Cara memperkuat keamanan akun instagram

Semakin banyaknya masyarakat kita yang menggunakan sosial media, terutama yang awam atau gaptek, membuat semakin banyak “target” untuk para hacker.

Banyak masyarakat yang masih belum melek teknologi, dan tidak menyadari bahayanya.

Melek teknologi disini bukan berarti harus super pandai dan hebat dalam semua hal teknologi, tapi minimal harus paham bahwa dunia internet itu tidak hanya dihuni netizen baik-baik saja, tapi juga dihuni oleh kriminal yang menargetkan ketidaktahuan (baca: gaptek) pengguna internet untuk di exploit demi keuntungan pribadi.

Akun instagram misalnya, merupakan sasaran empuk hacker, karena banyaknya pengguna usia muda, yang belum paham seluk beluk internet.

Untuk melek teknologi memang tidak mudah, kita harus punya ketertarikan dengan dunia teknologi sebelum mau bergerak mencari tahu lebih lanjut. Disini harapannya situs bukugue.com bisa menjadi salah satu situs yang membantu masyarakat kita untuk hal ini.

Untuk tulisan kali ini, kita akan membahas mengenai cara meningkatkan keamanan akun instagram, tujuannya untuk terhindar dari kasus hacking instagram.

Pahami bahwa akun instagram itu bernilai

Sebelum kita masuk kepembasan untuk meningkatkan keamanan akun instagram, aku ingin kalian memahami bahwa akun instagram itu punya nilai uang.

Semakin banyak follower sebuah akun, semakin tinggi harga akun trsbt. Yang tertarik lihat harga pasaran, bisa cek laman ini. Di link forum ads.id tsbt merupakan marketplace untuk akun sosmed, ada akun IG, youtube, dll.

Ini untuk memberikan gambaran bahwa akun Instagram memiliki nilai jual yang cukup tinggi, bahkan hingga puluhan juta rupiah per-akun.

Langkah-langkah pengamanan akun Instagram

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperkuat keamanan akun.

A. Perhatikan password akun instagram

Maksudnya disini adalah kita harus memastikan bahwa password akun cukup kuat.

Jangan gunakan password yang sama dengan akun-akun lainnya, misalnya akun disitus novel atau manga, atau akun disitus game, jangan sama passwordnya dengan akun instagram kalian.

Ini untuk mengurangi resiko kena hack, saat akun di tempat lain kena bobol.

Pertahanan system instagram itu sangat canggih dan hampir tidak mungkin dibobol oleh hacker “biasa”, hal ini berbeda dengan situs lainnya (seperti situs manga atau game), pertahanan mereka tidak sekuat instagram.

Lalu pastikan password cukup panjang dan tidak mudah ditebak. Jangan gunakan tanggal lahir atau nama keluarga sebagai password. Ini bisa ditebak dan mudah dicari datanya.

B. Pastikan email dan nomer HP yang terdaftar “aman”.

Buat yang belum tau, email dan nomer HP yang terdaftar di akun instagram kalian, bisa digunakan untuk me-reset password dan mendapatkan akses ke akun instagram.

Jadi pastikan kalian menggunakan email kalian sendiri, bukan email keluarga atau email “pacar”. Resiko hack cukup tinggi seperti ini.

Diblog ini sendiri ada beberapa kasus laporan akun yang dihack oleh pacar atau mantan suami/istri, karena hal ini.

C. Aktifkan fitur Autentikasi dua faktor

Fitur autentikasi dua faktor, atau bahasa kerennya “Two-Factor Authentication” adalah fitur keamanan tingkat lanjut.

Mengaktifkan Autenfikisasi Dua Faktor

Dengan fitur ini, setiap kali kalian akan login di perangkat baru, kalian perlu memasukkan kode 6 angka yang dikirimkan instagram ke nomer HP kalian.

Jadi jika suatu saat password kalian diketahui orang lain, mereka tetap tidak bisa masuk ke akun kalian, karena mereka perlu kode 6 angka yang dikirimkan ke nomer HP kalian.

Untuk pembahasan lebih lanjut, baca halaman: bukugue.com/autentikasi-dua-faktor-di-instagram

D. Jadikan akun instagram “Private”

Jika kalian tidak niat menjadi selebgram ataupun artis di instagram, mengubah akun menjadi “private” bisa mengurangi resiko kena hack. Ini karena banyak data-data yang disembunyikan saat akun kalian di mode private.

Slice kanan untuk aktifkan gembok

Walaupun efeknya tidak langsung sih, tapi ini trade off yang baik jika kalian hanya menggunakan instagram untuk berkomunikasi dengan teman dekat dan keluarga.

Untuk lebih lanjut, bisa baca halaman ini : bukugue.com/cara-private-akun-instagram (Disana dijelaskan apa fungsi private akun, kelebihan dan kekurangannya, dan cara mem-private akun tsbt)

E. Hapus follower yang tidak dikenali

Jika kalian sudah berhasil mem-private akun kalian, itu artinya follower baru perlu persetujuan kalian untuk bisa mem-follow kalian.

Nah, langkah selanjutnya adalah memfilter follower kalian, dan menghapus orang-orang yang tidak kalian kenali.

Pilih Remove

Jika kalian skip bagian D tadi, kalian juga harus skip bagian ini, karena menghapus follower hanya akan efektif kalau kalian sudah mem-private akun kalian.

Untuk caranya, bisa baca dihalaman ini: bukugue.com/cara-menghapus-pengikut-atau-follower-di-instagram/

F. Cek data akses dan history login secara reguler

Di instagram sendiri ada fitur data akses dan history login. Tujuan fitur ini adalah untuk merekam seluruh kegiatan login akun instagram tsbt, disana kalian bisa lihat kapan saja akun tersebut login, dan dimana serta perangkat apa saja yang dipakai untuk login akun tsbt.

Dengan mengakses data ini secara reguler, kalian bisa meminimalisir kemungkinan akun kalian dipakai tanpa sepengetahuan kalian.

Mungkin ada keluarga atau teman yang iseng dan mengakses akun kalian dari perangkat yang berbeda. Atau mungkin ada percobaan hacking yang terjadi diakun kalian. Semuanya bisa kelihatan di data akses dan history login ini.

Berikut cara melihatnya juga sudah dijelaskan diblog ini, baca halaman ini: https://www.bukugue.com/cara-mengetahui-instagram-login-di-hp-lain/


Itulah cara-cara yang digunakan untuk lebih meningkatkan keamanan akun Instagram kalian. .Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim ke kolom komentar 

Tinggalkan komentar