Cara menggunakan fitur Bookmark di Twitter

Markah atau Bookmark lebih dahulu dikenal sebagai penanda buku. Jika kamu suka baca buku, kamu pasti pernah lihat tali atau kertas kecil, yang bisa digunakan untuk menandakan halaman berapa kita terakhir membaca. Inilah yang disebut dengan bookmark pada awalnya.

Sekarang, kata bookmark atau markah tidak hanya digunakan dibuku saja, tapi dibanyak tempat. Bookmark di browser misalnya, digunakan untuk menandai dan menyimpan suatu laman web supaya bisa dengan mudah dicari nanti.

Admin: Aku sendiri punya banyak bookmark di browserku, bahkan sampai harus dibagi menjadi beberapa kategori. Ada kategori terkait hobiku membaca novel, dan ada bookmark terkait pekerjaan seperti situs saingan, backlink, topik tulisan yang perlu aku pertimbangkan, dll. Bisa dibilang fitur ini penting sekali buat yang suka internetan 😀

Nah belum lama ini, Twitter meluncurkan fitur yang dinamakan Bookmark atau Markah. Buat yang belum tau, simak pembahasan dibawah ya.

Apa itu Bookmark di Twitter

Markah atau Bookmark di Twitter adalah fitur untuk menyimpan atau menandai tweet yang kamu temukan supaya nanti mudah dicari dan dilihat kembali. Fitur ini mirip fungsinya dengan bookmark di browser pada umumnya. Bedanya jika bookmark dibrowser digunakan untuk menandai laman web, bookmark di Twitter digunakan untuk menandai Tweet.

Jadi dengan fitur ini kita bisa punya daftar tweet yang kita “bookmark”, daftar tweet didalam bookmark ini bisa kita tambahkan atau hapus dengan gampang.

Postingan atau Tweet yang kamu perlu bookmark adalah postingan yang kamu rasa penting saja. Bisa tweet individu, bisa juga thread panjang.

Artikel Lainnya :  Cara mengatasi lupa password di Twitter

Banyak kok postingan yang bisa kamu simpan di markah atau bookmark ini. Seperti misalnya thread tentang lowongan pekerjaan atau tentang tutorial-tutorial tertentu, thread tentang cerita horor yang kamu ikuti, cerita pengalaman hidup, tentang kesehatan, masak-memasak, dan lainnya yang muncul di beranda Twitter kamu.

Intinya sih Tweet yang dibookmark itu adalah Tweet yang kamu rasa penting dan ingin dibaca lagi nanti.

Cara membookmark Tweet Di Twitter

1. Cari Tweet yang ingin kamu bookmark, lalu pilih “ikon berbagi” pada bagian bawah Tweet.

Pilih postingan Twitter yang akan disimpan dalam markah

2. Kemudian pilih “Markah”.

Pilih ikon "Markah" untuk menambahkan ke markah

3. Selesai. Tweet akan secara otomatis masuk ke daftar markah kamu.

Cara melihat Tweet yang di Bookmark

Untuk melihat tweet yang telah kamu bookmark atau beri markah tadi, kamu hanya perlu mengikuti tiga langkah mudah dibawah ini.

1. Tekan tombol menu di aplikasi Twitter kamu.
2. Pilih menu “Markah” atau “Bookmark”

Pilih ikon titik tiga untuk menampilkan menu Twitter

3. Selesai. Kamu akan dibawa kehalaman markah seperti dibawah.

Tampilan halaman bookmark Twitter

Nah, disinilah kamu akan melihat daftar markah yang tersimpan di Twitter kamu. Markah yang sebelumnya sudah kamu simpan juga akan terlihat disana juga, contohnya seperti pada gambar.

Cara menghapus bookmark di Twitter

Untuk menghapus markah juga tidak sulit, kamu bisa menghapus salah satu tweet saja, atau bahkan menghapus seluruh tweet.

Untuk menghapus salah satu tweet yang dibookmark, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah.

1. Pilih tweet yang ingin kamu hapus dari markah.
2. Tekan “ikon berbagi” di pojok kanan bawah tweet tsbt.

pilih ikon paling kanan untuk menghapus markah

3. Pilih “Hapus markah”.

Pilih “Hapus markah” untuk menghapus tweet dari markah

4. Selesai. Tweet tersebut akan hilang dan terhapus dari markah. Bisa dilihat prosesnya tidak jauh berbeda dengan proses membookmark tweet tsbt.

Kalau kamu ingin menghapus semua tweet yang di markah sekaligus dengan cepat, kamu hanya perlu tap “ikon titik tiga” dipojok kanan atas dihalaman Markah, lalu pilih opsi “Hapus semua Markah”.

pilih “Hapus semua markah” untuk menghapus keseluruhan

Dengan begini, markah kamu akan bersih dari semua tweet, dan kamu bisa mulai menandai lagi dari awal. Hal ini bisa dilakukan saat kamu terlalu banyak membookmark tweet sehingga sulit mencari tweet yang kamu benar-benar butuhkan saat itu.

Artikel Lainnya :  Cara melihat Trending Topik twitter berdasarkan lokasi

Oke, sekarang sudah pahamkan bagaimana cara menggunakan fitur markah di Twitter? Jadi kalau kamu menemukan postingan yang menarik dan akan kamu baca nanti, lebih baik masukkan saja ke dalam markah atau bookmark Twitter.

Kalau kamu sudah tidak membutuhkannya, tinggal kamu hapus saja dari markah. Kamu bisa hapus salah satu postingan atau menghapusnya secara keseluruhan isi markah kamu. Mudah sekali.

Selamat bersenang-senang dengan fitur markah di Twitter!

Tinggalkan komentar