Cara menghemat kuota Instagram (Super Lengkap)

Hallo instagrammers! Kamu ngerasa nggak sih kalau kuota datamu lebih cepat terkuras habis kalau dibuat buka instagram? Memang faktanya instagram adalah salah satu aplikasi yang paling banyak menyedot kuota. Hal ini karena Instagram adalah aplikasi yang berbasis berbagi foto dan video.

File foto dan video merupakan file yang paling banyak menyedot kuota Internet pada umumnya. Entah itu di Facebook, Twitter, Youtube, atau browsing di sembarang situs di internet, file media merupakan penyedot kuota terbesar.

Di sini aku bakal kasih beberapa tips untuk menghemat kuota instagram. Dengan tips and trik ini, aku jamin 100% kamu bakal lebih irit kuota. Penasaran? Langsung simak caranya yuk.

1. Aktifkan fitur “Penghemat Data” di aplikasi Instagram

Fitur “Penghemat Data” ini bekerja dengan memuat video lebih akhir. Kalau kamu tidak gunakan fitur ini, video akan dimuat lebih awal, bahkan sebelum kamu scroll ke video tsbt. Dengan menggunakan fitur penghemat data, video hanya akan di load saat kamu mulai melihat videonya dilayar kamu, jadi jika kamu scroll cepat, bisa jadi videonya tidak diload sama sekali.

  1. Pertama, buka halaman profil IG-mu, kemudian pilih “menu hamburger” dipojok kanan atas.
pilih titik tiga

2. Tap menu “Pengaturan”.

pilih pengaturan

3. Selanjutnya pilih menu “Akun”.

pilih akun

4. Scroll ke bawah lalu tap menu “Penggunaan data Seluler”.

pilih penggunaan data seluler

5. Aktifkan mode “Penghemat Data” dengan menggeser tombol slide ke arah kanan sampai warnanya menjadi biru seperti di bawah ini.

klik penghemat data

2. Gunakan media resolusi rendah dijaringan seluler

Semakin tinggi resolusi media (foto dan video) yang ditampilkan, maka instagram juga akan memakan kuota yang lebih besar. Inilah salah satu alasan juga kenapa kuotamu gampang habis.

Nah, selain mengaktifkan fitur penghemat data, kamu juga perlu mengatur agar media beresolusi tinggi hanya disajikan di jaringan Wi-Fi. Yuk simak caranya di bawah ini.

  1. Langkah awalnya sama dengan cara untuk mengaktifkan fitur penghemat data diatas. Jadi pertama kamu harus mempraktikkan langkah 1 sampai langkah 4 pada tutorial di atas.
  2. Kemudian, dihalaman seperti dibawah ini, pilih menu “Media Beresolusi Tinggi”.
klik "Media Beresolusi Tinggi"

3. Selanjutnya pilih menu “Wifi saja” atau “Tidak pernah”.

  • Tidak pernah. Jika kamu pilih menu ini, maka secara otomatis Instagram tidak akan pernah menampilkan foto atau video dengan resolusi tinggi, meskipun kamu pakai wifi. Kelebihannya adalah akses cepat, bahkan ketika wifi sedang lemot. Kekurangannya juga cukup jelas, kualitas gambar dan video rendah.
  • Wifi saja. Jika kamu pilih menu ini, maka kamu masih bisa melihat foto atau video beresolusi tinggi saat ponselmu tersambung wifi ya. Kalau pakai paket data, relosusi foto atau videonya akan direndahkan.
  • Seluler + wifi. Jika kamu pilih menu ini, instagram akan menampilkan foto atau video dengan resolusi tinggi baik saat kamu pakai paket data atau wifi. Ini sangat tidak disarankan karena sangat boros kuota data.

Menu yang paling aku sarankan adalah “Wifi saja”. Dengan memilih menu tersebut, kamu bisa lebih hemat kuota data saat menggunakan jaringan seluler, namun tetap bisa menikmatik kualitas gambar dan video HD saat menggunakan Wifi.

3. Matikan notifikasi yang kurang penting

Cara lain yang bisa dipakai untuk menghemat kuota IG adalah dengan mematikan notifikasi yang tidak penting. Semakin banyak notifikasi, semakin sering kamu buka instagram, semakin banyak kuota habis.

Jadi dengan mengurangi notifikasi yang kamu terima, secara tidak langsung mengurangi penggunaan kuota.

  1. Pertama, buka halaman profil IG-mu, kemudian pilih menu hamburger dipojok kanan atas.
pilih titik tiga

2. Klik menu “Pengaturan”.

pilih pengaturan

3. Pilih menu “Notifikasi”.

PILIH NOTIFIKASI

4. Selanjutnya kamu bisa mengatur jenis notifikasi yang mau dimatikan. Kalau kamu mau mematikan semua postingan, pilih “Jeda Semua”. Selanjutnya akan muncul pilihan waktunya. Di sini kamu bisa memilih tenggat waktu mulai dari 15 menit sampai dengan 8 jam untuk berhenti menerima notifikasi dari instagram. Hal ini dibahas dengan detail dihalaman bukugue.com/cara-mematikan-notifikasi-instagram-untuk-sementara/

5. Selain itu kamu juga bisa mematikan notifikasi tertentu secara permanen. Misalnya kamu bisa matikan notifikasi siaran langsung, notifikasi pesan, dll. Jadi cukup aktifkan notifikasi yang benar-benar penting saja.

Atur jenis notifikasinya

Meski terlihat remeh, tapi secara tidak langsung cara ini bisa menghemat kuota juga lho. Logikanya, kalau notifikasi itu masih dibiarkan aktif, berarti instagram akan tetap bekerja di latar belakang, selain itu setiap ada notifikas masuk, kamu “dipaksa” untuk buka, meskipun kadang tidak terlalu penting.

4. Kurangi waktu penggunaan Instagram secara sadar

Semakin lama kamu buka instagram, maka akan semakin besar pula kuota yang dipakai. Selain itu, aktivitasmu di IG juga berpengaruh lho. Aku sudah coba bermain IG selama beberapa menit dengan beberapa aktivitas yang berbeda.

  1. Menonton video, satu menit menonton video di Instagram, kuotaku habis sekitar 7 MB.
  2. Melihat foto, satu menit melihat foto dan instastory, kuotaku habis sekitar 6 MB.
  3. Live IG, satu menit live IG, kuotaku habis sekitar 7,5 MB.

Nah, selama satu menit rata-rata kita menghabiskan 6 hingga 7 MB untuk bermain Instagram. Ini mirip seperti perhitungan mas digo ditulisan ini. Jika satu menit menghabiskan 6-7 MB, untuk satu jam akan menghabiskan kira-kira 400 MB. Jika kamu hanya pakai instagram 1 jam setiap hari, sebulan kamu akan menghabiskan kuota sekitar 12GB.

Simpelnya begini, jika kamu mengurangi waktu bermain Instagram 15 menit saja satu hari, kamu bisa menghemat sekitar 100 MB setiap hari. Sebulan kamu bisa menghemat 3000MB atau 3GB.

Ini perhitungan yang simpel saja, dan mengurangi penggunaan Instagram selama 15 menit perhari rasanya tidak terlalu sulit.

5. Jangan terlalu cepat saat scroll

Sob, cara ini memang terdengar nyeleneh, tapi ini cukup efektif lho.

Semakin cepat kamu scroll, maka akan semakin banyak juga foto atau video yang dilihat dalam satu menit. Semakin banyak yang dilihat, semakin banyak kuota yang terpakai.

Misalnya nih, jika kamu scroll dengan cepat, kamu bisa melihat 20 foto dalam satu menit. Sedangkan jika kamu scroll sedikit lebih lambat, kamu hanya melihat 10 foto. Secara tidak langsung, kamu bisa menghemat hampir 50% kuota di menit tsbt.

Point penting dari tips nomor 5 ini adalah jangan terlalu cepat mengkonsumsi konten-nya.

Jadi kalo lagi main IG nyantai aja scrollnya. Pelan-pelan trus dilihat dan nikmatin foto atau videonya sampe habis, terus kasih like atau comment, baru scroll ke bawah buat lihat foto atau video selanjutnya. Dengan begitu, kuotamu nggak akan habis secara drastis sob.

6. Kurangi memposting file media berukuran besar seperti video

Salah satu penyebab kuota mudah habis adalah karena kita sering memposting media berukuran besar sob. Yang paling sering kita lakukan adalah memvideo aktivitas kita, terus diupload ke instastory atau ke postingan. Padahal hal tsb punya pengaruh yang sangat besar lho pada kuota kita.

Jika 1 foto ukurannya cuma beberapa MB (tergantung resolusi), satu file video bisa berukuran puluhan hingga ratusan MB (tergantung resolusi dan durasinya).

Jadi untuk saat ini, saat kamu tidak ada koneksi ke Wifi, kurangi upload file berukuran besar. Tunda uploadnya hingga kamu bisa punya akses Wifi. Atau kalau memang tidak ada akses Wifi sama sekali, kurangi upload video.

7. Perbanyak membuat konten (berkualitas) dari pada mengkonsumsi konten

Jika kamu melihat atau mengkonsumsi konten di Instagram, dalam satu menit kamu bisa menghabiskan kuota untuk sekitar 6-7 MB. Sedangkan jika membuat konten, dalam satu menit kamu paling cepat hanya bisa upload satu foto (foto berkualitas). Ini karena proses pengambilan foto, pemilihan efek, editing, filter, dll bisa memakan waktu satu menit bahkan lebih, dan kuota yang terpakai saat itu hanya kuota untuk upload satu foto itu saja.

Begitu juga dengan video, untuk membuat video 1-5 menit (video berkualitas), kamu mungkin butuh waktu hingga setengah jam bahkan lebih. Dan dalam waktu setengah jam tadi, kuota tidak berkurang sama sekali, hanya berkurang saat kamu proses upload video tadi. Jika waktu tsbt kamu pakai untuk mengkonsumsi konten, dalam setengah jam setidaknya kuota kamu akan habis sekitar 200MB, dan ini jauh lebih besar dari pada kuota upload video berdurasi 1-5 menit.

Selain menghemat kuota, membuat konten bisa meningkatkan skill kamu. Skill produksi konten saat ini cukup diperlukan, dan memiliki nilai komersil di pasaran. Kamu bisa menjajakan skill ini disitus-situs pekerja freelance.


Nah, begitulah sob beberapa tips and trick untuk menghemat kuota IG. Ingat ya, semakin banyak dan semakin lama aktifitas yang kamu lakukan di IG, maka kuota yang dipakai juga akan semakin banyak.

Nah, sekian dulu ya pembahasan tentang cara menghemat kuota IG di artikel kali ini. Jangan lupa untuk memahami betul hal-hal yang bisa menguras kuotamu.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman kamu yang selalu ngeluh kuotanya habis buat IG-an. Semoga setelah membaca artikel ini, kuotamu bisa lebih irit ya. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar