pilihan yang tepat sebab hanya memiliki ukuran kurang dari 10 MB. 

Aplikasi Showcaller: ID
Aplikasi Showcaller: ID

Selain memiliki fitur untuk tahu pemilik nomor tidak dikenal, kamu juga bisa menggunakannya untuk mendeteksi panggilan spam, memanggil kontak teman dengan cepat, maupun merekam panggilan.

Jika tertarik dengan Showcaller: ID, berikut link untuk mengunduh aplikasinya di Google Play Store play.google.com/store/apps/details?id=com.allinone.callerid.


Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui siapa nama pemilik dari nomor telepon yang mengirimi kita pesan WhatsApp. Kamu juga bisa mencobanya jika tertarik dengan fitur tambahan yang ada.

Semoga pembahasan tadi dapat membantu, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menuliskannya lewat kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar