Cara menghapus banyak followers di Instagram sekaligus

Untuk menghapus follower di instagram sebenarnya tidak lah sulit, instagram sendiri sudah menyediakan fitur ini. Yang jadi masalah adalah, banyak pengguna yang ingin menghapus “banyak” follower sekaligus, ini yang sulit, karena fitur-nya tidak tersedia di instagram.

Di instagram kalian bisa dengan mudah menghapus follower satu-persatu. Tapi jika jumlahnya banyak, tentu hal ini memakan waktu cukup lama.

Biasanya orang akan senang jika banyak follower atau pengikut, tapi entah kenapa ada yang ingin tahu bagaimana cara menghapus follower atau pengikut di instagram.

Apapun alasan kalian sampai kehalaman ini, kalian jelas ingin tau cara menghapus follower. Disini kita akan bahas mengenai hal tsbt dengan detail.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan, saya ingin tau apa tujuan kalian melakukan hal ini?

  1. Apakah karena kalian baru mem-private akun instagram kalian dan ingin membersihkan follower-follower sebelumnya?
  2. Atau ada follower yang mengganggu kalian, jadi kalian ingin menghapusnya?

Hal ini tentu beda penyelesaiannya.

Untuk kasus pertama, kita akan jelaskan dibawah, sedangkan untuk kasus kedua, maka solusinya bukan menghapus follower, tapi memblokir follower tersebut.

Kalian perlu tau, bahwa menghapus follower beda dengan blockir. Kalau kalian hapus seorang follower, follower tsbt masih bisa mengikuti akun kalian lagi kapanpun mereka mau, kecuali akun kalian di private. Tapi kalau akun kalian masih publik, saat kalian menghapus follower dan tidak ingin mereka kembali, maka solusinya bukan hapus follower tapi blokir follower.

Jika sudah paham esensinya, barulah kita masuk kepembahasan. Maaf agak panjang intro-nya :D.

Menghapus followers manual lewat aplikasi IG di HP

Kita jelasin yang simpel dulu, karena tidak semua orang perlu menghapus follower banyak sekaligus.

  1. Seperti biasa, buka aplikasi Instagram di ponsel kalian. Lalu masuk ke halaman profil, selanjutnya tap bagian “followers” atau “pengikut”.
Halaman Awal Instagram

2. Dihalaman followers, akan terlihat siapa saja yang mengikut kalian. Tap tombol “Remove” yang ada disebelah akun yang ingin kalian hapus.

Pilih Remove
Pilih Remove

3. Setelah itu akan muncul peringatan “Remove follower” seperti dibawah. Tap “Remove” untuk mengkonfirmasi penghapusan follower tersebut

Pilih Remove

4. Selesai. Untuk menghapus akun lainnya, kalian bisa ulangin langkah diatas dari awal.

Intinya adalah kalian bisa menghapus follower dengan cara diatas. Sekali lagi, agar mereka tidak memfollow kalian lagi kedepannya, cuma ada 2 alternatif, yaitu dengan memprivate akun kalian, atau memblokir akun follower kalian tersebut.

Menghapus followers sekaligus banyak dengan aplikasi tambahan

Admin: Aplikasi yang dijadikan contoh disini sudah dihapus dari google playstore, aku sudah cari penggantinya tapi belum nemu yang kasih fungsi yang sama. Jadi bagian ini SKIP aja dlu.

Selain cara diatas, kalian juga bisa menghapus banyak pengikut kalian sekaligus banyak. Kalian bisa menandai siapa saja yang akan kalian block atau unfollow. Cara ini tentu lebih praktis dari cara manual diatas. Cara ini menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Saya sudah mendownload beberapa aplikasi serupa, namun beberapa aplikasi itu tidak maksimal, bahkan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan karena harus membayar dulu.

Aplikasi yang saya rekomendasi untuk digunakan adalah “Cleaner for Instagram Unfollow, Block and Delete” yang bisa kalian download di Playstore.

Sebelum kita lanjut kepembahasan, ada hal yang perlu kalian ketahui.

  1. Aplikasi pihak ketiga ini kemungkinan menyimpan data kalian. Untuk menggunakan aplikasi ini kalian harus memasukkan username dan password instagram kalian.
  2. Instagram sendiri melarang penggunanya menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses fitur yang tidak resmi. Oleh karena itu jika kalian menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ini, ada kemungkinan akun Instagram kalian di ban/suspend/kena penalti. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini sesekali saja agar tidak terlacak sebagai pelanggaran.

Jika sudah mengetahui kedua resiko diatas, langsung aja masuk ke pembahasannya dibawah.

1. Download dan install Aplikasi “Cleaner for instagram unfollow, ini linknya : (APLIKASINYA SUDAH TIDAK ADA LAGI)

Download Apllikasi

2. Jika sudah selesai install, buka aplikasi tsbt. Dihalaman awal, kalian akan diminta memasukkan username dan password instagram, setelah di isi, tekan panah seperti pada gambar.

Masukkan User dan Password

3. Akan muncul penjelasan Tos-nya. Pilih “AGREE” untuk menyetujui. Jika muncul permintaan lainnya, setujui semua.

Pilih Agree

4. Jika username dan password yang dimasukkan diawal tadi benar, seharusnya kalian sudah login akun kalian di aplikasi ini. Disini akan terlihat akun yang kalian ikuti (following).

halaman Following

5. Kita akan menghapus follower, maka masuk dulu ke tab “Followers” seperti dibawah.

pilih follower

6. Dihalaman follower ini, kalian bisa menandai sebagian dengan tekan dan tahan di nama akun, atau bisa menandai semua jika mau. Jika suda dipilih, akun tersebut akan ada linkaran biru.

Tandai follower

7. Setelah memilih beberapa akun, tap tanda petir.

Pilih Lambang Petir

8. Setelah itu pilih ikon “Unfollow”. Selanjutnya pilih “Start Now” dari pop-up menu yang muncul.

9. Tunggu proses selesai. Semakin banyak follower yang kalian pilih tadi, semakin lama prosesnya.

Proses Menghapus

10. Follower berhasil dihapus dan tidak lagi terlihat di daftar follower dibawah.

Follower Berhasil dihapus

Admin : Proses diatas itu otomatis, dan kalau kita menghapus atau memblock banyak orang sekaligus, instagram akan curiga, karena ini sesuatu yang tidak normal. Resikonya adalah kegiatan kita di suspend, dan kita tidak bisa menghapus atau memblock follower dalam beberapa waktu kedepannya. CMIIW.

Bisakah menghapus followers lewat situs instagram di desktop atau PC?

Sejauh ini tidak ada menu untuk menghapus follower di instagram di komputer. Saat di lihat daftar pengikut seperti dibawah, menu yang muncul adalah untuk memfollow balik atau membatalkan following ke akun tersebut.

Hapus Follower

Membatalkan following itu artinya kita berhenti mengikuti akun tsbt, tapi akun tsbt masih mengikuti kita. Sepertinya memang tidak ada menu untuk remove follower seperti di aplikasi instagram di HP atau tablet.


Itulah bagaimana cara mudah menghapus Follower di Instaram dengan menggunakan Aplikasi, Kompiter atau Browser, dan menggunakan Aplikasi pihak ketiga, Jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tulis dikolom komentar.

Tinggalkan komentar