Cara Menghubungkan Twitter Ke Facebook Dan Sebaliknya

Berapa akun media sosial yang kamu miliki? Apakah kamu saat ini menggunakan lebih dari 1 akun medsos? Misalnya, akun Facebook dan Twitter?

Mengelola akun media sosial lebih dari satu mungkin sedikit merepotkan. Terlebih bagi kalian yang tetap ingin eksis di kedua medsos tersebut. Alih-alih eksis, jika kita tidak dapat mengelolanya dengan baik mungkin salah satu akun akan terbengkalai.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menghubungkan akun Facebook dan Twitter.

Jika kamu menghubungkan kedua akun media sosial tersebut, kamu dapat mengupdate postingan cukup sekali saja. Misalnya jika kamu membuat status di Facebook maka pada akun Twittermu juga akan terupdate status atau tweet yang sama.

Fitur resmi untuk menghubungkan Twitter dan Facebook sudah tidak ada

Ini fitur lama untuk menghubungkan Facebook dan Twitter. Ini tampilan pengaturan yang dulunya bisa ditemukan di Twitter. Dan pengaturan ini sudah tidak ada lagi di Twitter.

Sedangkan ini halaman pengaturan Facebook yang dulunya digunakan untuk mengaitkan Facebook ke Twitter.

Screenshot dari tulisan lama yang ditulis di tahun 2018 lalu

Kamu bisa lihat di screenshot lama, bahwa untuk menghubungkan Twitter dari Facebook bisa dilakukan melalui laman https://www.facebook.com/twitter.

Sebagai buktinya bahwa fitur ini memang sudah tidak ada, kamu bisa coba kunjungi halaman https://www.facebook.com/twitter sekarang. Kalau kamu kunjungi link-nya sekarang (di tahun 2020), maka kamu akan menemukan profil pengguna Facebook seperti dibawah ini.

Link yang dulu-nya diakses untuk menghubungkan Facebook ke Twitter, sekarang sudah dihilangkan oleh Facebook. Jika dilihat diatas, sepertinya pengguna bernama “Bensuri” berhasil mencaplok username “twitter” saat link-nya dilepas Facebook.

Solusi terbaru, aplikasi IFTTT untuk menghubungkan Facebook dan Twitter

IFTTT merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan berbagai macam perintah di banyak akun seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google, Telegram, dan lain-lain.

Nah salah satu fitur yang tersedia di IFTTT adalah menghubungkan Facebook dan Twitter.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana menghubungkan akun Facebook dan Twitter, silahkan pasang terlebih dahulu aplikasi ini dan buat akun atau masuk menggunakan akun medsos. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial berikut ini.

1. Install aplikasi IFTTT di Playstore, kamu juga dapat membukanya pada link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ifttt.ifttt

2. Pastikan bahwa kamu sudah login di aplikasi Twitter dan Facebook pada HPmu. Hal ini berguna untuk memudahkan proses login di aplikasi IFTTT.

3. Setelah apllikasi terpasang, selanjutnya buka aplikasi dan masuk menggunakan akun media sosial. Disini kami menggunakan akun Facebook untuk masuk.

4. Jika kita sudah login di aplikasi Facebook di HP maka kita tinggal menekan “lanjutkan sebagai (nama akun Facebook)”.

tap "lanjut sebagai ..."
tap “lanjut sebagai …”

5. Beginilah tampilan utama dari aplikasi IFTTT. Sampai disini kita sudah berhasil masuk ke aplikasi IFFTT-nya.

tampilan IFTTT
tampilan IFTTT

6. Selanjutnya kita ingin menghubungkan Facebook ke Twitter, yang perlu dilakukan adalah tap tombol “explore” yang ada dihalaman awal IFTTT. Setelah itu dikolom pencarian masukkan “FB status” , lalu tekan enter.

7. Berikut hasil pencarian dengan kata “FB status”. yang kita butuhkan disini adalah menu “FB Status Update to Twitter”. Tap menu tsbt.

8. Dihalaman “FB Status Update to Twitter” ini, geser slider “connect” ke arah kanan.

geser slider untuk mengoneksikan

9. Selanjutnya kamu akan dibawa ke Perizinan Twitter seperti dibawah. Tekan tombol “Izinkan aplikasi”.

tap "izinkan aplikasi"

10. Selanjutnya, kamu akan diteruskan menuju perizinan Facebook seperti dibawah, untuk mengonfirmasinya tap “lanjutkan sebagai (nama profil facebok)”.

tap "lanjut sebagai ..."
tap “lanjut sebagai …”

11. Sampai disini kita sudah memberi izin ke aplikasi IFTTT untuk bisa mengakses Facebook dan Twitter kita. Di-slider akan tertera tanda “connected”.

tanda bahwa sudah terhubung

12. Selesai.

Jika sudah terhubung, kamu dapat mencoba mengupdate status di Facebook. Kemudian cek pada akun Twitter terkait. Seharusnya status Facebook kamu sudah akan otomatis terkirim menjadi tweet di Twitter.

Tweet tersebut akan tertulis sebagai tweet yang diupdate melalui IFTTT, bukan Facebook.

Cara membatalkan koneksi di IFTTT

Kita dapat menggunakan IFTTT untuk berbagai macam perintah lainnya. Kita juga dapat membatalkan perintah sewaktu-waktu, termasuk perintah “FB status update to Twitter”.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Pada halaman utama IFTTT tap “FB status update to Twitter”

tap "FB status update to Twitter"

2. Geser slider ke arah kiri.

geser slider ke kiri untuk menonaktifkan perintah

3. Setelah slider berubah menjadi seperti gambar berikut, maka itu artinya status Facebook yang kita kirimkan tidak lagi terkirim otomatis sebagai tweet.

perintah sudah dibatalkan

Cara menghapus akses IFTTT di akun Facebook dan Twitter

Karena IFTTT merupakan aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga, maka faktor keamanan mungkin akan kurang terjamin. Hal ini sekaligus menjadi kelemahan penggunaan aplikasi ini.

Untuk menghapus akses IFTTT terhadap Facebook dan Twitter, kamu dapat menyimak langkah-langkah berikut ini.

Disini kita perlu menghapus aksesnya dari kedua-nya. Jadi kamu perlu melakukannya baik di Facebook maupun juga di Twitter.

A. Menghapus akses IFTTT di Facebook

Untuk menghapus aksesnya, terapkan langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih menu pengaturan dan privasi pada aplikasi Facebook. Selanjutnya buka pengaturan.

2. Buka “aplikasi dan situs web”

tap aplikasi dan situs web

3. Setelah itu pilih “diakses menggunakan Facebook”

tap "diakses menggunakan Facebook"

4. Kemudian pada tab aplikasi aktif, kamu akan menemukan IFTTT. Tap menu “edit” yang ada disebelah IFTTT tsbt.

tap edit pada bagian IFTTT

5. Gulir layar kebawah, kemudian tap menu “Hapus”. Setelah itu kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi penghapusan, tekan lagi tombol “hapus”.

B. Menghapus akses iftt di Twitter

Selain dari Facebook, kamu juga perlu menghapus akses IFTTT dari akun Twittermu. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka pengaturan dan privasi pada menu di Twitter Web Mobile (Twitter yang diakses via browser).

tap pengaturan dan privasi

2. Pilih “Keamanan dan akses akun”

tap keamanan dan akses akun

3. Buka “Aplikasi dan sesi”

tap aplikasi dan sesi

4. Selanjutnya buka Aplikasi yang terhubung.

buka aplikasi yang terhubung

5. Cari IFTTT dari dalam daftar, lalu buka dengan cara tap menu IFTTT tsbt.

tap IFTTT

6. Tap cabut akses untuk memastikan aplikasi Twitter dan IFTTT tidak lagi terhubung.

cabut akses IFTTT

7. Selesai.


Itulah pembahasan terkait bagaimana cara menghubungkan Twitter dan Facebook dengan aplikasi IFTTT.

Tapi disini ada yang perlu kamu ketahui, yang bisa kita lakukan adalah mengirimkan status Facebook menjadi tweet di Twitter. Sedangkan fungsi sebaliknya tidak bisa. Artinya kamu tidak bisa mengatur supaya tweet otomatis menjadi status Facebook.

Alternatifnya adalah, melalui aplikasi ini kita dapat menghubungkan akun Twitter ke halaman Facebook (page). Ketentuannya, kamu harus menjadi admin halaman Facebook yang akan kamu hubungkan. Kamu dapat mencari perintah pada kolom pencarian. Cukup ketikkan “Twitter to FB page” jika  ingin menghubungkan akun Twitter ke page Facebook yang kamu kelola. Selanjutnya koneksikan dan izinkan akses Twitter dan Facebook page.


Nah readers, itu tadi informasi mengenai cara menghubungkan Facebook dan Twitter. Jika masih ada pertanyaan terkait artikel kali ini, silahkan ketikkan pertanyaan tersebut di kolom komentar di bawah ini ya.  

Tinggalkan komentar