Cara menghapus akun TikTok sendiri secara permanen

TikTok adalah aplikasi sosial media yang berasal dari China. Aplikasi ini diluncurkan pertama kali di tahun 2017 lalu dan berhasil berkembang dengan sangat cepat. Bahkan beberapa bulan lalu, aplikasi ini dikabarkan telah diunduh sebanyak lebih dari 2 miliar kali di seluruh dunia.

Tapi popularitas TikTok pun dibarengi dengan sejumlah masalah, seperti data pengguna yang dinilai kurang aman oleh beberapa pihak dan sensor terhadap konten yang dianggap sensitif oleh pemerintah China.

Di Indonesia sendiri, sebelumnya TikTok sempat diblokir oleh Kominfo karena sejumlah konten negatif yang diunggah penggunanya, seperti konten-konten yang mengandung kekerasan dan pornografi.

Tapi meski pemblokiran tersebut sudah lama dibatalkan, hingga kini TikTok masih dipenuhi dengan video yang mengundang syahwat. Hal ini tentunya akan membuat sejumlah pengguna merasa tidak nyaman.

Nah, jika kamu tidak ingin lagi melihat konten-konten seperti itu, maka tentunya kamu bisa menghapus akun TikTokmu.

Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

Untuk menghapus akun TikTok, ada sejumlah langkah mudah yang bisa kamu lakukan, yaitu :

1. Buka TikTok dan tap icon “Profil” yang terdapat di kanan bawah.

Tap icon "Profil" Di kanan bawah.

2. Di halaman “Profil”, tap icon tiga titik yang bisa kamu temukan di sebelah kanan atas.

Tap icon tiga titik yang bisa kamu temukan di sebelah kanan atas.

3. Di halaman “Pengaturan dan privasi”, tap “Kelola akun”.

Tap "Kelola akun".

4. Lalu di halaman “Kelola akun”, kamu tinggal tap “Hapus akun”.

Tap "Hapus akun".

5. Di halaman selanjutnya, system TikTok akan memverifikasi bahwa yang sedang menghapus akun tsbt adalah benar si pemilik akun yang sah.

Jika kamu mendaftar dengan menggunakan email, maka kamu harus memasukkan kata sandi akun TikTok tsbt di proses verifikasi. Sedangkan jika kamu membuat akun TikTok menggunakan nomor HP, TikTok akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP tsbt melalui SMS.

Artikel Lainnya :  Cara cek password yang tersimpan di browser kamu

Tap “Lanjutkan” untuk masuk ke langkah berikutnya.

6. Kamu akan dibawa ke halaman “Konfirmasi”. Di sana, ada informasi mengenai hal-hal yang akan terjadi setelah menghapus akunmu. Baca baik-baik informasi tersebut. Lalu scroll ke bawah dan tap “Hapus Akun”.

7. Tap “Hapus” pada menu yang muncul.

Tap "Hapus".

8. Selesai, akun Tiktok berhasil dihapus. Kamu bisa lanjutkan dengan meng-uninstall aplikasi TikTok kamu.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun TikTok yang Sudah Dihapus

Jika kamu membaca informasi yang terdapat di halaman “Konfirmasi” ketika hendak menghapus akun TikTok, maka kamu pastinya tahu bahwa akun yang dihapus kurang dari 30 hari masih dapat dikembalikan. Lebih dari itu, akun TikTok akan dihapus secara permanen dan kamu pun tidak bisa mengembalikannya.

Nah, jika sebelum 30 hari kamu berubah pikiran dan ingin mengembalikan akun TikTokmu, maka coba ikuti langkah di bawah.

1. Buka aplikasi TikTok dan tap “Masuk” yang terdapat di bagian bawah.

Tap "Masuk".

2. Disini ada beberapa pilihan untuk login, kamu bisa gunakan pilihan mana saja asalkan bisa login lagi ke akun TikTok tsbt. Sebagai contoh disini aku pilih menu “Gunakan nomor telepon/email/nama pengguna”.

Tap “Gunakan nomor telepon/email/nama pengguna”

3. Disini akan ada pilihan dengan “nomor HP” atau “email/nama pengguna”. Pilih menu “Telepon”.

Cara menghapus akun TikTok sendiri secara permanen 15

4. Masukkan nomor HP dikolom yang tersedia dan tap “Kirim Kode”. Setelah itu, masukkan kode yang dikirim ke nomor hp-mu.

5. Setelah berhasil login, kamu akan menemukan pemberitahuan seperti dibawah ini. Disini kamu tinggal pilih “Aktifkan kembali”.

Tap "Aktifkan kembali".

6. Selesai, akun TikTok pun berhasil dikembalikan.

Setelah diaktifkan kembali, semua like, pengikut dan video yang telah kamu upload tidak akan menghilang. Semua dikembalikan seperti saat akun belum dihapus.

Artikel Lainnya :  Cara Membuat Absen di Google Form dengan Tanda Tangan

Sekian untuk pembahasan kali ini. Jika ada pertanyaan terkait proses menghapus akun TikTok, kamu bisa kirimkan dikolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar